Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di DKI Jakarta

Authors

  • Siti Farhah Universitas Negerti Jakarta
  • Indra Pahala Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Muliasari Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari kualitas pelayanan, kondisi keuangan, sanksi perpajakan dan kompleksitas peraturan  terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak reklame yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 104 wajib pajak reklame. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23.

Penelitian ini memperolah hasil sebagai berikut: Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak reklame, Kondisi Keuangan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak reklame, Sanksi Perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak reklame dan Kompleksitas Peraturan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak reklame.

Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak Reklame, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan, Sanksi Perpajakan dan Kompleksitas Peraturan

References

Ahya, M. S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan dan Pemeriksaan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Kabupaten Magelang.

Anam, H., & Trifina, B. W. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Kota Balikpapan. 1, 36–44.

Arini, N. A., & Sumaryanto. (2019). Pengaruh Kewajiban Moral, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak, Kondisi Keuangan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Aryandini, S. (2016). Pengaruh Kewajiban Moral, Pemeriksa Pajak, dan Kondisi Keuangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Untuk Usaha Hotel yang Terdaftar di Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Jom FEKON, 3.

Aryobimo, P. T. (2012). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating(Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). 1(1), 759–770.

Azhari, J. R. (2020, February 20). Tunggak Pajak Rp 1,8 M, Reklame SPBU Pertamina di Tanjung Priok Disegel. Kompas.Com.

Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Kantor Pajak Kpp Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(2), 318–334. https://doi.org/10.24815/jped.v4i2.13044

Bay, N. C., & Samadara, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus dan Pengenaan Sanksi Administrasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Kota Kupang (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Kupang).

Brainyyah, M. Q., & Rusyadi, M. K. (2012). The Effect of Tax Fairness, Tax Knowledge, and Tax Complexity On Tax Compliance: The Case Of Sme Entrepreneurs’ Taxpayers In Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1–17. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Candrakusuma, R. A. (2018). Analisis Determinasi Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Yang Terdaftar Di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta.

DDTC News. (n.d.). Apa itu Pajak Reklame? https://news.ddtc.co.id/apa-itu-pajak-reklame-25570?page_y=700

Dewi, A. A. S. I. K., & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral,Dan Persepsi Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame. 17, 84–111.

Farouq, M. (2018). Hukum Pajak di Indonesia: Suatu Pengantar Ilmu Hukum Terapan di Bidang Perpajakan (1st ed.). KENCANA.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harimulyono, N. (2008). Pengaruh Efektivitas Administrasi Perpajakan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Daerah. Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.31227/osf.io/b84qp

Haryuda, A. A. (2013). Pengaruh Tingkat Kesadaran, Pengetahuan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kondisi Keuangan Serta Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Badan ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Sukoharjo ).

Hidayat, F. (2019). Tren Ojek Online Ubah Cara Orang Beriklan. https://www.beritasatu.com/digital/591337/tren-ojek-online-ubah-cara-orang-beriklan

Kartini, U. (2018). Pengaruh Tax Amnesty dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Purworejo Pada Tahun 2016.

KompasPedia. (2021). Provinsi DKI Jakarta: Ibu Kota Negara dan Pusat Perekonomian Nasional. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/daerah/provinsi-dki-jakarta-ibu-kota-negara-dan-pusat-perekonomian-nasional

Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. KENCANA.

Kusuma, I., & Supadmi, N. (2016). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Sanksi Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E-Jurnal Akuntansi, 17(1), 565–590.

Kusuma, K. C. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Tahun 2014 (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsulta. Skripsi, 2014, 1–171.

Laksono, J. P. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada Perusahaan Industri Manufaktur Di Semarang.

Maulinda, A., & Lasmana, M. S. (2015). faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Badan Pedagang Pengecer pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I. 1, 44–53.

Nisfiyah, F. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.

Nurmantu, S. (2005). Pengantar Perpajakan (3rd ed.). Granit.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1). https://doi.org/10.1049/el:19850169

Permatasari, N. P. M. S. D., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2019). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame. 28, 748–773.

Permatasari, S. D. (2016). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Kondisi Keuangan, Sanksi Pajak, dan Keadilan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3, 1–17.

Pratiwi, I. G. A. M. A. M. A., & Setiawan, P. E. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan, Dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Di Dinas Pendapatan Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.2, 223–236.

Putra, A. P. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Serta Persepsi Tentang Denda Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Di Dinas Pendapatan Kota Surabaya. 3(2), 54–67.

Ratnaningsih, D., & Waluyo, W. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak Reklame Pada Dinas Pelayanan Pajak Daerah Provinsi Dki Jakarta. In Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik (Vol. 12, Issue 2, p. 83). https://doi.org/10.25105/jipak.v12i2.5113

Saad, N. (2014). Tax Knowledge, Tax Complexity and Tax Compliance: Taxpayers’ View. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 109(1), 1069–1075. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.590

Saputra, L. A., Ekawati, R. K., & Fajriana, I. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Dinas Pendapatan Derah Kota Palembang.

Septarini, D. (2015). Pengaruh Pelayanan, Sanksi, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 0(1), 29–43.

Setiawan, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Reklame Di Kota Semarang.

Suryanto, Putra, M. G. B. A., Herdiana, I., & Alvian, I. N. (2012). Pengantar Psikologi Sosial (1st ed.). Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP).

Syakura, M. A., & Baridwan, Z. (2014). Determinan Perencanaan Pajak Dan Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL), 5, 170–344.

Tahar, A., & Rachman, A. K. (2014). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 15(1), 56–67.

Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah.

Wasesa, T. (2006). Pengaruh Sikap Pemeriksa Pajak, Kompleksitas Dan Kualitas Pemeriksa Pajak Terhadap Motivasi Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Pemulihan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan. 1–198.

Wiyarni, Hartini, & Djuharni, D. (2017). Pengaruh kompleksitas peraturan perpajakan, kualitas layanan, sanksi perpajakan dan pemeriksaan terhadap kepatuhan pajak. 14–23.

Published

2021-12-31

How to Cite

Siti Farhah, Indra Pahala, & Indah Muliasari. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 2(3), 537-557. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/japa/article/view/408

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>