Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness Terhadap Customer Satisfaction E-Wallet X

Authors

  • Hasti Oktafiani Univesitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Basrah Saidani Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara perceived ease of use terhadap customer satisfaction, (2) mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara perceived usefulness terhadap customer satisfaction. Populasi dalam  penelitian ini merupakan pengguna e-wallet Dana khusus yang menggunakan Dana dalam enam bulan terakhir dan berdomisili di DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 222 orang. Analisis data menggunakan IBM SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction (2) perceived usfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction.

Kata kunci: perceived ease of use, perceived usefulness, customer satisfaction

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet 2019-2020. https://apjii.or.id/survei2019x/download/sbqS6vXIkGwLoxtMQ31ezfr5dYaZAB

Cho, Y. C., & Sagynov, E. (2015). Exploring Factors That Affect Usefulness, Ease of Use, Trust, and Purchase Intention in the Online Environment. International Journal of Management & Information Systems (IJMIS), 19(1), 21–36.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Global Research and Consulting Institute.

Daryanto, & Ismanto, S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Cetakan I. Yogyakarta: Gava Media.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User acceptance of computer technology: A comparison of two theoretical models. Management Science, 35(8), 982–1003.

Dong, X., Chang, Y., Wang, Y., & Yan, J. (2017). Understanding Usage of Internet of Things (IOT) Systems in China: Cognitive Experience and Affect Experience as Moderator. Information Technology & People.

Humbani, M., & Wiese, M. (2019). An Integrated Framework For the Adoption and Continuance Intention to Use Mobile Payment Apps. International Journal of Bank Marketing.

iPrice.co.id. (2020). E-Wallet Lokal Masih Mendominasi Q2 2019-2020. https://iprice.co.id/trend/insights/top-e-wallet-di-indonesia-2020/

Jogiyanto, H. M. (2008). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing, fourth European edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Kusuma, A. P., & Syahputra, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Sikap Penggunaan E-Wallet di Kota Bandung. Journal Of Applied Business Administration, 4(2), 108–114.

Liputan6.com. (2019). 6 Aplikasi Dompet Digital, Tak Perlu Uang Tunai dan Kartu untuk Transaksi. https://www.liputan6.com/tekno/read/3889185/6-aplikasi-dompet-digital-tak-perlu-uang-tunai-dan-kartu-untuk-transaksi

Nugroho, J. (2021). Gopay User Satisfaction Analysis in Semarang City during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Administrasi Bisnis.

Purba, M., Samsir, S., & Arifin, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Niat Menggunakan Kembali Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 12(1), 151–170.

Rizan, M., Haro, A., & Rahmadhina, B. (2019). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction dengan Trust sebagai Intervening (Studi Kasus pada Pengguna Grab di Wilayah Jakarta). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 337–355.

Sandy, E., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Trust terhadap Minat Konsumen dalam Penggunaan Ulang Go-Pay di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 22–27.

Wang, Z., & Li, H. (2016). Factors Influencing Usage of Third Party Mobile Payment Services in China: An Empirical Study.

Published

2021-11-09

How to Cite

Hasti Oktafiani, Corry Yohana, & Basrah Saidani. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness Terhadap Customer Satisfaction E-Wallet X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 562-576. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/327

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>