Peran Electronic Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Minat Beli Minuman Bubble Tea
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap minat beli produk minuman chatime di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan menyebarkan data kuesioner kepada responden melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data regresi linier sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Jakarta dan pernah membeli produk minuman chatime. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan responden sebanyak 200 responden.
Kata kunci: EWOM, Citra Merek, Minat Beli
References
DAFTAR PUSTAKA
Abubakar Mohammed Abubakar, Mustafa Ilkan, P. S. (2016). Marketing Intelligence & Planning Article information : Marketing Intelligence & Planning, 34(5), 692–710.
Adriyanti, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Dipenogoro Journal Of Management, 6, 1–14.
Agatha, C., Tumbel, A., Soepeno, D., Sam, U., & Manado, R. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 131–140. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22291
Akbar, M. J. C., & Sunarti. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 60(No. 3), h. 45-51.
Alrwashdeh, M., Emeagwali, O. L., & Aljuhmani, H. Y. (2019). The effect of electronic word of mouth communication on purchase intention and brand image: An applicant smartphone brands in north Cyprus. Management Science Letters, 9(4), 505–518. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.1.011
Arif, M. E. (2019). of Mouth ( Ewom ), Brand Image , and Price on Re-Purchase Intention of Airline Customers. 2011(30), 345–356.
Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.06.008
david, saputra. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Smartphone Merek Apple Iphone Di Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fortunebusinessinsights.com. (2020). Bubble Tea Market Size, Share & Covid 19 Impact Analysis. https://www.fortunebusinessinsights.com/industry-reports/bubble-tea-market-101564
Grab.com. (2019). Demam Bubble Tea di GrabFood! https://www.grab.com/id/press/tech-product/demam-bubble-tea-di-grabfood/
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Jeong, H. J., & Koo, D. M. (2015). Combined effects of valence and attributes of e-WOM on consumer judgement for message and product The moderating effect of brand community type. Internet Research, 25(1), 2–29. https://doi.org/10.1108/IntR-09-2013-0199
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed). Pearson Education, Inc.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17525/16774
Sulthana, A. N., & Vasantha, S. (2019). Influence of electronic word of mouth eWOM on purchase intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 1–5.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Syifa Adzkia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.