Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction dan Dampaknya Terhadap Customer Loyalty pada Restoran X

Authors

  • Agnes Nielasari Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengunjungi secara empiris pengaruh Service Quality terhadap Customer Satisfaction. (2) menguji secara empiris pengaruh Product Quality terhadap Customer Satisfaction. (3) menguji secara empiris Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengunjungi All In Street Food Galery. Pilot study dilakukan kepada 30 orang responden. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 dan SEM (Structural Equation Modeling) AMOS versi 22. Nilai fit model dengan probability level sebesar 0.057, nilai RMSEA sebesar 0.025, nilai CFI sebesar 0.985, nilai TLI sebesar 0.983, dan CMIN/DF sebesar 1.128. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction, (2) Product Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction, (3) Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty.

References

Adil, A., Syamsun, M., & Najib, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Biaya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien RSUD Kota Bogor. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 432–441. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.3.04

Ali, H. (2009). Marketing edisi baru. Media presindo.

Amelia, A. I., & J, O. I. W. (2016). nalisis Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Tarif Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. EMBA.

Anggraeni, D. P. (2016). PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan ). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 171–177.

Azka, A. (2020). rekomendasi tempat makan di kota bogor. tripcanvas.

Daga, R. (2019). Citra , Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Nomor May 2017).

Dewi, clara maria chandra. (2020). Tingkat Hunian Hotel di Kota Bogor Membaik Dibanding Awal Pandemi Covid-19. Tempo.co.

Dimyati, V. (2020). tempat wisata Bogor yang populer saat New Normal. iNews.id, 1.

Farooq, muhammad shoaib, Salam, M., Fayolle, A., Jaafar, N., & Ayupp, K. (2018). Impact of service quality on customer satisfaction in Malaysia airlines: A PLS-SEM approach. air transport management.

Khoironi, T. A., Syah, H., & Dongoran, P. (2018). Product Quality, Brand Image and Pricing to Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 8(3), 51–58.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Erlangga.

Limakrisna, N., & Ali, H. (2016). MODEL OF CUSTOMER SATISFACTION: EMPIRICAL STUDY AT FAST FOOD RESTAURANTS IN BANDUNG. International Journal of Business and Commerce.

Liu, W. K., Lee, Y. S., & Hung, L. M. (2017). The interrelationships among service quality, customer satisfaction, and customer loyalty: Examination of the fast-food industry. Journal of Foodservice Business Research, 20(2), 146–162. https://doi.org/10.1080/15378020.2016.1201644

Lovinka, M. (2018). Perkembangan Jumlah Wisatawan Di Kota Bogor. binus university.

Manuela, V., Revila-camaco, M. A., & Cossio Silva, J. F. (2015). The value co-creation process as a determinant of customer satisfaction. management decision.

Prabandari, ayu isti. (2021). Tempat Wisata di Bandung yang Menarik, Sajian Alam Sejuk dan Menawan. merdeka.com.

Raharjo, C. A., & Amboningtyas, D. (2017). the Effect of Service Quality, Price and Brand Image on Consumer Loyalty With Customer Satisfaction As Moderating on the Point" Barokah" Sikopek. Journal of Management, 3(3), 1–6.

Sari, N., & Siregar, A. P. (2019). Pengaruh Food Quality, Price, Service Quality dan Perceived Value terhadap Customer Loyality pada Restoran Aneka Rasa Jambi dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 4(2), 368. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i2.121

Shen, C., & Yahya, Y. (2021). The impact of service quality and price on passengers’ loyalty towards low-cost airlines: The Southeast Asia’s perspective. Journal of Air Transport Management, 91(October 2020), 101966. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2020.101966

Sun, M. (2011). Disclosing Multiple Product Atribute. ekonomi dan manajemen strategi.

Tjandra, O., Andriani, G. E., Kaihatu, T. stefanus, & Nugroho, A. (2016). Analisa Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Perantara Di Restoran Boncafe Surabaya. hospitality dan manajemen jasa.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran.

Tjiptono, F. (2014). pemasaran jasa - prinsip, penerapan dan penelitian. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). service, quality satisfaction. Andi.

Tjiptono, F., & Greforius, C. (2016). (Pemasaran Jasa - Prinsip, penerapan dan penelitian).

Trentin, Perin, & Forza, C. (2012). Product configurator impact on product quality. ekonomi produksi.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan ). 26(01), 105–122.

Uddin, M. B. (2019). Customer loyalty in the fast food restaurants of Bangladesh. British Food Journal, 121(11), 2791–2808. https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2019-0140

Utami, A. T., Ismanto, H., & Lestari, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 1(1), 83. https://doi.org/10.21070/jkmp.v1i1.429

West, W., & Harger. (2007). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. advertising and promotion.

Published

2022-01-01

How to Cite

Agnes Nielasari, Corry Yohana, & Nadya Fadillah Fidhyallah. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction dan Dampaknya Terhadap Customer Loyalty pada Restoran X . Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(3), 757-768. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/309

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>