Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Rizky Saputra Mohamad UNJ
  • Ati Sumiati Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Zulaihati Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

firm value, profitability, firm size, CSR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan terkait yang terdapat dalam website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan teknik probobility sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdapat dalam Kompas100 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018 dengan total 100 yang kemudian disederhanakan dengan metode Slovin menjadi 53 perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, nilai perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, nilai perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan

References

Effendi, Erfan, and Ridho Dani Ulhaq. 2021. Pengaruh Audit Tenur, Reputasi Auditor, Ukuran Perusahaan Dan Komite Audit. Indramayu: Adab.

Fauziah, Fenty. 2017. Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Teori Dan Kajian Empiris. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Firdaus. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau: DOTPLUS.

Hery. 2017. Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo.

Kariyoto. 2017. Analisa Laporan Keuangan. Universitas Brawijaya Press.

Machmuddah, Zaky. 2020. Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi. Deepublish.

Maheka, Arya. 2012. Bagaimana Cara Membuat Perusahaan Yang Baik Dan Aman. Yogyakarta: Kanisus.

Maria, R., and Ph. .. Nindita Radyati. 2014. Sustainable Business & Corporate Social Responsibility (CSR): First Edition. CECT.

Nurahman, Nuridzal, Asep Efendi, and Emir Wicaksana. 2011. Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: PenebarSwadaya.

Panggabean, Muhammad Rizal. 2018. “Pengaruh Corporate Social Responsibility , Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan.” Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha 26(1):82–94.

Pearce/Robinson. 2007. Manajemen Strategies 1. 10th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Putri, Ayu Kumala, Made Sudarma, and Bambang Purnomosidhi. 2016. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Jumlah Dewan Komisaris Sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Aplikasi Manajemen 14(2):344–58.

Rangkuti, Freddy. 2013. SWOT BALANCED SCORECARD. Jakarta: Gramedia Pustama Utama.

Rudangga, I. Gusti Ngurah Gede, and Gede Merta Sudiarta. 2014. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 3(5):253779.

Seo, Hae-jong, Kee-woong Kim, and Jin-woo Park. 2015. “A Study on Relation between Corporate Social Responsibility and Profitability-and-Corporate Value.” International Journal of Business and Social Research 5(10):45–54.

Setiawati, Loh Wenny. 2018. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015.” Jurnal Akuntansi 12(1):29–57.

Suffah, Roviqotus, and Akhmad Riduwan. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 5(2):1–17.

Supriadi, Imam. 2020. Metode Riset Akuntansi. Sleman: Deepublish.

Syairozi, Muhamad Imam. 2019. Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur Dan Perbankan Tidar Media. 1st ed. Magelang: Tidar Media.

Utomo, Mohamad Nur. 2019. Ramah Lingkungan Dan Nilai Perusahaan. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.

Wati, Lela Nurlaela. 2019. Model Corporate Social Responsibility (CSR). Myria Publisher.

Yusuf, Mohamad Yaser. 2017. I CSR. 1st ed. Depok: Kencana.

Zaharudin, Harmaizar. 2006. Menggali Potensi Wirausaha. 2nd ed. Bekasi: CV Dian Anygrah Prakasa.

Published

2022-04-30

How to Cite

Mohamad, R. S., Sumiati, A., & Zulaihati, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(1), 181 - 192. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/japa/article/view/663

Most read articles by the same author(s)