Pengaruh Harga dan Kepercayaan pada Jasa Pengiriman X terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce di Jakarta

Authors

  • Ranni Marlina Wijayanti Universitas Negeri Jakarta
  • Basrah Saidani
  • Nadya Fadillah Fidhyallah

Keywords:

Harga, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Jasa Pengiriman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga dan kepercayaan pada jasa pengiriman X terhadap kepuasan pelanggan e-commerce di jakarta. Metode yang digunakan adalah dengan metode survei, dengan populasi masyarakat di Jakarta yang pernah menggunakan SiCepat Ekspres sebagai jasa pengiriman barang yang dibeli melalui e-commerce. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 responden. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kepuasan pelanggan, hipotesis ini terbukti dengan  nilai thitung (9,162) > (1,653) ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan dan kepuasan pelanggan, hipotesis ini terbukti dengan nilai thitung (8,259) > (1,653) ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Persamaan regresi sederhana diperoleh Ŷ = 11,014 + 0,490X1 dan Ŷ = 11,980 + 0,462X2. Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan memperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 29,8% dan 25,6% serta sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel ini.

References

Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalagan Usaha di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/346

Anwar, S., Kristiawan, M., & Lian, B. (2020). The Effect of Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction. PONTE International Scientific Researchs Journal, 12(10), 697–712. https://doi.org/10.21506/j.ponte.2016.6.13

Devita, V. D. (2019). Konsumen Indonesia menginginkan pengalaman pengiriman e-commerce yang lebih baik, sebuah survei oleh Parcel Perform membuktikan. Diambil 11 Februari 2021, dari iprice.co.id website: https://iprice.co.id/trend/insights/konsumen-indonesia-menginginkan-pengalaman-pengiriman-e-commerce-yang-lebih-baik-sebuah-survei-oleh-parcel-perform-membuktikan/

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. DEEPUBLISH.

Fitri, A. N. (2020). Survei: Di masa pandemi, 85,2% masyarakat gunakan jasa kurir untuk pengiriman barang. Diambil 11 Februari 2021, dari Kontan.co.id website: https://industri.kontan.co.id/news/survei-di-masa-pandemi-852-masyarakat-gunakan-jasa-kurir-untuk-pengiriman-barang

Haryono, B. (2016). How to Win Customer Through Customer Service with Heart. Andi.

Hutasoit, Halomoan, A., Fauzi, A., & Gultom, P. (2019). The Effect of Tariffs and Service Quality on Customer Satisfaction That Affects of The Customer Loyalty of Medan City Using Grab-Car Transportation. Journal of Business and Management, 21(5), 36–45. https://doi.org/doi: 10.9790/487X-2105103645

Kemkominfo (2019). Pertumbukan e-commerce Indonesia capai 78 persen. Diambil 9 Februari 2021, dari Kemkominfo website: https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Principle of Marketing. Persone Education,Inc.

Lie, D., Sudirman, A., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality , Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. 8(08).

Lingga, M. A. (2019). Asperindo: E-Commerce beri dampak positif ke Usaha Logistik. Diambil 11 Februari 2021, dari Kompas.com website: https://money.kompas.com/read/2019/04/19/194700826/asperindo--e-commerce-beri-dampak-positif-ke-usaha-logistik

Mowen, J. C. (2002). Perilaku Konsumen (Edisi Keli). Jakarta: Erlangga.

Qomariah, N. (2015). Marketing Adactive Strategy. Jakarta: CV Cahaya Ilmu.

Rachmatunnisa (2019). Keluhan Pelanggan e-Commerce: 90% soal Status Pengiriman Barang. Diambil 10 Februari 2021, dari inet.detik.com website: https://inet.detik.com/business/d-4611659/keluhan-pelanggan-e-commerce-90-soal-status-pengiriman-barang

Ramadhan, M. A. F. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online Gojek Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 4(2), 153. https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i2.3733

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta.

Yulisetiarini, D., & Prahasta, Y. A. (2019). The effect of price, service quality, customer value, and brand image on customers satisfaction of telkomsel cellular operators in east Java Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 5–9.

Published

2021-07-24

How to Cite

Ranni Marlina Wijayanti, Saidani, B. ., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Harga dan Kepercayaan pada Jasa Pengiriman X terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 150-159. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/194

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>