Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018

Authors

  • Helsa Novelia Universitas Negeri Jakarta
  • Ati Sumiati
  • Achmad Fauzi

Keywords:

Firm value, Profitability, firm size, company size

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda dengan variabel independen profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Equity (ROE) dan ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln total asset dengan variabel dependen nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin's Q. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2017-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 82 perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan

 

 

References

Denziana, A., & Monica, W. (2016). Analisis Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergolong LQ45 di BEI Periode 2011-2014). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2).

Fahmi, I. (2011). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance Dan Nilai Perusahaan (H. Wahyuni, ed.). Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Graubner, M. (2006). Task, Firm Size, and Organizational Structure in Management Consulting. Wiesbaden: Deutscher Universitats-Verlag.

Hanafi, M. M. (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hartini, T., & Jayanti, S. D. (2017). Analisis Pengaruh Firm Size dan Profitabilitas Terhadap Islamic Sosial Reporting (ISR) Dengan Earning Growth Sebagai Variabel Moderating Pada Jakarta Islamic Index (III). Palembang: CV Amanah.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi: Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan (A. Pramono, ed.). Jakarta: Grasindo.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (N. Azizah, ed.). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Intan, K., & Winarto, Y. (2020, January 21). Emiten di papan akselerasi rentan risiko, apa saran analis? Investasi.Kontan.Co.Id. Retrieved from https://investasi.kontan.co.id/news/emiten-di-papan-akselerasi-rentan-risiko-apa-saran-analis

Margaretha, F. (2007). Manajemen Keuangan Bagi Industri Jasa. Jakarta: Grasindo.

Prima, B., & Kartika, H. (2020, February 4). Sektor manufaktur diproyeksi melambat, simak saham yang menarik menurut analis. Investasi.Kontan.Co.Id. Retrieved from https://investasi.kontan.co.id/news/sektor-manufaktur-diproyeksi-masih-melambat-simak-saham-yang-menarik-menurut-analis

Rodoni, A., & Ali, H. (2010). Manajemen Keuangan (Pertama). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sawir, A. (2004). Kebijakan Pendanaan dan Restrukturisasi Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sitanggang, J. P. (2013). Manajemen Keuangan Perusahaan Lanjutan Dilengkapi Soal dan Penyelesaiannya (Wahyudi & S. Mulyantini, eds.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian (A. Nuryanto, ed.). Bandung: Alfabeta.

Tamara, N. H. (2019, June 1). Lesunya Konsumsi Masyarakat yang Memukul Perusahaan Konsumer. Katadata.Co.Id. Retrieved from https://katadata.co.id/analisisdata/2019/06/01/lesunya-konsumsi-masyarakat-yang-memukul-kinerja-perusahaan-konsumer

Ubaidillah. (2019). Hanya Jurnalku. In Pengaruh Profitabilitas dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Keuangan Sub Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jakarta: Kabays.

Utomo, M. N. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan (F. A. Rahmawati, ed.). Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.

Yni. (2019, December 16). Saham “Consumer Goods” Turun. Koran-Jakarta.Com. Retrieved from http://www.koran-jakarta.com/saham--consumer-goods--turun/#print

Published

2020-12-22

How to Cite

Helsa Novelia, Sumiati, A., & Fauzi, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 1(2), 396-406. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/109