Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Dewi Amalia Probosini Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Nurdin Hidayat Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusuf Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, brand ambassador terhadap keputusan pembelian dan brand image sebagai variabel intervening pengguna Tokopedia pada masyarakat Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih enam bulan dari Februari 2021 hingga Juli 2021. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode survei, yang dimana mencari tahu sesuai dengan kriteria tertentu dan disebarkan melalui google form. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis SEM AMOS dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang dilibatkan adalah pengguna Tokopedia khusus pernah membeli di Tokopedia pada wilayah Jabodetabek sebanyak 200 responden. Hasil penelitian tersebut yaitu promosi, brand ambassador dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara persial, variabel promosi, brand ambassador dan brand image berpengaruh positif dan signifikan.

Kata kunci: Promosi, Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian, Tokopedia

References

Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178–189. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i2.2211

Ariatmaja, D., & Rastini, N. (2017). Peran Brand Image Memediasi Daya Tarik Promosi dan Kewajaran Harga terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(9), 250080.

Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 34. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23560.34-42

Hair, Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis. Annabel Ainscow.

Heriyanto, I. (2016). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101.

Lailliya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 113–126.

Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 381–390. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i3.72

Lestari, H., Sunarti, & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh brand ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei online pada konsumen Innisfree di Indonesia dan China). Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1), 67–78.

Maksum, A. R., Rois Arifin, & Hufron, M. (2018). Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Masyita, D. A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh brand ambassador dian sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L’OREAL PARIS (studi pada konsumen L’OREAL kota BANDUNG). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 3(1), 41. https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408

Meiliani, N., & Ferdinand, A. T. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi Pada Calon Konsumen Honda Beat Pop Di Dealer Nusantara Sakti Purwokerto). Diponegoro Journal Of Management, 5(1), 1–11.

N. Lontoh, M. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 515–525.

Prayogo, C. (2017). Mengenal 4 Startup Unicorn Asal Indonesia. https://www.wartaekonomi.co.id/read161870/mengenal-4-startup-unicorn-asal-indonesia

Sabrina, N., Azwar, A., & Sofa, N. (2018). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Selebriti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Iklan Wardah Versi Dewi Sandra (Studi Kasus Mahasiswi Uin Jakarta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis). Epigram, 14(2), 143–152. https://doi.org/10.32722/epi.v14i2.1092

Samad, A., & Wibowo, I. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3), 1–9.

Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebrianing, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 233–240. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.6

Setyawati, H. A., Kartinah, S., & Manajemen, P. S. (2017). Penerapan Green Marketing Melalui Desain Produk Dan Promosi Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Pro Bisnis, 10(2), 16–26.

Shyfa Mourizka Nadia, P. A. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS KPOP Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 7(2), 3616–3634.

Sunariani, N. N. (2017). Marketing Mix Dan Akreditasi Terhadap Keputusan Memilih Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 2(2), 368–377.

Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8764

Wang, F., & Hariandja, E. S. (2016). The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : A Case Of Tous Les Jours In The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : local or international brands in the market market in Indon. International Conference Od Enterpreneurship, March, 292–306.

Wijaya, F. A., & Sugiharto, S. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsementterhadap Purchase Intention Denganbrand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Pond’S). Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.16-22

Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence Dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce Di Ubm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155–168. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.46

Yusiana, R., & Maulida, R. (2016). Pengaruh Gita Gutawa sebagai brand ambassador pond’s dalam mempengaruhi keputusan pembelian (studi kasus pada mahasiswi Universitas Telkom jurusan D3 manajemen pemasaran). Ecodemica, III(1), 311–316.

Published

2021-11-09

How to Cite

Probosini, D. A., Nurdin Hidayat, & Muhammad Yusuf. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 445-458. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/268

Most read articles by the same author(s)