Pengaruh Profitabilitas, Firm Age, dan Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Akbar Dwi Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Gatot Nazir Ahmad
  • Sholatia Dalimunthe

Keywords:

Profitabilitas, Firm Age, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan

Abstract

This study aims to determine the effect of profitability, firm age, and corporate governance on corporate social responsibility with firm size as a moderating variable. The independent variables in this study are profitability, firm age, and corporate governance, the dependent variable is corporate social responsibility, while the moderating variable is company size. The data used in this study is secondary data in the form of an annual report. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2015-to 2019. In this study, the sampling technique was determined using purposive sampling, namely selecting based on certain criteria as desired by the researcher. The number of samples used in this study was 82 companies with observations for 5 years so 323 objects of observation were selected. This study uses multiple linear regression analysis techniques and moderated regression analysis with the help of the Eviews10 program. This study indicates that profitability as proxied by return on assets, and corporate governance as proxied by the size of the board of directors have a significant effect on corporate social responsibility. While firm age and independent commissioners do not affect corporate social responsibility. Firm size can’t moderate the relationship between the influence of profitability, firm age, and corporate governance on corporate social responsibility as measured using the ln (log natural) of total asset.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, firm age, dan corporate governance terhadap corporate social responsibility dengan ukuran perusahaan sebagai veriabel moderasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, firm age, dan corporate governance, variabel dependennya yaitu corporate social responsibility, sedangkan variabel moderasinya adalah ukuran perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Dalam penelitian ini ditetapkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu memilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki oleh peneliti. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 82 perusahaan dengan pengamatan selama 5 tahun sehingga terpilih sebanyak 323 obyek pengamatan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan moderated regression analysis dengan bantuan program Eviews10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset, dan corporate governance yang diproksikan dengan ukuran dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Sedangkan firm age dan corporate governance yang diproksikan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan antara pengaruh profitabilitas, firm age, dan corporate governance terhadap corporate social responsibility yang diukur menggunakan total aset.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustin, D. (2018). Pengaruh likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan csr dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Journal of Management, 16(1), 1-20

Asiah, N. U. R. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Journal of Management, 2(1), 54-70.

Bramantya, A. C. (2015). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Taanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Soaial Resposibility). Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–17.

D’Amato, A., & Falivena, C. (2020). Corporate social responsibility and firm value: Do firm size and age matter? Empirical evidence from European listed companies. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(2), 909–924.

Erawati, T., Ayem, S., & Ayudiyati, P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Akuntansi, 3(1), 136–159.

Fallah, M. A., & Mojarrad, F. (2019). Corporate governance effects on corporate social responsibility disclosure: empirical evidence from heavy-pollution industries in Iran. Social Responsibility Journal, 15(2), 208–225.

Fibrianti, N. L. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi CSR Disclosure Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1, 1–24.

Gantino, R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2014. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 19–32.

Guci, N. F. (2017). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek. In Repository Institusi USU. Skripsi.

Herawati, H. (2015). Corporate Governance , Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Corporate social responsibility. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan, 2(2), 203–217, ISSN: 2339-1545.

Hutabarat, M., Maksum, A., Sadalia, I., & Zalukhu, R. S. (2017). The Influence of Corporate Governance and Profitability On Corporate Social Responsibility Disclosure Moderated By Firm Size In The Consumed Goods Industrial Companies On The Indonesia Stock Exchange. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, December 2012.

Khafid, M., Baroroh, N., & Firmansyah, M. (2018). The Role of Corporate Governance in Moderating the Influence of Company Growth and Size on Corporate Social Responsibility Disclosure. KnE Social Sciences, 3(10), 27

Krisna, A. D., & Suhardianto, N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(2), 119–127.

Kurniawan, K. A., & Yuniarta, G. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Profesi, 8(11), 6618.

Larasati, D. &, & Hadi, S. (2015). Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 15(40), 180.

Lestari, S. (2016). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi, 4(2), 1–24.

Li, Q., Luo, W., Wang, Y., & Wu, L. (2015). Firm performance, corporate ownership, and corporate social responsibility disclosure in China. Business Ethics, 22(2), 159–173.

Lucyanda, J., & Siagian, L. G. (2015). The Influence of Company Characteristics Toward Corporate Social Responsibility Disclosure. The International Conference on Business and Management, Viii, 601–619.

