Pengaruh Knowledge, Emphaty, Responsiveness, dan Assurance pada Willingness to Pay Produk Susu Cair Tinggi Kalsium

Authors

  • Vernanda Armiyati Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Nofi Dewi Mustofah Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Amalia Probosini Universitas Negeri Jakarta
  • Teguh Hermawan Universitas Negeri Jakarta
  • Usep Suhud Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Willingness To Pay, Knowledge,, Empathy, Responsiveness, Assurance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to pay pada susu tinggi kalsium. Ada lima variabel yang digunakan untuk mengukur, termasuk willingness to pay, knowledge, empathy, responsiveness, dan assurance. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di bulan April-Mei 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan responden dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 250 yang terdiri dari 104  orang laki-laki dan 146 orang perempuan. Data diolah dengan menggunakan exploratory factor analysis dan structural equation model. Hasilnya, knowledge tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap willingness to pay, empathy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap willingness to pay, responsiveness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap willingness to pay. Sedangkan variabel assurance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap willingness to pay.

References

Chandarana, H. M. (2008). Performance Evaluation of Life Insurance Corporation of India. Saurashtra University.

Demir, A., & Eray, O. (2015). Effect of Non-Technical Dimensions of Service Quality on “Satisfaction”,“Loyalty”, and “Willingness to Pay More” of the Customers: The Case Of Georgian Internet Service Providing Companies. Journal of Research in Business, Economics and Management, 5(1), 500–508.

Farid, M., & Sukesi, H. (2011). Pengembangan Susu Segar dalam Negeri untuk Pemenuhan Kebutuhan Susu Nasional. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 5(2), 196–221.

Fathi, E., Zailani, S., Iranmanesh, M., & Kanapathy, K. (2016). Drivers of consumers’ willingness to pay for halal logistics. British Food Journal.

Fikawati, S., Syafiq, A., & Puspasari, P. (2005). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Asupan Kalsium pada Remaja di Kota Bandung. Universa Medicina, 24(1), 24–34.

Frederick, S. (2012). Overestimating Others’ Willingness to Pay. Journal of Consumer Research, 39(1), 1–21.

Hardinsyah, H., Damayanthi, E., & Zulianti, W. (2008). Hubungan Konsumsi Susu dan Kalsium dengan Densitas Tulang dan Tinggi Badan Remaja. Jurnal Gizi Dan Pangan, 3(1), 43–48.

Jayanti, N. D., Purwanti, S., & Si, M. (2017). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles) di Legend Premium Coffee Yogyakarta. E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA-S1, 6(1).

Jelen, G. F., & Williams, J. R. (1998). A Practical Approach to Measuring Assurance. Proceedings 14th Annual Computer Security Applications Conference (Cat. No. 98EX217), 333–343.

Kankam-Kwarteng, C., Acheampong, S., & Amoateng, F. (2016). Service Quality and Customers’ Willingness to Pay for Vehicle Repairs and Maintenance Services. Journal of Scientific Research and Reports, 1–11.

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, 57(1), 1–22.

Li, X. E., Lopetcharat, K., & Drake, M. (2014). Extrinsic Attributes that Influence Parents’ Purchase of Chocolate Milk for Their Children. Journal of Food Science, 79(7), S1407–S1415.

Liu, Z., Wang, S., Chen, W., & Zheng, Y. (2016). Willingness to Board: A Novel Concept for Modeling Queuing Up Passengers. Transportation Research Part B: Methodological, 90, 70–82. https://doi.org/10.1016/j.trb.2016.04.005

Nandiwardhana, D., & Hadi, M. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) & Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Pembelian Susu Cair dalam Kemasan Siap Minum Merek Ultra Milk pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga di Politeknik Negeri Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 512–518.

Owusu-Sekyere, E., Owusu, V., & Jordaan, H. (2014). Consumer Preferences And Willingness to Pay for Beef Food Safety Assurance Labels in the Kumasi Metropolis and Sunyani Municipality of Ghana. Food Control, 46, 152–159.

Pertiwi, L. T. (n.d.). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Susu Ultra Milk di Pasar Modern Kota Surakarta. Jurnal Agrista, 5(3).

Sarwono, J. (2011). Mengenal Path Analysis: Sejarah, Pengertian dan Aplikasi. Ilmiah Manajemen Bisnis.

Suryani, A. S. (2017). Persepsi Masyarakat dan Analisis Willingness to Pay terhadap Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Studi di Jakarta dan Bandung. Kajian, 21(4), 359–376.

Tempesta, T., & Vecchiato, D. (2013). An Analysis of the Territorial Factors Affecting Milk Purchase in Italy. Food Quality and Preference, 27(1), 35–43.

Xue, H., Mainville, D. Y., You, W., & Nayga Jr, R. M. (2009). Nutrition Knowledge, Sensory Characteristics and Consumers’ Willingness to Pay for Pasture-Fed Beef.

Xue, H., Mainville, D., You, W., & Nayga Jr, R. M. (2010). Consumer Preferences and Willingness to Pay for Grass-Fed Beef: Empirical Evidence from In-Store Experiments. Food Quality and Preference, 21(7), 857–866.

Published

2020-06-03

How to Cite

Putri, V. A., Nofi Dewi Mustofah, Dewi Amalia Probosini, Teguh Hermawan, & Usep Suhud. (2020). Pengaruh Knowledge, Emphaty, Responsiveness, dan Assurance pada Willingness to Pay Produk Susu Cair Tinggi Kalsium. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 1(1), 126-142. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/50

Most read articles by the same author(s)