Pengaruh Kreativitas dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menegtahui pengaruh kreativitas yang dirasakan terhadap intensi berwirausaha, (2) mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan yang dirasakan terhadap intensi berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sebanyak 200 orang. Analisis data menggunakan IBM SPSS 22. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kreatiivitas terhadap intensi berwirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan. (2) sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior.
Ajzen, I. I., Chen, L., Yang, X., Cruz, L. da, Suprapti, N. W. S., Yasa, N. N. K., Sulaeman, E. S., Murti, B., Setyawan, H., Rinawati, S., Ajzen, I. I., Coenders, M., Salehudin, I., Mukhlish, B. M., Uzaimi, A., Febriand Abdel, J., Armaidah, R., Machrus, H., Urip, P., … Mahyarni, M. (2011). Attitudes, Personality & Behavior. In Insan Media Psikologi (Vol. 4, Issue 2). http://journal.unair.ac.id/INSAN@table_of_content_8_volume12_nomor1.html
Alma Buchori. (2000). Kewirausahaan. Alfabeta.
Amir, T. (2017). Merancang Kuesioner Konsep dan Panduan untuk Penelitian Sikap, Kepribadian & Perilaku. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Merancang_Kuesioner/Pt62DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skala+likert+genap&pg=PA96&printsec=frontcover
Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Tautiva, J. A. D. (2021). Entrepreneurial intention: Creativity, entrepreneurship, and university support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.3390/joitmc7010011
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP). https://books.google.co.id/books?id=ltq0DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Arifah, N. N., & Rusdarti, W. S. (2020). Peran Sikap Berwirausaha Dalam Memediasi Intensi Berwirausaha Mahasiswa. 2(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.
Astamoen, I. H. M. P. (2008). Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Alfabeta.
Bell, E., Bryman, A., & Harley, B. (2019). Business Research Methods. Oxford University Press. https://books.google.co.id/books?id=J9J2DwAAQBAJ&pg=PA389&dq=purposive+sampling+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjykK7IvdnvAhVJAXIKHeevCngQ6AEwAXoECAQQAg#v=onepage&q=purposive sampling adalah&f=false
Daryanto. (2012). “menggeluti” Dunia Wirausaha (Rudy (ed.)). Gava Media.
Djulaeka, & Rahayu, D. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Hukum. Scopindo Media Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR/aIrUDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=data+primer+menurut+para+ahli&pg=PA82&printsec=frontcover
Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=A6fRDwAAQBAJ&pg=PA3&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false
Entrialgo, M., & Iglesias, V. (2020). Entrepreneurial Intentions among University Students: The Moderating Role of Creativity. European Management Review, 17(2), 529–542. https://doi.org/10.1111/emre.12386
Estiyani, D. N. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha.
Galanakis, K., & Giourka, P. (2017). Entrepreneurial path : decoupling the complexity of entrepreneurial process. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research. https://doi.org/10.1108/IJEBR-03-2016-0079
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardini, H. T., & Taufiq, M. (2021). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Attitudes as Predictors of Student Entrepreneurial Intention. 11(2), 290–296.
Hrubes, D., Ajzen, I., & Daigle, J. (2001). Predicting hunting intentions and behavior: An application of the theory of planned behavior. Leisure Sciences, 23(3), 165–178. https://doi.org/10.1080/014904001316896855
Jena, R. K. (2020). Measuring the impact of business management Student’s attitude towards entrepreneurship education on entrepreneurial intention: A case study. Computers in Human Behavior, 107(December 2018), 106275. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106275
Karyaningsih, D., & Ponco, R. (2017). Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 162–175. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.2.4
Kumar, R., & Shukla, S. (2019). Creativity, Proactive Personality and Entrepreneurial Intentions: Examining the Mediating Role of Entrepreneurial Self-efficacy. Global Business Review. https://doi.org/10.1177/0972150919844395
Liguori, E., Winkler, C., Vanevenhoven, J., Winkel, D., & James, M. (2019). Entrepreneurship as a career choice: intentions, attitudes, and outcome expectations. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 32(4), 311–331. https://doi.org/10.1080/08276331.2019.1600857
Margarita, M., Sánchez, C., Puente, A. P., & Alberto, L. (2021). Actitudes emprendedoras que inciden en el desarrollo empresarial de los estudiantes universitarios de Instituciones de Educación Superior ( IES ), en México ( Entrepreneurial Attitudes that Influence the Business Development of University Students of High. 18(35).
Mulyadi. (2011). Kewirausahaan Bertindak Kreatif dan Inovatif.
