Pengaruh Kualitas Makanan, Nilai yang Dirasakan, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Pemesanan Makanan Online Pizza Pesan Antar

Authors

  • Winda Halimah Universitas Negeri Jakarta
  • Nurdin Hidayat Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan, nilai yang dirasakan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan layanan pemesanan makanan online. Data diperoleh dengan menggunakan metode survei dengan tipe Likert, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling kepada 200 responden. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jakarta. Dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan, selain itu juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap kepuasan pelanggan.

Kata kunci: Kualitas Makanan, Nilai yang Dirasakan, Promosi, Kepuasan Pelanggan

References

Agusyanto, R. (2017). Kegamangan ala “Raksasa” Bisnis Online Tanah Air. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171110144905-93-254797/kegamangan-ala-raksasa-bisnis-online-tanah-air

Anggraini, A. P. (2020). Makan di Restoran Tingkatkan Risiko Covid-19, Begini Solusinya. Kompas.Com. https://health.kompas.com/read/2020/10/02/150500168/makan-di-restoran-tingkatkan-risiko-covid-19-begini-solusinya?page=all

Apriyani, T. (2020). Pengaruh E-Commmerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Suara.Com. https://yoursay.suara.com/news/2020/02/10/162614/pengaruh-e-commmerce-terhadap-pertumbuhan-ekonomiindonesia?page=all

Atmoko, T. P. H. (2017). Peningkatan Higiene Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Dhamar Palembang. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1), 1–9.

Davis, B., Lockwood, A., Alcott, P., & Pantelidis, I. S. (2018). Food and Beverage Management (6th ed.). Routledge.

Diandri, R. (2020). Wajib Tahu! Ini Keuntungan Berlangganan Makanan di Aplikasi Online. Food Detik.Com. https://food.detik.com/berita-boga/d-5110771/wajib-tahu-ini-keuntungan-berlangganan-makanan-di-aplikasi-online

Ditha, H. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Dwaikat, N. Y., Khalili, S. A., Hassis, S. M., & Mahmoud, H. S. (2019). Customer satisfaction impact on behavioral intentions: the case of pizza restaurants in Nablus City. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 20(6), 709–728.

Febrini, I. Y., PA, R. W., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167

Hair, J. F., Anderson, R. E., Babin, B. J., & Black, W. C. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Prentice Hall.

Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 49–66.

Iqbal, A. M., Panjaitan, E. M., Siregar, M. P., & Reghita, S. (2015). Analisis Marketing Pada Pizza Hut Delivery. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1).

Komala, C. C., Norisanti, N., & M. Ramdan, A. (2019). Analisis Kualitas Makanan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Industri Rumah Makan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i2.62

Konuk, F. A. (2019). The influence of perceived food quality, price fairness, perceived value and satisfaction on customers’ revisit and word-of-mouth intentions towards organic food restaurants. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 103–110.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (S. E. Adi maulana (ed.); 13th ed.). Erlangga.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (7th ed.). Erlangga.

Namkung, Y., & Jang, S. (2007). Does food quality really matter in restaurants? Its impact on customer satisfaction and behavioral intentions. Journal of Hospitality & Tourism Research, 31(3), 387–409.

Pambudi, A. R. (2019). Pengaruh Store Layout Dan Food Quality Terhadap Minat Beli Ulang Dan Customer Satisfaction Pada Ready To Eat Bakery. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.1-7

Peter, J. P., & Donnelly, J. H. (2013). Marketing management: knowledge and skills (11th ed.). McGraw-Hill.

Pham, Q. T., Tran, X. P., Misra, S., Maskeliūnas, R., & Damaševičius, R. (2018). Relationship between convenience, perceived value, and repurchase intention in online shopping in Vietnam. Sustainability, 10(1), 156.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Qin, H., & Prybutok, V. R. (2009). Service quality, customer satisfaction, and behavioral intentions in fast‐food restaurants. International Journal of Quality and Service Sciences.

Sendari, A. A. (2020). Tujuan Promosi Menurut Para Ahli, Kenali Bentuk-Bentuknya. Hot.Liputan6.Com. https://hot.liputan6.com/read/4441490/tujuan-promosi-menurut-para-ahli-kenali-bentuk-bentuknya

Singh, G., Ali, J., Lata, R., Mudaliar, K., & Swamy, Y. (2020). Influence of fast-food restaurant service quality and its dimensions on customer perceived value, satisfaction and behavioural intentions. British Food Journal.

Sitanggang, D. A., Sunarti, & Pangestuti, E. (2020). Pengaruh Citra Destinasi, Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Niat Berperilaku Wisatawan. Administrasi Bisnis, 61–77.

Slack, N. J., Singh, G., Ali, J., Lata, R., Mudaliar, K., & Swamy, Y. (2021). Influence of fast-food restaurant service quality and its dimensions on customer perceived value, satisfaction and behavioural intentions. British Food Journal, 123(4), 1324–1344. https://doi.org/10.1108/BFJ-09-2020-0771

Soegoto, A. (2013). Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1271–1283. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2548

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sudari, S., Tarofder, A., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396.

Suntani, S., Politeknik, S., Bandung, K., & Sitasi, C. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Tisa, M. (2019). Media Sosial sebagai Sarana Promosi dan Komunikasi Objek Wisata. Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 1(2), 345–362. http://194.31.53.129/index.php/Tadbir/article/view/2165

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Bayumedia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Stategik : Domain, Determinan, Dinamika (4th ed.). Andi.

Wandebori, H., & Wijaya, V. (2017). Consumers’ Purchase Intention: Influencing Factors unveiled at Korean Thematic Café (Case Study: Chingu Café). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 18(2), 73–82. https://doi.org/10.24198/jbm.v18i2.52

Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.42

Yuliansyah, A., & Handoko, T. D. (2019). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value terhadap Brand Loyalty melalui Customer Satisfaction J-Klin Beauty Jember. Journal of Economic, Business and Accounting, 87(1,2), 149–200.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2011). Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm (4th ed). McGraw-Hill

Published

2021-10-30

How to Cite

Winda Halimah, Nurdin Hidayat, & Nadya Fadillah Fidhyallah. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan, Nilai yang Dirasakan, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Pemesanan Makanan Online Pizza Pesan Antar. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 325-335. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/207

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>