Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol

Authors

  • Evi Irmalasari Mother
  • Etty Gurendrawati
  • Indah Muliasari

Keywords:

Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, CSR, Ukuran Perusahaan, Leverage

Abstract

Nilai perusahaan menjadi suatu hal yang penting karena dapat memberikan gambaran pertumbuhan perusahaan dan kinerja manajemen. Upaya yang dilakukan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan akan meningkatkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian dimasa mendatang. Semakin tinggi nilai perusahaan maka pemegang saham perusahaan akan semakin sejahtera. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage sebagai Variabel Kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2020. Dengan menggunakan metode purposive sampling menghasilkan sampel sebanyak 100 selama periode pengamatan. Teknik analisis data menggunakan random effect model. Data diolah dengan menggunakan eviews. Hasilnya menunjukkan bahwa dewan komisaris independen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sementara leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan komite audit, csr, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada nilai perusahaan.

References

Aisyah Sofiamaria, N., & Asandimitra, N. (2017). Capital Expenditure, Leverage, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility : Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 191–214.

Andriani, F., Meilani, R., Pardede, C., & Ginting, W. (2020). Pengaruh Audit Tenure, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan Klien Terhadap Kulaitas Audit Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Business and Accounting, 4, 274–281.

Bagita, & Tambun, S. (2016). Pengaruh GCG dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. 1(2), 1–19.

Erawati, T., & Cahyaningrum, D. (2021). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajeerial Sebagai Variabel Pemoderasi. 2, 151–169.

Ferial, F. (2016). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN EFEKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014 ). 33(1), 146–153.

Fransisca Pangesti Wardani. (2017). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN.

I, N. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Akuntansi Lingkungan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma, 3(1), 52–62.

Irawan, F., & Muarifah, E. (2020). Analisis Penerapan Corporate Social Responsibilty (Csr) Dalam Perspektif Sharia Enterprise Theory. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 1(2), 149–178. https://doi.org/10.52431/minhaj.v1i2.309

Jumiari, N. K. V., & Julianto, I. P. (2020). Pengaruh intellectual capital, kinerja keuangan, dan kebijakan keuangan terhadap nilai perusahaan. 10(3), 48.

Malau, N. S., Tugiman, H., & Budiono, E. (2018). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Kinerja Keuangan. 5(1), 583–594.

Mardianthi, D. A., & Riduwan, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 555–566. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.17729

Najib, M. K. (2020). Pengaruh GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU), 2720–9587.

Rahardjo, S. S. (2018). Etika dalam Bisnis & Profesi Akuntan dan Tata Kelola Perusahaan. Salemba Empat.

Rahmawati, A., & Putri, M. N. (2020). PERAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(1), 63–75.

Rosita, F. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dalam Industri Food and Beverage yang Terdaftar Di BEI. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Silviana, I., & Krisnawati, A. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Bank Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 102–113. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Suciwati, D. P., & Ni Kadek Novita Dewi, I. M. B. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) Ke-9, 201–209.

Widianingsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(1), 38. https://doi.org/10.29040/jap.v19i1.196

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i04.p15

Yusmaniarti, Febriyant, & Astuti, B. (2020). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance , Independensi Auditor Dan Kualitas Audit Terhadap Nilai Perusahaan. 10(1), 50–67.

Published

2022-08-31

How to Cite

Irmalasari, E., Gurendrawati, E., & Muliasari, I. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(2), 425-442. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/japa/article/view/746

Most read articles by the same author(s)