Nguyen, A. T., Do, T. H. H., Vu, T. B. T., Dang, K. A., & Nguyen, H. L. (2019). Factors affecting entrepreneurial intentions among youths in Vietnam. Children and Youth Services Review, 99(January), 186–193. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.01.039
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Luthfiah (ed.)). Penerbit Media Sahabat Cendikia. https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ&pg=PA92&dq=populasi+adalah+menurut+para+ahli&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi36czRutnvAhVbOysKHfW1A9EQ6AEwAXoECAYQAg#v=onepage&q=populasi adalah menurut para ahli&f=false
Nurikasari, F. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1, 1–10. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1394%0A
Oktaviana, V. D., & Umami, N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Pogalan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 537. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31489
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV. WADE GROUP bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press.
Riyanti, B. P. D. (2019). Kreativitas dan Inovasi di Tempat Kerja (N. P. A. Kasdin Sihotang (ed.)). Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=ByagDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020a). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=W2vXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Riyanto,+Slamet,+and+Aglis+Andhita+Hatmawan.+2020.+Metode+Riset+Penelitian++Kuantitatif:+Penelitian+Di+Bidang+Manajemen,+Teknik,+Pendidikan+Dan++Eksperimen.+Sleman:+Deepublish.&ot
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020b). Metode Riset Penelitian Kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Riset_Penelitian_Kuantitatif_Pene/W2vXDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skala+pengukuran+adalah&pg=PA23&printsec=frontcover
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020c). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Riset_Penelitian_Kuantitatif_Pene/W2vXDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview
Riyanto, W. H., & Mohyi, A. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.co.id/books?id=V0npDwAAQBAJ&pg=PA26&dq=pengertian+populasi&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjp4pXuzNnvAhWgxDgGHYpjBzwQ6AEwA3oECAUQAg#v=onepage&q=pengertian populasi&f=false
Ronda Marie, Shruti, S., Sardeshmukh, R., Gwendolyn, & Combs, M. (2016). Understanding Gender, Creativity, and Entrpreneurial Intention. Education + Training, 58(3).
Rosadi, R. A., & Waluyo, I. (2017). Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Tekanan Anggaran Waktu Dan Pengalaman Audit Terhadap Audit Judgment. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 124–135. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14337
Sancho, L., Paula, M., Martín-Navarro, Alicia, Ramos-Rodríguez, & Rafael, A. (2020). Will they end up doing what they like? the moderating role of the attitude towards entrepreneurship in the formation of entrepreneurial intentions. Studies in Higher Education, 45(2), 416–433. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1539959
Santoso, D. A., & Selamat, F. (2019). Pengaruh Dukungan Universitas Dan Sikap Proaktif Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Di Jakarta . I(3), 401–410.
Santy, N., Rahmawati, T., & Hamzah, A. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subjektif, Sikap Berperilaku Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 63. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.481
Simatupang, T. S. (2020). Iintensi Berwirausaha : Sebuah Konsep dan Studi Kasus di Era Revolusi (Kodri (ed.)). Penerbit adab. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RXQTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR13&dq=kreativitas+terhadap+intensi+berwirausaha&ots=CSjQxUN0ij&sig=lDblyiTWQMuZVldb2KGtYGr9ezw&redir_esc=y#v=onepage&q=kreativitas terhadap intensi berwirausaha&f=false
Sitepu, A. S. M. B. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PENULIS. Guepedia Publisher. https://books.google.co.id/books?id=aT-ZDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Sriyanto, & Alamidah, S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional , Kreativitas , Dan Sikap Proaktif terhadap Intensi Berwirausaha ( Studi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Program S1. 326–336.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, R., & Irfani, H. (2017). Pengaruh Relationship Marketing, Kepuasan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Sederhana Masakan Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 331–337. http://ippm.upiyptk.ac.id/ekobistek/index.php/EKOBISTEK/article/view/132/61%0A
Wiyono, & Budi, B. (2001). Statistik Pendidikan: Buku Bahan Ajar Mata Kuliah Statistik. FIP UM.
Yohanna, C., Dania, R. F. R., & Ishak. (2020). Analyzing the Generation Melinial Intersitas Entrepreneurship: Entrepreneurship Attitude is and Locus of Influential Control. Internastional Journal Of Innovations In Engineering Research and Locus of Influential Control, 7(6), 100.
Yohanna, L., Harsoyo, D., & Wijono, D. (2016). Intensi Berwirausaha Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kecerdasan Emosional. 8(1). www.harianterbit.com
Yohanna, L., Wijono, D., Inggris, P. B., & Bahasa, F. (2016). INTENSI BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL. 8(1), 35–36.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Meira Handayani, Corry Yohana, Basrah Saidani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.