Peran Price dan Promotion terhadap Purchase Decision dalam Menggunakan Layanan Online Food Delivery
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh positif dan signifikan price terhadap purchase decision, (2) mengetahui pengaruh positif dan signifikan promotion terhadap purchase decision. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan online food delivery yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok dan Tangerang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 200 responden. Analisis data menggunakan SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Price memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 19,608 > 1,653. (2) Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 23,450 > 1,653.
References
Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(5B), 584–590. https://doi.org/10.21276/sjbms
Buchari, & Alma. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana
Media.
Cravens, D. W., & Piercy, N. (2013). Strategic Marketing (10th ed.). McGraw-Hill.
Daya.id. (2020). Jenis-jenis Bisnis Online yang Paling Laris di Pasaran. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/jenis-bisnis-online-paling- laku-yang-dibutuhkan-setiap-hari
Gandhy, A., & Hairuddin, J. A. (2018). Analysis of Promotion and Product Differentiation of Jukajo on Consumer Purchase Decision. Binus Business Review, 9(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v9i1.3901
Ghozali, I. (2013). Analisis Multivariate dengan Program IBS SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gojek.com. (2018). 5 Strategi Diskon yang Paling Menarik Perhatian Pelanggan. https://www.gojek.com/blog/gofood/strategi-diskon/
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2017). Multivariate Data Analysis. In Food Chemistry (Vol. 232, pp. 135–144). https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2017.03.133
Idntimes.com. (2020). Millennials Kecanduan Pesan Antar Makanan, Hemat Waktu atau Malas? https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/millennials- kecanduan-pesan-antar-makanan-hemat-waktu-atau-malas/4
Kaisapitri, N. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food.
KEMENPERIN. (2017). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi- Andalan
Kompasiana.com. (2020). Maraknya Kecanduan Online Food Delivery Order. https://www.kompasiana.com/hambaallah1623/5e64d0b8d541df0777199a04/maraknya- kecanduan-online-food-delivery-order?page=all
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia (Pertama). ANDI.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen (15th ed.). Pearson Pretice Hall. Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media.
Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 139. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.348
Muhaimin, A. W., & Yapanto, L. M. (2020). Marketing Strategy based on Analysis of Marketing Mixture on Consumer Purchase Decisions in the Area of Dermo Café Coffee , Malang , Indonesia. 16174.
Naeem, M., & Sami, A. (2020). Product Brand Loyalty and Purchase Decision. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(3), 76–87. https://doi.org/10.31580/ijer.v3i3.1504
Prapti, R. L., & Rahoyo. (2018). Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go-Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2). https://doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1243
Putra, K. A. D., Hidayatullah, F., & Farida, N. (2020). Mediatisasi Layanan Pesan Antar Makanan Di Indonesia Melalui Aplikasi Go-Food. Islamic Communication Journal, 5(1), 114. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.1.5416
Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh Kemasan dan Harga pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 1–20. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i1.3335
Satya, A., & Irna, C. (2016). Product Attributes and Price on Purchase Decision of Xiaomi Smartphone. Trikonomika, 15(1), 40. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v15i1.398
Statista. (2020). Number of internet users in Indonesia from 2015 to 2025 (in millions). https://www.statista.com/statistics/254456/number-of-internet-users-in-indonesia/
Teddy, A., & Zuliestiana, D. A. (2020). Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung the Influence of Brand Image , Price , and Product Quality on Purchase Decisions Through Gofood Application in Bandung City. 7(2), 5422–5428.
Tirto.id. (2019). Nielsen: 58% Masyarakat Pesan Makanan via Aplikasi Pesan-Antar. https://tirto.id/nielsen-58-masyarakat-pesan-makanan-via-aplikasi-pesan-antar-eil7
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. ANDI Yogyakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Dinda Afifah Alzagladi, Corry Yohana, Nadya Fadillah Fidhyallah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.