Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pengguna Internet

Authors

  • Krisnaldi Arban Wijaya Universitas Negeri Jakarta
  • Basrah Saidani Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Loyalitas Pengguna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pengguna pada masyarakat Jabodetabek. Penelitian tersebut dilakukan selama kurang lebih enam bulan dari 29 Oktober 2020 hingga 01 Maret 2021. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode survei, yang dimana mencari tahu sesuai dengan kriteria tertentu dan disebarkan melalui google form. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang dilibatkan adalah pengguna Indosat khusus untuk internet pada wilayah Jabodetabek sebanyak 200 responden. Hasil penelitian tersebut yaitu harga, kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna. Sedangkan secara parsial, variabel harga dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan, akan tetapi variabel  kualitas produk ternyata tidak memiliki pengaruh positif. Adapun untuk nilai koefisien determinasi terhadap loyalitas pengguna,variabel harga (5,8%), kualitas produk (2,3%) dan kualitas layanan (22,3%), sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan untuk uji regresi linier berganda yaitu Ŷ = 4.531 + 0,163X1 + 0,05X2 + 0,490X3.

References

Al-Haqam, R. F., & Hamali, A. Y. (2016). The Influence of Service Quality toward Customer Loyalty: A Case Study at Alfamart Abdurahman Saleh Bandung. Binus Business Review, 7(2), 203. https://doi.org/10.21512/bbr.v7i2.1686

Alam, M. M. D., & Noor, N. A. M. (2020). The Relationship Between Service Quality, Corporate Image, and Customer Loyalty of Generation Y: An Application of S-O-R Paradigm in the Context of Superstores in Bangladesh. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020924405

Aulia, S. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap (Online Shopping) Pada Mahasiswi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Bergel, M., Frank, P., & Brock, C. (2019). The role of customer engagement facets on the formation of attitude, loyalty and price perception. Journal of Services Marketing, 31(7), 890–903. https://doi.org/10.1108/JSM-01-2019-0024

Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan yang Dipengaruhi oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek (Studi pada Produk Smartphone Merek Oppo). Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 87–98.

Dhasan, D., & Aryupong, M. (2019). Effects of product quality, service quality and price fairness on customer engagement and customer loyalty. ABAC Journal, 39(2), 82–102.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Deepublish.

Ezer, E., & Ghozali, I. (2017). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Tarif Pajak, Denda Pajak, dan Probabilitas Pemeriksaan Pajak terhadap Kepatuhan Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 407–419.

Harsono, B. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(C), 1–3.

Khoironi, T. A., Syah, H., & Dongoran, P. (2018). Product Quality, Brand Image and Pricing to Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 8(3), 51–58.

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi, Dasar dan Penerapannya dengan R. Kencana.

Kususmasasti, I., Andarwati, & Hadiwidjojo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.

Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.

McNally, R.C., Akdeniz, M.B., Calantone, R. J. (2011). New product development processes and new product profitability: Exploring the mediating role of speed to market and product quality. Journal of Product Innovation Management, 28, 63–77.

Minar, D., & Safitri, A. (2017). Brand Image and Product Quality on Customer Loyalty (Survey in Cekeran Midun). Trikonomika, 16(1), 43. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v16i1.420

Mutmainnah. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(2), 201–216. https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i2.113

Nalendra, A. R. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan IM3 Madiun). Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 281–288. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/564

Naninncova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggang Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.

Noorhayati. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Muara Teweh). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 12(1). https://journals.umkt.ac.id/index.php/JEM/article/view/71

Nugraheni, R. C. E. F. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki (Studi pada Pembeli – Penguna Sepeda Motor Suzuki di Kota Solo). Diponegoro Journal of Management, 2(2), 1–8.

Pongoh, M. E. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1–5.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Alfabeta.

Putri, A. P., Wongkar, A., Michael, M., & Balliansa, M. R. (2020). The Influence of Product Quality, Price, and Service Quality in Customer Loyalty at PT. Cybernetic Makmur Lestari. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 2864–2879. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1306

Risnawati, H., Sumarga, H. E., & Purwanto, S. (2019). the Effect of Service Quality Prices and Location of Companies To Customer Satisfaction Implications on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 9(6), 38–43. https://doi.org/10.32479/irmm.8736

Roza, R., Fauzan, M. N., & Rahayu, W. I. (2020). Buku Tutorial Sistem Informasi Prediksi Jumlah Pelanggan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Kreatif Industri Nusantara.

Shartykarini, S., Firdaus, R., & Rusniati. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Ppelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 39–52.

Shinta Wahyu Hati, N. P. (2017). Analisis Pengaruh Harga dan Merchandising terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan di Minimarket Puri Batam. 2(1).

Slaba, M. (2019). Consumer Behaviour Regarding Branded and non-Branded Goods on The Mobile Phone Market: Impact of Experience, Price and Loyalty (Vol. 6220, Issue 096).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV. Alfabeta.

Sun, M. (2011). Disclosing multiple product attributes. Journal of Economics and Management Strategy. Journal of Economics and Management Strategy, 20(1), 195–224.

Tjiptono, Fandy., dan Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing (Edisi 2). Andi Yogyakarta.

Winarno, S. H., & Givan, B. (2018). Faktor-Faktor Penentu Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Ooredoo. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 1 No 2, Juni 2018 E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 4321-1234, 1(2), 1–7.

Xhema, J., Metin, H., & Groumpos, P. (2018). Switching-Costs, Corporate Image and Product Quality effect on Customer Loyalty: Kosovo Retail Market. IFAC-PapersOnLine, 51(30), 287–292. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2018.11.303

Zhong, Y., & Moon, H. C. (2020). What drives customer satisfaction, loyalty, and happiness in fast-food restaurants in china? Perceived price, service quality, food quality, physical environment quality, and the moderating role of gender. Foods, 9(4). https://doi.org/10.3390/foods9040460

Published

2020-05-25

How to Cite

Krisnaldi Arban Wijaya, Saidani, B., & Parlyna, R. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pengguna Internet . Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 71-84. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/174

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>