Keputusan Pembelian Produk Sepatu Lokal: Peran dari Harga dan Kualitas Produk

Authors

  • Faiz Al Fajri Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk sepatu lokal. Data didapatkan menggunakan metode survei dengan Likert Type secara purposive sampling kepada 200 responden yang berasal dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Dengan teknik analisis regresi linier berganda, Hasil uji t menandakan jika harga dan kualitas produk secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t signifikansi < 0,05. Hasil uji F menandakan jika harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F signifikansi < 0,05. Analisis koefisien determinasi memiliki nilai R Square sebesar 0,292 artinya harga dan kualitas produk secara simultan memiliki kemampuan untuk menjelaskan keputusan pembelian sebesar 29,2%, sedangkan 70,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

References

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Apriliya, L. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mie Akhirat di Surabaya). BISMA (Bisnis dan Manajemen), 8(2), 237–252.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1–20.

Handoko, T. H. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Herawati, H., Prajanti, S. D. W., & Kardoyo, K. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality and Price Through Purchase Motivation. Journal of Economic Education, 8(1), 1–11.

Julianto, P. A. (2017). Perajin Sepatu Lokal Keluhkan Serbuan Produk Impor. Diambil 30 September 2020, dari Kompas.com website: https://money.kompas.com/read/2017/01/04/070000426/perajin.sepatu.lokal.keluhkan.serbuan.produk.impor?page=all

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (11 ed.). Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran. In Jakarta: Erlangga. Jakarta: Erlangga.

Kumparan, R. (2019a). Antrean Rilisan Sepatu Compass x Darahkubiru yang Berakhir Ricuh. Diambil 26 September 2020, dari Kumparan website: https://kumparan.com/millennial/antrean-rilisan-sepatu-compass-x-darahkubiru-yang-berakhir-ricuh-1sRRoqePSZy

Kumparan, R. (2019b). Sneaker Lokal: Terus Mekar Meski Digempur Sepatu Luar. Diambil 3 Oktober 2020, dari Kumparan website: https://kumparan.com/millennial/sneaker-lokal-terus-mekar-meski-digempur-sepatu-luar-1rwhiUSXsRp/full

Muliasari, D. (2019). The Effect of Product Price and Product Quality on Purchasing Decisions for Samsung Brand Handphones Among STIE AAS Surakarta Students. Internation Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR), 3(4), 501–506.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9 ed.; D. T. Dwiandani, Ed.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Pratiwi, M. Y., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2Beat. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 6(7), 1–19. Diambil dari http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1745/1755

Prawirosentono, S. (2006). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi kasus dan Analisa. Jakarta: Bumi Aksara.

Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh kemasan dan harga pada keputusan pembelian minuman isotonik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 1–20.

Rosalina, & Rochmi, N. (2020). Sepatu Lokal Kalah Bersaing Dibanding Produk Cina. Diambil 30 September 2020, dari tempo.co website: https://bisnis.tempo.co/read/326426/sepatu-lokal-kalah-bersaing-dibanding-produk-cina/full&view=ok

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76

Published

2021-05-25

How to Cite

Al Fajri, F. ., Parlyna, R. ., & Fidhyallah, N. F. . (2021). Keputusan Pembelian Produk Sepatu Lokal: Peran dari Harga dan Kualitas Produk. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 17-30. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/171

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>