Pengaruh Negara Asal dan Pengetahuan Produk terhadap Niat Beli Smartphone Merek X

Authors

  • Nadia Rizkiana Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna
  • Nadya Fadillah Fidhyallah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh negara asal dan pengetahuan produk terhadap niat beli Samsung smartphone. Penelitian ini dilakukan di wilayah DKI Jakarta. Selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2021 sampai dengan Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan populasi yang digunakan adalah masyarakat DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 200 responden. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara negara asal terhadap niat beli Samsung smartphone. Selain itu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan produk terhadap niat beli Samsung smartphone.

Kata Kunci: Negara Asal, Pengetahuan Produk, Niat Beli.

References

Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik berbasis server. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3).

Augusta, E. D., Mardhiyah, D., & Widiastuti, T. (2019). Effect of country of origin image, product knowledge, brand familiarity to purchase intention Korean cosmetics with information seeking as a mediator variable: Indonesian women’s perspective. Dermatology Reports, 11(s1).

Ayuningsih, F., & Maftukhah, I. (2020). The Influence of Product Knowledge, Brand Image, and Brand Love on Purchase Decision through Word of Mouth. Management Analysis Journal, 9(4), 355–369.

Batu, R. L. (2021). PENGARUH PRODUCT INVOLVEMENT DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN HONDA MOBILIO. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 5(2), 121–130.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition). Pearson.

Hien, N., Phuong, N., Tran, T., & Thang, L. (2020). The effect of country-of-origin image on purchase intention: The mediating role of brand image and brand evaluation. Management Science Letters, 10(6), 1205–1212.

Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145–153.

Iriani, S. S. (2020). Influence of Lifestyle and Country of Origin on Purchasing Intention of South Korean Beauty Products: A Study of Female Consumers in East Java. International Journal of Advanced Science and Technology, 29. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/5695/3538

Kevin, S. (2017). 5 Pertimbangan Konsumen saat Membeli Produk yang Harus Diketahui Pebisnis. https://magazine.job-like.com/pertimbangan-konsumen-membeli-produk/

Khoirunnisa. (2021). Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q4-2020. https://selular.id/2021/02/top-5-vendor-smartphone-di-indonesia-q4-2020/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (3rd editio). Harlow, England : Pearson, 2016.

Mahrinasari, M. S. (2019). The Country of Origin (COO) Model of the Indonesian and Chinese Printed Batik Products. Journal of Southwest Jiaotong University, 54(4).

Prayoga, I. C., & Artanti, Y. (2021). PERAN KREDIBILITAS INFLUENCER, PENGETAHUAN PRODUK, DAN NEGARA ASAL PADA NIAT BELI SMARTPHONE OPPO A9 2020. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 111–123.

Pusparisa, Y. (2020). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025

Sanusi, A., & Herlina, H. (2018). QUALITY OF PRODUCTS AND COUNTRIES OF ORIGIN AT INTEREST IN BUYING SAMSUNG SMARTPHONE WITH PERCEIVED QUALITY AS INTERVENING. DLSU Business & Economics Review 28 (Special Edition).

Sevanandee, B., & Damar-Ladkoo, A. (2018). Country-of-origin effects on consumer buying behaviours. A case of mobile phones. Studies in Business and Economics, 13(2), 179–201.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.

Vazifehdoost, H., & Ghanbari, M. (2017). The Effect of Country of Origin Image and Product Knowledge on Purchase Intention: The Role of Gender. Case Studies Journal, 1–6.

Wahjudi, D., San, G. S., Anggono, J., & Tanoto, Y. Y. (2018). Factors affecting purchase intention of remanufactured short life-cycle products. International Journal of Business and Society, 19.

Published

2021-10-30

How to Cite

Nadia Rizkiana, Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Negara Asal dan Pengetahuan Produk terhadap Niat Beli Smartphone Merek X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 174-185. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/208

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>