Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Celebrity Endorser terhadap Online Purchase Intention pada Konsumen Perusahaan X di Jakarta

Authors

  • Ayu Ulandari Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna
  • Nadya Fadillah Fidhyallah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara electronic word of mouth, celebrity endorser terhadap online purchase intention pada kosumen Unilever di Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Desember 2020 hingga bulan Juni 2021. Penelitian ini menggunakan kuesioner berbentuk online (google form). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel yang digunakan adalah masyarakat Jakarta yang mengetahui dan  sudah pernah membeli produk perawatan tubuh Unilever ( Love Beauty And Planet, Lux, Pond’s, Rexona, Pepsodent, Sunsilk, Tresemme, Vaseline, Citra, Clear, Fair & Lovely, Zwitsal, Pureline Hijab Fresh) serta pengguna E-commerce Shopee. Sampel berjumlah 200 responden dan diolah menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth, celebrity endorser mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase intention pada konsumen Unilever di Jakarta.

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Celebrity Endorser, Online Purchase Intention

 

References

Cahyaningrum, F. (2020). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth , Celebrity Endorser Dan Country Of Origin Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Di Wardah Beauty House Semarang. KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA, 851–871.

Goyette, I., Ricard, L., & Bergeron, J. (2010). e-WOM Scale : Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context *. 23, 5–23.

Hansudoh, S. A. (2012). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Pada Produk Top Coffe di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(5), 1–7.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Media Pressindo.

Hennig-thurau, T., Eifler, V., Hennig-thurau, T., Gwinner, K. P., & Gremler, D. D. (2003). ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH VIA CONSUMER-OPINION PLATFORMS : WHAT MOTIVATES CONSUMERS TO ARTICULATE THEMSELVES ON THE INTERNET ? December. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Khansah, U. K. (2021). Pengaruh Teknologi Digital. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/unikhikmatulkhasanah8401/60028df3d541df5987003472/pengaruh-teknonolgi-digital?page=all

Kumparan.com. (2021). Kumparan.com. Kumparan.com

Leo Dwi Jatmiko. (2020). APJII: 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet. Teknologi. https://teknologi.bisnis.com/read/20201110/101/1315765/apjii-1967-juta-warga-indonesia-sudah-melek-internet

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. International Business Research, 3(3), 63. https://doi.org/10.5539/ibr.v3n3p63

Liputan6.com. (2020). Endorsement adalah Bentuk Promosi, Ketahui Manfaatnya untuk Bisnis. Liputan6.Com. https://hot.liputan6.com/read/4407087/endorsement-adalah-bentuk-promosi-ketahui-manfaatnya-untuk-bisnis

Naninncova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggang Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.

Ramadhan, B. (2020). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. TEKNOLA. https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19

Shimp, T. A., & Andrews, C. J. (2013). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communication. Integrated Marketing Communications, 754. https://scholarsbank.uoregon.edu/xmlui/bitstream/handle/1794/19082/Thesis Final-Bulka.pdf?sequence=1

Siddiq, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Samsung (Survey Pada Konsumen Itklik Jakarta). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.47-54

Syamruddin. (2021). Geliat E-Commerce di Tengah Pandemi COVID-19. Industry.Co.Id.

Yosi Winosa. (2019). Unilever Pilih Nebeng ke E-Commerce Ketimbang Investasi IoT. Warta Ekonomi.Co.Id. https://www.wartaekonomi.co.id/read232377/unilever-pilih-nebeng-ke-e-commerce-ketimbang-investasi-iot

Published

2021-10-26

How to Cite

Ayu Ulandari, Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Celebrity Endorser terhadap Online Purchase Intention pada Konsumen Perusahaan X di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 160-173. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/202

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>