Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage terhadap Pengungkapan Emisi Karbon

Authors

  • Inan Rahmawati Universitas Negeri Jakarta
  • Adam Zakaria Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Zulaihati Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Koefisien Respon Laba, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage

Abstract

Inan Rahmawati1, Adam Zakaria2, Sri Zulaihati3

123Universitas Negeri Jakarta

Abstract

The research aims to determine the influence of firm size, growth opportunity and leverage on earning response coefficient. This research used secondary data such as annual report of manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) on 2016-2018 as the object of this research. Sample selected based on purposive sampling and acquired 72 companies with a total of 216 samples observations. This research use multiple linear regression analysis for test the hypothesis with the help of SPSS program version 24. The result of this research is firm size has positive influence on earning response coefficient. And leverage has negative influence on earning response coefficient. Meanwhile growth opportunities has no influence on earning response coefficient.

Kata kunci: Earning Response Coefficient, Firm Size, Growth Opportunities and LeverageAbstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh dan leverage terhadap koefisien respon laba. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2018 sebagai objek penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan 72 perusahaan dengan total observasi sebanyak 216 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk melakukan uji hipotesis dengan dibantu program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap koefisien respon laba, dan leverageberpengaruh secara negatif terhadap keofisien respon laba. Sementara itu, kesempatan bertumbuh tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba.

Kata kunci: Koefisien Respon Laba, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage

References

Audina, A., Sofianty, D., & Fadilah, S. (2017). Pengaruh Persistensi Laba, Kesempatan

Bertumbuh dan Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Prosiding

Akuntansi, 3(1), 29–36.

Awawdeh, H. Al, Al-Sakini, S. A., & Nour, M. (2020). Factors affecting earnings response

coefficient in Jordan: Applied study on the Jordanian industrial companies. Investment

https://doi.org/10.21511/imfi.17(2).2020

Brigham, E. F., & Joel, F. H. (2014). Dasar- Dasar Manajemen Keuangan (11 th Edition).

Jakarta: Erlangga.

Chen, K. Y., Lin, K. L., & Zhou, J. (2005). Audit quality and earnings management for

Taiwan IPO firms. Managerial Auditing Journal, 20(1), 86–104.

https://doi.org/10.1108/02686900510570722

Dalimunthe, A. R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responbility, Persistensi Laba, Dan

Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Wahana Akuntansi, 11(1), 1-24.

Dewi, F. K. (2015). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Earning Responses Coefficient (Studi

Empiris Pada Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013).

Akuntasi Dan Manjemen, 4(1), 85–97.

Dewi, Ia. A. P. K., & Putra, I. M. P. D. (2017). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan

Pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, 19(1), 367–391.

Dewi, N. S., & Yadnyana, I. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Pada Earning

Response Coefficient Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Journal

Akuntansi Udayana, 26(3), 2302–8556.

Fauzan, M., & Purwanto, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR,Timeliness, Profitabilitas,

Pertumbuhan Perusahaan dan Resiko Sistematik Terhadap Earning Response Coefficient

(ERC).Jurnal Akuntansi, 6(1), 1–15.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (8th Edition).

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti, T. A., & Utami, E. S. (2002). Bentuk Pasar Efisiensi Dan Pengujiannya. Jurnal

Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 54–68.

Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi Kesebelas). Yogyakarta : BPFE.

Kartika Rahayu, L., & Suaryana, I. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Risiko Gagal

Bayar Pada Koefisien Respon Laba. E-Jurnal Akuntansi, 13(2), 665–684.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kristanti, K. D., & Almilia, L. S. (2019). Factors Affecting Earnings Response Confficient

(ERC) in Manufacturing Companies Listed on BEI. The Indonesian Journal of Accounting Research,

(02), 153–178. https://doi.org/10.33312/ijar.451

Nasution, Y. S. J. (2015). HYPOTHESIS PASAR EFISIEN/EFFICIENT MARKET

HYPOTHESIS (Pasal Modal menurut Teori Fama dan Pandangan 133 Islam). Jurnal Perspektif

Ekonomi Darussalam, 1(1), 25–43.

Niresh, J. A., & Velnampy, T. (2014). Firm Size and Profitability: A Study of Listed

Manufacturing Firms ed Manufacturing Firms in Sri Lanka. International Journal of Business and

Management, 9(4), 57–64. https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n4p57

Nisrina, M., & Herawaty, V. (2016). Peran Intellectual Capital Disclosure sebagai Pemoderasi

Pengaruh Perataan Laba, Corporate Governance, Kesempatan Bertumbuh, Persistensi Laba, dan

Leverage terhadap Keinformatifan Laba. Jurnal TEKUN, VII (01), 118–146.

Pitria, Eka. (2017). Pengaruh Kesempatan Bertumbuh, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap

Kualitas Laba. Padang: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang

Sartono, A. (2015). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th Edition). Yogyakarta: BPFE.

Toronto.

Scott, william R. (2015). Financial Accounting Theory (7th Edition). Pearson Prentice Hall:

Suardana, K. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2018). Earnings Response Coefficient Analisis

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Riset Akuntansi, JUARA, 8(2), 1–10.

Suhartono, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Ketepatan Waktu

Penyampaian Laporan Keuangan Terhadap Koefisien Respon Laba yang Dimoderasi Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Tahun 2010. Akuntansi Dan Keuangan, 22(2), 189–216.

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga.

Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Tamara, I. G. A. A. A., & Suaryana, I. G. N. A. (2020). Pengaruh Growth Opportunity dan

Leverage pada Earning Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1414.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi teori dan aplikasi (1 th Edition).

Published

2021-04-20

How to Cite

Rahmawati, I., Zakaria, A., & Zulaihati, S. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage terhadap Pengungkapan Emisi Karbon. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 2(1), 24-38. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/japa/article/view/162

Most read articles by the same author(s)