Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Revisiting Intention pada Pengunjung Restoran Barbekyu

Authors

  • Ananda Riza Maulana UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Mohamad Rizan
  • Usep Suhud

DOI:

https://doi.org/10.21009/jbmk.0011.02

Keywords:

Revisiting Intention, Customer Satisfaction, Experiential Marketing, Perceived Attractiveness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perusahaan akan menciptakan peningkatan revisiting intention melalui terciptanya kepuasan konsumen. Beberapa faktor penduga yang menyebabkan revisiting intention yang bisa dijadikan acuan peneliti dalam memperbaiki strategi kinerja perusahaan dan daya tarik yang mempengaruhi penyebab revisiting intention melalui kepuasan konsumen di restoran barbekyu. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan simple random sampling berjumlah 250. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan 6 poin skala. Pengujian dalam penelitian ini dengan menggunakan metode exploratry factor analysis (EFA) dan confirmatory factor analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction, perceived attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, experiential marketing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap revisiting intention, perceived attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisiting intention, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisiting intention.

Kata Kunci : revisiting intentioncustomer satisfaction, experiential marketing, perceived attractiveness

References

Alamsyah, Y. (2008). Bangkitnya bisnis kuliner tradisional meraih untung dari bisnis masakan tradisional kaki lima sampai restaurant. PT Elex Media Komputindo.

Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206–214.

Egan, J. (2008). Relational Marketing: Exploring Relational Strategies in Marketing, (4th edition). Prentice Hall.

Gilbert, D. (2003). Retail marketing management (2nd ed). Prentice Hall.

Kurniawan, E. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Makanan Pada Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Korea ‘Myoung Ga’ di Surabaya dengan Peran Moderasi Atmosfer. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2), 1–17.

Lin, C.-H. (2014). Effects of cuisine experience, psychological well-being, and self-health perception on the revisit intention of hot springs tourists. Journal of Hospitality & Tourism Research, 38(2), 243–265.

Mingfang, Z., & Hanyu, Z. (2015). Research on the Causal Relationship between Antecedent Factors, Tourist Satisfaction and Destination Loyalty. Journal of Economics, Business and Management, 3(7), 683–686.

Schmitt, B. (1999). Experiential marketing castellano. Libro, 15(1–3), 1–17.

Sutedja, W. (2006). Panduan Layanan Konsumen. Grasindo.

Wiastuti, R. D., & Pratiwi, C. (2019). Analisis Isi Terhadap Atribut Restoran Dengan Konsep Korean Barbecue Di Jakarta. Jurnal Pariwisata, 6(2), 116–127.

Wijianto, W. (2014). Analisis Pengaruh Perceived Attractiveness, Kualitas Pelayanan dan Perceived Value For Money Terhadap Revisit Intention dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi pada Tempat Wisata “Kintamani Water Park” Ponorogo. Jurnal Ekuilibrium.

Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130.

Zaynutdinova, N., & Pálka, P. (2017). The effects on purchase intention: The case of fruit juice. Journal of Competitiveness.

Published

2020-06-03

How to Cite

Ananda Riza Maulana, Mohamad Rizan, & Usep Suhud. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Revisiting Intention pada Pengunjung Restoran Barbekyu. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 1(1), 43-56. https://doi.org/10.21009/jbmk.0011.02

Most read articles by the same author(s)