Majeed, S., Aziz, T., & Saleem, S. (2015). The Effect of Corporate Governance Elements on Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure: An Empirical Evidence from Listed Companies at KSE Pakistan. International Journal of Financial Studies, 3(4), 530–556.

Mizdareta, S. (2015). Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Indepeden Dan Latar Belakang Pendidikan Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(3), 1–20.

Munsaidah, S., Andini, R., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perusahaan terhadap Corporate Social Rerponsibility (CSR) pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014. Journal of Accounting, 2(2), 1–11.

Nanda, U. L., Afrizal, H., & Junaidi, H. (2016). Pengaruh Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 56–66.

Nissa, K., & Asrori. (2017). Pengaruh Kepatuhan Syariah, Investment Account Holder, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Pnegungkapan Islamic Social reporting. Jurnal Akuntansi, 1(1), 1–21.

Novitasari, D., & Bernawati, Y. (2020). The impact of good corporate governance on the disclosure of corporate social responsibility. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(12), 265–276.

Ortas, E., Gallego-Alvarez, I., & Álvarez Etxeberria, I. (2015). Financial Factors Influencing the Quality of Corporate Social Responsibility and Environmental Management Disclosure: A Quantile Regression Approach. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 22(6), 362–380. https://doi.org/10.1002/csr.1351

Panjaitan, M. J. (2015). Pengaruh Tanggungjawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Dan Moderating (Studi Empris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei). Jurnal TEKUN, VI(01), 54–81.

Pasaribu, R. B. F., Kowanda, D., & Kurniawan, D. (2015). Pengaruh Earning Management Dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhasap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Emitmen Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 97–121.

Pradana, F. A., & Suzan, L. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Proceeding of Management, 3(1), 339–347.

Qoyum, A., Mutmainah, L., Setyono, J., & Qizam, I. (2017). The Impact of Good Corporate Governance on the Corporate Social Responsibility Disclosure. Journal of Finance and Banking Review, 10(1), 131–159. http://journal.perbanas.id/index.php/jkp/article/view/192

Rahmawati, I. A., Rikumahu, B., & Dillak, V. J. (2017). Pengaruh dewan direksi, dewan komisaris, komite audit dan Corporate social responsibility Terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 2(2), 54–70.

Ramadhani, R., & Maresti, D. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan CSR. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 78.

Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(10), 1–18.

Ruroh, I. N., & Latifah, S. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Akademi Akuntansi, 15(2), 2017–2019.

Sánchez, R. G., Bolívar, M. P. R., & Hernández, A. M. L. (2017). Corporate and managerial characteristics as drivers of social responsibility disclosure by state-owned enterprises. Review of Managerial Science, 11(3), 633–659.

Saputra, S. E. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas Dan Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Economica, 5(1), 69–81.

Setiawan, D., Hapsari, R. T., & Wibawa, A. (2018). Dampak Karakteristik Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 1.

Sunaryo, B. A., & Mahfud, H. M. K. (2016). Pengaruh Size, Profitabilitas, Leverage Dan Umur Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di BEI Tahun 2010 – 2013). Diponegoro Journal of Management, 5(1), 1–14.

Swandari, F., & Sadikin, A. (2016). The Effect of Ownership Structure, Profitability, Leverage, and Firm Size on Corporate Social Responsibility (CSR). Binus Business Review, 7(3), 315.

Urmila, N. M. D., & Mertha, M. (2017). Tipe Perusahaan Memoderasi Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan Asing Pada Pengungkapan Csr Perusahaan Manufaktur Di Bei. E-Jurnal Akuntansi, 19(3), 2145–2174.

Widyastari, N. K. W., & Sari, M. M. R. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Proporsi Dewan Komisaris Independen, dan Kepemilikan Asing pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 22(3), 1826–1856.

Wulandari, A. A., Ramantha, I. W., & Wirakusuma, M. G. (2016). Dampak Moderasi Profitabilitas Terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7, 1889–1918.

Wulandari, S., & Zulhaimi, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 1477–1488.

Youn, H., Hua, N., & Lee, S. (2015). Does size matter? Corporate social responsibility and firm performance in the restaurant industry. International Journal of Hospitality Management, 51, 127–134.

Published

2022-06-10

How to Cite

Akbar Dwi Putra, Nazir Ahmad, G. ., & Dalimunthe, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Firm Age, dan Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 3(1), 270 - 283. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/421