Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention serta Dampaknya pada Purchase Decision: Studi pada Pengguna Layanan Online Food Delivery di Jakarta

Authors

  • Fikka Diaz Azzahra State University of Jakarta
  • Suherman
  • Mohamad Rizan

Keywords:

Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention, Purchase Decision, Online Food Delivery, Shopee Food

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap purchase intention,  2) untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase intention, 3) untuk mengetahui pengaruh purchase intention terhadap purchase decision, 4) untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap decision, 5) untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase decision, 6) untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap purchase decision melalui purchase intention sebagai variabel intervening, 7) untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase decision melalui purchase intention sebagai variabel intervening pada pengguna layanan online food delivery di Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan instrumen berupa kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 200 responden pengguna layanan Shopee food yang berdomisili di Jakarta yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dan mengetahui akun sosial media shopee food. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 dan SEM (Structural Equation Model) dari software LISREL versi 8.8. untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan semua hipotesis memiliki pengaruh positif signifikan

Kata Kunci : Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention, Purchase Decision, Online Food Delivery, Shopee Food

References

Ahmed, M. A., & Zahid, Z. (2020). Role of social media marketing to enhance CRM and brand equity in terms of purchase intention. Asian Journal of Management Research, 4(3), 533-549

https://doi.org/10.1016/jushor.2020.01007

Alhadid, A. Y., & As’ad, H. A.-R. (2013). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Review of Integrative Business and Economics Research, 3(1), 316-321

https://doi.org/21.13209/njwl.nm8521

Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administration Insights, 2(2), 5–10.

https://doi.org/10.31580/jpvai.v2i2.896

Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156.

https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916

Arista, a E. D., & Astuti, S. R. T. (2011). Analisis pengaruh Iklan, Kepercayaa merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 37–45.

Ferdinad. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. (2014). Multivariate Data Analysis. 6th Edition, New Jersey: Pearson Education Inc.

Hasan, M., & Sohail, M. S. (2020). The Influence of Social Media Marketing on Consumers’ Purchase Decision: Investigating the Effects of Local and Nonlocal Brands. Journal of International Consumer Marketing, 33(2), 1–18.

https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1795043

Indah, K., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen PT Nusantara Sakti Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 113–122.

https://doi.org/10.1016/jushor.2018.11087

iPrice. (2021, February 9). Peta E-Commerce Indonesia. Iprice Insight. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kim, A. J., & Ko, E. (2010). Impacts of luxury fashion brand’s social media marketing on customer relationship and purchase intention. Journal of Global Fashion Marketing, 1(3), 164–171.

https://doi.org/10.1080/20932685.2010.10593068

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education, Inc.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25-34

https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571

Kusumowati, V. (2016). Pengaruh brand awareness, brand image, dan minat beli terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Bisnis Manajemen, 1(3), 11-24

https://doi.org/10.9744/bimage.2016.1.47

Laudon, K. C. dan J. P. L. (2007). Sistem Informasi Manajemen (10th ed.). Salemba Empat.

Malhotra, N. . (2010). Marketing Research An Applied Orientation. Pearson Education Inc.

Nielsen. (2019). Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market.

https://arquetlc.com/liters-lypp/understanding-indonesia%27s-online-food-delivery-market-nielsen-pdf-f40251

Prihartini, E., & Fauzi, H. (2020). Pengaruh Social Media Marketing , Brand Awareness dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung (Studi pada mahasiswa Universitas Majalengka ). Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis. 3(2), 138–147.

http://jurnal.unma.ac.id/index.php/Mr/article/view/2454

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen (Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip, Ed.). Jakarta: Indeks.

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness , Purchase. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52.

https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47

Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594-608

https.//doi.org/10.1651/j.performa.2527.46

Sukmono, S., & Awaludin, M. N. (2020). The Effect of Social Media Marketing and Brand Awareness on Purchase Decision with Viral Marketing as Intervening variabels o Janji Jiwa Coffee Consumers among students using Social Media area Jabodeta. Journal of MAnagement and Business Review (AMBR), 5(1), 54-68

https://doi.org/10.47312/ambr.v5i01.303

Tjiptono, Fandy (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.

Trends, G. (2021). Grafik Perkembangan Shopee Food Di Jakarta.

https://trends.google.co.id/trends/explore?cat=71&date=2021-01-20 2021-05-

&geo=ID&q=shopee food,go food,grab food

Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 192-211

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14

We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights.

https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Widyastuti, E., & Ahmad. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Online Customer Review dan Religius terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai Variabel Intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 23-38

https://doi.org/https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.134

Yuliana. (2016). