Pemanfaatan Insentif Pajak dan Pemilihan Platform Digital terhadap Keberlangsungan Usaha UMKM di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Rahmatika Firmansyah Universitas Negeri Jakarta
  • Nuramalia Hasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Ati Sumiati Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Insentif Pajak, Digitalisasi, Keberlangsungan Usaha, UMKM

Abstract

UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak signifikan dikarenakan oleh pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Pemerintah memberikan kebijakan-kebijakan serta upaya baru bagi para UMKM. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pemanfaatan dari insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah semasa Covid-19 dan upaya digitalisasi dapat membantu para UMKM dalam mempertahankan keberlangsungan usaha mereka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan wawancara yang mendalam serta observasi dan dokumentasi kepada 15 informan UMKM di kawasan PIK Pulogadung. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar pelaku usaha UMKM mengaku tidak memahami aturan tentang insentif pajak dan merasa tidak tertarik dalam memanfaatkan insentif ini. Para UMKM juga merasakan kurangnya sosialisasi terkait dengan kebijakan baru ini. Namun, para UMKM sudah menerapkan digitalisasi selama Pandemi Covid-19, tetapi beberapa diantaranya masih belum merasakan penerapan yang optimal dari digitalisasi.

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 18–31.

Adi, R. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Granit.

Agustina, Y., Rahman, A., & Filianti. (2021). Insentif Pajak: Solusi Tepat Bagi UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 149–155.

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Alamro, S., & Tarawneh, S. (2011). Factors Affecting E-Commerce Adoption in Jordanian SMEs. European Journal of Scientific Research, 64(4), 497–506.

Alshehri, M., & Drew, S. (2010). Challenges of e-Government Services Adoption in Saudi Arabia from an e-Ready Citizen Perspective. World Academy of Science, Engineering and Technology, 66, 1053–1059.

Alverina, C. (2020). Mengenal Customer Acquisition dan Peranannya dalam Pertumbuhan Bisnis. TADA. https://blog.usetada.com/id/mengenal-customer-acquisition-dan-peranannya-dalam-pertumbuhan-bisnis

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. PT Rineka Cipta.

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.

Badan Pusat Statistika. (2016). Perusahaan Industri Pengolahan. https://www.bps.go.id/subjek/view/id/9

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Belarminus, R. (2016). Menengok Perkampungan Industri Kecil di Pulogadung. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/10/16121031/menengok.perkampungan.industri.kecil.di.pulogadung?page=all

Bharadwaj, A., Sawy, O. El, Pavlou, P., & Venkatraman, N. (2013). Digital business strategy: Toward a next generation of insights. MIS Quarterly, 37(2), 471–482.

Bouwman, H., Haaker, T., & Vos, H. De. (2008). Mobile service inovation and business models. Springer.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.

Cahyani, D. R. (2020). 47 Persen UMKM Bangkrut Akibat Pandemi Corona. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1344540/47-persen-umkm-bangkrut-akibat-pandemi-corona/full&view=ok

Cahyanti, M. M., & Anjaningrum, W. D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 73–79. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.50

Che Omar, A. R., Ishak, S., & Jusoh, M. A. (2020). The impact of Covid-19 Movement Control Order on SMEs’ businesses and survival strategies. Malaysian Journal of Society and Space, 16(2), 139–150. https://doi.org/10.17576/geo-2020-1602-11

Darsono, & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Distribusi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di PT Mulia Makmur Lestari. Jurnal EMBA, 8(3), 44–53.

Dewi, R. K. (2021). Insentif Pajak Diperpanjang, Apa Saja Ketentuan dan Cara Mendapatkannya? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/06/120500865/insentif-pajak-diperpanjang-apa-saja-ketentuan-dan-cara-mendapatkannya-

Gitiyarko, V. (2020). Kebijakan Perlindungan dan Pemulihan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-perlindungan-dan-pemulihan-umkm-di-tengah-pandemi-covid-19

Goldthau, A., & Hughes, L. (2020). Protect global supply chains for low-carbon technologies. Nature. https://www.nature.com/articles/d41586-020-02499-8

Gunadha, R., & Fauzi, A. (2020). Menkop UKM Blak-blakan soal 3 Masalah UMKM untuk Go Digital. Suara.Com. https://www.suara.com/bisnis/2020/10/26/163603/menkop-ukm-blak-blakan-soal-3-masalah-umkm-untuk-go-digital

Habibah, A. F. (2020). Kemenkeu Paparkan Dampak COVID-19 Bagi Daya Tahan UMKM. Antaranews. https://www.antaranews.com/berita/1841724/kemenkeu-paparkan-dampak-covid-19-bagi-daya-tahan-umkm

Hadari, N. (2005). Penelitian Terapan. Gajah Mada University Press.

Handayani, N. (2007). Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Keterkaitan Hubungan Modal Sosial Dengan Keberlangsungan Usaha Pengusaha Batik Di Kampung Kauman, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta).

Hardiningsih, P., & Yulianawati, N. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 126–142.

Hartono, D. D., & Cahyadin, M. (2013). Pemeringkatan Faktor Keberlangsungan Usaha Industri Kreatif di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(2), 225–236.

Hasanah, N., Indriani, S., Armeliza, D., & Muliasari, I. (2021). The perception of SME actors to the capital access in the financial institution. International Journal of Entrepreneurship, 25(6), 1–8.

Hendartyo, M. (2020). Ditjen Pajak: Tak Semua UMKM Mau Manfaatkan Insentif Corona. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1358123/ditjen-pajak-tak-semua-umkm-mau-manfaatkan-insentif-corona

Hsieh, H. F., & Shannon, S. E. (2005). Three Approaches to Qualitative Content Analysis. Qualitative Health Research, 15(9), 1277–1288.

Hudori, M. (2018). Perbandingan BEP antara Rencana dan Realisasi Project Customer’s Price dengan Analisis Sensitivitas di Perusahaan Manufaktur. Industrial Engineering Journal, 7(1), 36–42.

Indrayani, M., Budiman, N. A., & Mulyani, S. (2020). Dampak Covid-19 dan Pemanfaatan Insentif Pajak terhadap Keberlangsungan Usaha pada UMKM Tenun Troso Jepara. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(3), 276–285.

Irawan, T. T. (2016). Dampak Insentif Pajak Perumahan terhadap Potensi Penerimaan Pajak Negara dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat: Kasus Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 683–694.

Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Atrabis, 6(1), 21–41.

K, L. C., & Traver. (2017). E-Commerce 2014 (10th Editi). Pearson Education Limited.

Kapurubandara, M., & Lawson, R. (2007). Mergence: Merging and Emerging Technologies, Processes, and Institutions. 20th Bled E-Conference e-Commerce.

Kementerian Keuangan RI. (2021). Insentif Pajak Diperpanjang! https://twitter.com/KemenkeuRI/status/1357270601530892289?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1357270601530892289%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Ftren%2Fread%2F2021%2F02%2F06%2F120500865%2Finsentif-pajak-dip

Kondracki, N. L., Wellman, N. S., & Amundson, D. R. (2002). Content Analysis: Review of Methods and Their Applications in Nutrition Education. Journal of Nutrition Education and Behavior, 34, 224–230.

Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar Stiami, 7(2).

Kurniati, D. (2021). Insentif UMKM 2020 Minim Peminat, Ini Langkah Pemerintah Tahun Ini. DDTC News. https://news.ddtc.co.id/insentif-umkm-2020-minim-peminat-ini-langkah-pemerintah-tahun-ini-27563

Kuswiratmo, B. A. (2016). Memulai Usaha Itu Gampang! Visimedia Pustaka.

Lawrence, J., & Tar, U. (2010). Barriers to ecommerce in developing countries. Information, Society and Justice, 3(1), 23–35.

Lestari, D. S., Nurlaela, S., & Dewi, R. R. (2021). Insentif Pajak , Bantuan Stimulus Pemerintah Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 135–146.

Loebbecke, C., & Picot, A. (2015). Reflections on societal and business model transformation arising from digitalization and big data analytivs: A research agenda. The Journal of Strategic Infromation Systems, 24(3), 149–157.

Lucas, H. C., Agarwal, R., Clemons, E. K., Sawy, O. A. El, & Weber, B. (2013). Impactful research on transformational information technology: An opportunity to inform new audiences. MIS Quarterly, 24(3), 149–157.

Lukitaningrum, D. L., Tyas, W. P., & Muktiali, M. (2017). Analisis Keberlanjutan Home Based Enterprise Pengolahan Singkong di Kota Salatiga. Jurnal Pengembangan Kota, 5(2), 166–180.

MacGegor, R., & Vrazalic, L. (2005). A basic model of electronic commerce adoption barriers: a study of regional businesses in Sweden and Australia. Journal of Small Business and Enterprise Development, 12(4), 510–527.

Marpaung, F. K., & Sibarani, H. J. (2018). Bagaimana Pengaruh Digital Marketing dan Capacity Building Terhadap Kinerja UKM di Kota Medan? Jurnal AKRAB JUARA, 3(4), 35–41.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Muhtarom, M., Murtianto, Y. H., & Sutrisno, S. (2017). Thinking Process of Students with High-Mathematics Ability (A Study on QSR NVivo 11-Assisted Data Analysis). International Journal of Applied Engineering Research, 12(17), 6934–6940.

Musrofi, M. (2008). Membuat Rencana Bisnis. Pustaka Insan Madani.

Noviani Hanum, A., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). Maksimum, 8(1), 1. https://doi.org/10.26714/mki.8.1.2018.1-15

Nurlaela, S. (2013). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaran, Persepsi Terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas. Jurnal Paradigma, 11(16930827), 89–101.

Nuskha, D., Diana, N., & Sudaryanti, D. (2021). Pengaruh Pemberian Insentif Pajak di Tengah Pandemi Corona terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) (Studi Kasus pada KPP Malang Utara). JRA, 10(6), 1–9.

OECD. (2020). SME Policy Responses. https://read.oecd-ilibrary.org/view/?ref=119_119680-di6h3qgi4x&title=Covid-19_SME_Policy_Responses

Pakpahan, A. K. (2020). Covid 19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.

Pangesti, D. M., & Yushita, A. N. (2019). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi Atas Efektivitas Sistem Perpajakan, Dan Pemahaman Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Terhadap Kemauan Membayar Pajak (Pada Umkm Sektor Perdagangan Di Kabupaten Klaten). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26461

Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta. (2009). Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 91 Tahun 2009 Tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan UMKM serta Permukiman Pulogadung.

Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta. (2012). Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 2012 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur Nomor 1058 Tahun 1989 tentang Badan Pengelola Lingkunngan Industri dan Pemukiman (BPLIP) Pulogadung dan Keputusan Gubernur Nomor 18 Tahun 1991 tentang Peratu.

Prasetyo, A., & Huda, M. (2019). Analisis Peranan Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Kebumen. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 26–35.

Purbo, O. W., & Wahyudi, A. A. (2001). Mengenal E-commerce. PT Elex Media Komputindo.

Purnamasari, D. M. (2021). Pemerintah Berupaya Atasi Kemiskinan melalui Tiga Pilar Pemberdayaan UMKM. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2021/05/21/15061141/pemerintah-berupaya-atasi-kemiskinan-melalui-tiga-pilar-pemberdayaan-umkm

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Purwanto, M. N. (2011). Psikologi Pendidikan. Rosda Karya.

Putri, N. J. P., & Iqbal, S. (2019). Analisis Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Terkait Pemberian Insentif Pajak dalam PP Nomor 23 Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Brawijaya, 1–13.

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Jurnal Komunikasi Universal, 6(1), 28–50.

Rina, R. (2020). Berdamai dengan Covid-19, Ini Sederet Insentif untuk UMKM. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200514161856-4-158533/berdamai-dengan-covid-19-ini-sederet-insentif-untuk-umkm

Saputro, R., & Meivira, F. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Pemilik, Praktik Akuntansi dan Persepsi Atas Insentif Pajak terhadap Kepatuhan Pajak UMKm. Jurnal EMBA, 8(4), 1059–1068.

Savitri, A. S. N., Umar, A. U. A. Al, Fitriani, A., Mustofa, M. T. L., & Arinta, Y. N. (2020). Dampak dan Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Masa Pandemi dan Era New Normal. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7).

Shanmugam, K. R., & Bhaduri, S. N. (2002). Size, age and firm growth in the Indian manufacturing sector. Applied Economics Letters, 9(9), 607–613. https://doi.org/10.1080/13504850110112035

Sitorus, R. R. (2020). Moderasi Insentif Pajak Di Era Pandemi Covid-19 atas Pengaruh E-Faktur Dan E-Bukti Potong Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal of Business Studies, 5(2), 1–16.

Sucianto, T. H., & Suharno, K. A. M. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian. Kinerja, 14(2), 92.

Sudarto. (1997). Metode Penelitian Filsafat. Raja Grafindo.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Suhardi, M. (2016). Analisis Break Even Point (BEP) Usaha Ikan Asin di Desa Tanjung Aru Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1), 142–156.

Sukandarumidi. (2002). Metode Penelitian. Gajah Mada University Press.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan pada E -Commerce Perusahaan Top Dunia. Andi.

Terzi, N. (2011). The impact of e-commerce on international trade and Employment. Procedia Social and Behavioral Sciences, 24, 745–753.

Tjiptono, & Fandy. (2004). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi.

Tull, D. ., & Kahle, L. R. (1990). Marketing Management. Macmillan Publishing Company.

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T. P., & Turban, D. C. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective (8th Editio). Springer.

Unruh, G., & Kiron, D. (2017). Digital transformation on purpose. MIT SLoan Management Review. https://sloanreview.mit.edu/article/ digital-transformation-on-purpose/

UPK PPUMKMP. (2016). UPK PPUMKMP Pulogadung.

UU RI. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Weber, R. P. (1990). Basic Content Analysis. Sage Publications.

Yanti, V. A., Amanah, S., Muldjono, P., & Asngari, P. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Usaha Mikro Kecil Menengah di Bandung dan Bogor. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(2), 137–148.

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics : Strategi Revitalisasi UMKM Menggunakan Teknologi Digital di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 47–59.

Zain, M. (2005). Manajemen Perpajakan. Salemba Empat.

Published

2021-12-31

How to Cite

Firmansyah, R., Hasanah, N., & Sumiati, A. (2021). Pemanfaatan Insentif Pajak dan Pemilihan Platform Digital terhadap Keberlangsungan Usaha UMKM di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 2(3), 517-536. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/japa/article/view/473

Most read articles by the same author(s)