Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage terhadap Pengungkapan Emisi Karbon
Keywords:
Koefisien Respon Laba, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan LeverageAbstract
Inan Rahmawati1, Adam Zakaria2, Sri Zulaihati3
123Universitas Negeri Jakarta
Abstract
The research aims to determine the influence of firm size, growth opportunity and leverage on earning response coefficient. This research used secondary data such as annual report of manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) on 2016-2018 as the object of this research. Sample selected based on purposive sampling and acquired 72 companies with a total of 216 samples observations. This research use multiple linear regression analysis for test the hypothesis with the help of SPSS program version 24. The result of this research is firm size has positive influence on earning response coefficient. And leverage has negative influence on earning response coefficient. Meanwhile growth opportunities has no influence on earning response coefficient.
Kata kunci: Earning Response Coefficient, Firm Size, Growth Opportunities and LeverageAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh dan leverage terhadap koefisien respon laba. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2018 sebagai objek penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan 72 perusahaan dengan total observasi sebanyak 216 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk melakukan uji hipotesis dengan dibantu program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap koefisien respon laba, dan leverageberpengaruh secara negatif terhadap keofisien respon laba. Sementara itu, kesempatan bertumbuh tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba.
Kata kunci: Koefisien Respon Laba, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage
References
Audina, A., Sofianty, D., & Fadilah, S. (2017). Pengaruh Persistensi Laba, Kesempatan
Bertumbuh dan Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Prosiding
Akuntansi, 3(1), 29–36.
Awawdeh, H. Al, Al-Sakini, S. A., & Nour, M. (2020). Factors affecting earnings response
coefficient in Jordan: Applied study on the Jordanian industrial companies. Investment
https://doi.org/10.21511/imfi.17(2).2020
Brigham, E. F., & Joel, F. H. (2014). Dasar- Dasar Manajemen Keuangan (11 th Edition).
Jakarta: Erlangga.
Chen, K. Y., Lin, K. L., & Zhou, J. (2005). Audit quality and earnings management for
Taiwan IPO firms. Managerial Auditing Journal, 20(1), 86–104.
https://doi.org/10.1108/02686900510570722
Dalimunthe, A. R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responbility, Persistensi Laba, Dan
Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Wahana Akuntansi, 11(1), 1-24.
Dewi, F. K. (2015). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Earning Responses Coefficient (Studi
Empiris Pada Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013).
Akuntasi Dan Manjemen, 4(1), 85–97.
Dewi, Ia. A. P. K., & Putra, I. M. P. D. (2017). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan
Pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, 19(1), 367–391.
Dewi, N. S., & Yadnyana, I. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Pada Earning
Response Coefficient Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Journal
Akuntansi Udayana, 26(3), 2302–8556.
Fauzan, M., & Purwanto, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR,Timeliness, Profitabilitas,
Pertumbuhan Perusahaan dan Resiko Sistematik Terhadap Earning Response Coefficient
(ERC).Jurnal Akuntansi, 6(1), 1–15.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (8th Edition).
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gumanti, T. A., & Utami, E. S. (2002). Bentuk Pasar Efisiensi Dan Pengujiannya. Jurnal
Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 54–68.
Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi Kesebelas). Yogyakarta : BPFE.
Kartika Rahayu, L., & Suaryana, I. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Risiko Gagal
Bayar Pada Koefisien Respon Laba. E-Jurnal Akuntansi, 13(2), 665–684.
Kasmir. (2018). Analisis Laporan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo.
Kristanti, K. D., & Almilia, L. S. (2019). Factors Affecting Earnings Response Confficient
(ERC) in Manufacturing Companies Listed on BEI. The Indonesian Journal of Accounting Research,
(02), 153–178. https://doi.org/10.33312/ijar.451
Nasution, Y. S. J. (2015). HYPOTHESIS PASAR EFISIEN/EFFICIENT MARKET
HYPOTHESIS (Pasal Modal menurut Teori Fama dan Pandangan 133 Islam). Jurnal Perspektif
Ekonomi Darussalam, 1(1), 25–43.
Niresh, J. A., & Velnampy, T. (2014). Firm Size and Profitability: A Study of Listed
Manufacturing Firms ed Manufacturing Firms in Sri Lanka. International Journal of Business and
Management, 9(4), 57–64. https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n4p57
Nisrina, M., & Herawaty, V. (2016). Peran Intellectual Capital Disclosure sebagai Pemoderasi
Pengaruh Perataan Laba, Corporate Governance, Kesempatan Bertumbuh, Persistensi Laba, dan
Leverage terhadap Keinformatifan Laba. Jurnal TEKUN, VII (01), 118–146.
Pitria, Eka. (2017). Pengaruh Kesempatan Bertumbuh, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap
Kualitas Laba. Padang: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang
Sartono, A. (2015). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th Edition). Yogyakarta: BPFE.
Toronto.
Scott, william R. (2015). Financial Accounting Theory (7th Edition). Pearson Prentice Hall:
Suardana, K. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2018). Earnings Response Coefficient Analisis
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Riset Akuntansi, JUARA, 8(2), 1–10.
Suhartono, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Ketepatan Waktu
Penyampaian Laporan Keuangan Terhadap Koefisien Respon Laba yang Dimoderasi Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Tahun 2010. Akuntansi Dan Keuangan, 22(2), 189–216.
Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga.
Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Tamara, I. G. A. A. A., & Suaryana, I. G. N. A. (2020). Pengaruh Growth Opportunity dan
Leverage pada Earning Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1414.
Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi teori dan aplikasi (1 th Edition).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Inan Rahmawati, Adam Zakaria, Sri Zulaihati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.