Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Ponsel X

Studi Pada Mahasiswa Universitas di Jakarta

Authors

  • Ajeng Syifaulia Ramadhanti Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna
  • Nurdin Hidayat

Abstract

ABSTRACT

This study aims to gain knowledge and analyze the effect through the collection of empirical data and facts, valid, and reliable about the effect of product quality, brand image, and lifestyle on purchase decisions on iPhone users. The research method used is a questionnaire survey method with the population used is iPhone users. The sampling technique used is a purposive sampling technique of 200 respondents. The results indicates that product quality, brand image, and lifestyle partially have a positive and significant influence on purchasing decisions. The results also indicates that product quality, brand image, and lifestyle simultaneously have a positive and significant influence on purchasing decisions.

Keyword: Product Quality, Brand Image, Lifestyle, Purchase Decision.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan serta menganalisis pengaruh melalui pengumpulan data empiris dan fakta-fakta yang tepat, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang pengaruh kualitas produk, citra merek, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada pengguna iPhone studi dilakukan pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei kuisioner dengan populasi yang digunakan adalah pengguna iPhone. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling kepada 200 responden. Hasil pengujian menunjukkan kualitas produk, citra merek, dan gaya hidup secara parsial memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu ditemukan juga bahwa kualitas produk, citra merek, dan gaya hidup secara simultan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.

 

References

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12).

Apple Newsroom. (2021). Apple Reports First Quarter Results. Newsroom. https://www.apple.com/newsroom/2021/01/apple-reports-first-quarter-results/

Firmansyah, M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). DEEPUBLISH.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Qiara Media.

Handoko, T. H. (2000). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi (Ed.1_Cet.1). BPFE.

He, Y., Zou, D., & Jin, L. (2010). Exploiting the goldmine: A lifestyle analysis of affluent Chinese consumers. Journal of Consumer Marketing, 27(7), 615–628. https://doi.org/10.1108/07363761011086362

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Mill). PT. Prenhallindo.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan (Edisi 10.). Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Marketing: An Introduction (Third Edition). Prentice Hall.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2006). Priciples of Marketing 11th Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Dasar-dasar Pemasaran (Edisi Kese). PT. Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th edition). Pearson Education.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen Edisi 14, Jilid 1. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedu). Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran (Edisi ke 1). Erlangga.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga.

Lin, N.-H., & Lin, B.-S. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Managements Studies, 121–132.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Salemba Empat.

Martínez, E., & de Chernatony, L. (2004). The effect of brand extension strategies upon brand image. Journal of Consumer Marketing, Vol 21 No, 39–50.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Akuntansi Manajemen. Edisi Kelima. Jilid I. Erlangga.

Novak, T. P., & MacEvoy, B. (1990). On comparing alternative segmentation schemes: the list of values (LOV) and values of life style (VALS). Journal of Consumer Research, Vol. 17 No, 105–109.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2 Edisi 4. Terjemahan: Damos Sihombing. Erlangga.

Plummer, J. T. (1974). The concepts and application of life style segmentation. Journal of Marketing, Vol. 38 No, 33–37.

Rangkuti, F. (2009). The Power of Brand. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior 6th edition. Prentice Hall.

Setiawan, H. Y., & Alwie, A. F. (2019). Peran Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Loyalitas Merek Pada Pengguna Smartphone Merek Apple di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XI(2), 258–271.

Shiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer Behavior 7th Edition. PT. Indeks.

Stanton, J. W. (2007). Fundamentals of Marketing. Erlangga.

Sugihartati, R. (2010). Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2006). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Andi.

Wells, W. D. (1974). Life style and psychographics: definitions, uses, and problems, in Wells, W.D. (Ed). Life Style and Psychographics, American Marketing Association, Chicago, IL, 317–363.

Wilhemus, B. B. (2006). Manajemen Pemasaran Global Jilid 2. Prehalindo.

Published

2021-11-12

How to Cite

Ramadhanti, A. S., Ryna Parlyna, & Nurdin Hidayat. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Ponsel X : Studi Pada Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 577-591. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/253

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>