Aspek yang Berpengaruh pada Keputusan Pembelian: Studi Kasus Ritel Pakaian di Jakarta

Authors

  • Cellina Meidy Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Product Quality, Brand Image, Buying Decisions, Purchase decisions, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of product quality and brand image on purchasing decisions for the Uniqlo fashion brand in Jakarta. This research is a quantitative research with survey method using side purposive technique as many as 200 respondents in Jakarta society. This study uses a multiple linear regression data analysis technique using SPSS 22 and the results obtained that product quality and brand image have a linearity value <0.05 which means that these variables have a linear relationship. In the t test, the result is that the value of tcount> ttable, it proves that there is a significant effect. In the Pearson correlation test, positive results were obtained which prove that there is a positive relationship between variables. The calculation of R square yields a value of 68.6% on product quality on purchasing decisions and 41,8% on brand image on purchasing decisions.

Keywords: Product Quality, Brand Image, Buying Decisions, Purchase decisions

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian brand fashion Uniqlo di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan teknik purposive samping sebanyak 200 responden pada masyarakat Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22 dan didapat hasil bahwa kualitas produk dan citra merek memiliki nilai linearitas<0,05 yang berrati bahwa varibel tersebut memiliki hubungan yang linear. Pada uji t didapat hasil bahwa nilai thitung>ttabel, hal tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan. Pada uji korelasi pearson didapat hasil yang positif yang membuktikan bahwa adanya hubungan yang positif antar variabel. Perhitungan R square menghasilkan nilai sebesar 68,6% pada kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan 41,8% pada citra merek terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

References

Arianty, N. (2016). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Ayuningsih, F., & Maftukhah, I. (2020). The Influence of Product Knowledge, Brand Image, and Brand Love on Purchase Decision through Word of Mouth. Management Analysis Journal, 9(4), 355–369.

Diza, F., Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pt. fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176–188.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1–20.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Hilaliyah, S. A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk yang di Moderasi oleh Suasana terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2).

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127.

Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165–174.

Jenama, P., Kesetiaan Jenama, A., Pengantara, K., Jenama, K., Empirikal, K., Hashed, ), Mabkhot, A., Shaari, H., & Salleh, S. M. (2017). The Influence of Brand Image and Brand Personality on Brand Loyalty, Mediating by Brand Trust: An Empirical Study. Jurnal Pengurusan, 50(0), 71–82.

Khotib, M. (2019). The Influence Of Reference Group, Brand Image And Internet Marketing On Buying Decision. Journal of World Conference (JWC), 1(1), 134–141.

Lubis, A. A. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Madyan, I. S., & Tiarawati, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 98–105.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 7(1), 43–53.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Pertiwi, M. I., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 188–195.

Purwanto, U. Y., & Suharyono, S. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Konsumen Malang Strudel di Outlet Singosari, Kab. Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 1–5.

Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 124–131.

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 457–478.

Ruslim, A. C., & Tumewu, F. J. (2015). The Influence of Advertisement, Perceived Price, and Brand Image on Consumer Buying decision to Asus Mobile Phone. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291–297.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1).

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.

Waluya, A. I., Iqbal, M. A., & Indradewa, R. (2019). How product quality, brand image, and customer satisfaction affect the purchase decisions of Indonesian automotive customers. International Journal of Services, Economics and Management, 10(2), 177–193.

Wibowo, I., & Samad, A. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3).

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.

Published

2022-01-11

How to Cite

Meidy, C., Parlyna, R., & Fadillah Fidhyallah, N. (2022). Aspek yang Berpengaruh pada Keputusan Pembelian: Studi Kasus Ritel Pakaian di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(3), 815-825. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/445

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>