Bagaimana Peran Negara Asal, Kualitas Produk dan Citra Merek Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Korea?
Keywords:
Country of origin, Product quality, Brand image, Purchase decisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negara asal, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik asal Korea Selatan. Data diperoleh melalui kuisioner secara purposive sampling kepada 200 responden pengguna kosmetik asal Korea Selatan di area Jabodetabek. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan hasil uji t menandakan jika negara asal, kualitas produk dan citra merek secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05. Analisis koefisien determinasi pada variabel negara asal memiliki nilai R Square sebesar 0,507 atau 50,7% yang artinya variabel negara asal memiliki kemampuan menjelaskan keputusan pembelian sebesar 50,7% sedangkan 49,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel kualitas produk memiliki nilai R Square sebesar 0,465 atau 46,5% yang artinya variabel kualitas produk memiliki kemampuan menjelaskan keputusan pembelian sebesar 46,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pada variabel citra merek memiliki nilai R Square sebesar 0,631 atau 63,1% yang artinya variabel citra merek memiliki kemampuan untuk menjelaskan keputusan pembelian sebesar 63,1% sedangkan 36,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Aaker, D. A., & Alexander, L. B. (2009). Brand equity and Advertising: Advertising Role in Building Srong Brands. Hillsdale: Lawrence Equilibrium Associates. Inc.
Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.
Ghaizani, A., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh country of origin terhadap brand image dan dampaknya bagi keputusan pembelian (Survei Online Pada Konsumen Skin Care Etude House di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(2), 110–118. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2437
Hapsoro, B. B., & Hafidh, W. A. (2018). The Influence of Product Quality and Brand Image on Purchasing Decisions Through Brand Trust as Mediating Variable. Management Analysis Journal, 7(4), 2017. https://doi.org/10.15294/MAJ.V7I4.30407
Indrawati, D. (2015). PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB “ZOYA.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150207.id
Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP TRUST DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas …. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 61(1), 64–73. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2548
Khuong, M. N., & Duyen, H. T. M. (2016). Personal Factors Affecting Consumer Purchase Decision towards Men Skin Care Products — A Study in Ho Chi Minh City, Vietnam. International Journal of Trade, Economics and Finance, 7(2), 44–50. https://doi.org/10.18178/ijtef.2016.7.2.497
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Laroche, M., Papadopoulos, N., Heslop, L. A., & Mourali, M. (2005). The influence of country image structure on consumer evaluations of foreign products. International Marketing Review, 22(1), 96–115. https://doi.org/10.1108/02651330510581190
Marketeers. (2018). Di Balik Kesuksesan Merek Kecantikan Korea. Marketeers. https://marketeers.com/di-balik-kesuksesan-merek-kecantikan-korea/
Novira, S., & Trenggana, A. F. (2019). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Innisfree. E-Proceeding of Management, 6(1), 798–817. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8999
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). CONSUMER BEHAVIOR & MARKETING STRATEGY CONSUMER BEHAVIOR & MARKETING STRATEGY. McGraw-HIll. https://www.academia.edu/6078770/CONSUMER_BEHAVIOR_and_MARKETING_STRATEGY_CONSUMER_BEHAVIOR_and_MARKETING_STRATEGY
Rachmawati, D., Shukri, S., Ferdous Azam, S. M., & Khatibi, A. (2019). Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in selangor, malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.016
Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen,
(3), 1026–1037. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/8597
Saydan, R. (2013). Relationship between country of origin image and brand equity: An empirical evidence in England market. International Journal of Business & Social Science, 4(3), 78–88. www.ijbssnet.com
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Principles of Marketing 12th Edition Prentice Hall International Inc. New Jersey.
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (8th ed.). Salemba Empat.
Sijabat, R. (2020). Analisis Peran Mediasi Harga Terhadap Asosiasi Country Of Origin, Perceived Quality, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 17(1), 57–80. https://doi.org/10.25170/jm.v17i1.1779
Sociolla.com. (2020). Fakta Menarik Seputar Dunia Kecantikan Tanah Air di ZAP Beauty Index 2020. Beauty Journal. https://journal.sociolla.com/beauty/beauty-index-2020
Sudaryanto, S., Subagio, N. A., Awaliyah, I. N., Wulandari, D., & Hanim, A. (2019). Influence of brand image, price and promotion on consumer’s buying decision of fast moving consumer’s goods with culture as a moderating variable in basmallah retail store in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 85–92. www.ijstr.org
Supriyadi, Wahyu Wiyani, G. I. K. . (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/JBM.V3I1.81
Suria, N., Kusumawati, A., & Pangestuti, E. (2016). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA BAGI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Uniqlo di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(1), 148–156. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1494
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2012). Pemasaran strategik. In Yogyakarta: Andi.
Waluya, A. I., Iqbal, M. A., & Indradewa, R. (2019). How product quality, brand image, and customer satisfaction affect the purchase decisions of Indonesian automotive customers. International Journal of Services, Economics and Management, 10(2), 177–193. https://doi.org/10.1504/IJSEM.2019.100944
Wibowo, S. F., Sari, E. P., & Saidani, B. (2017). THE EFFECT OF TRUST AND BRAND IMAGE ON PURCHASE DECISION (TOYOTA CAR SURVEY IN JAKARTA REGION). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 8(2), 318–338. https://doi.org/10.21009/jrmsi.008.2.08
Widyastutir, S., & Said, M. (2017). Consumer consideration in purchase decision of SPECS sports shoes product through brand image, product design and price perception. International Journal of Supply Chain Management, 6(4), 199–207. ../1809.html
Wyer, R. S., Chiu, C. Y., & Hong, Y. Y. (2009). Understanding Culture: Theory, Research, and Application. Psychologic Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Safira Citra Fatina, Nurdin Hidayat, Basrah Saidani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.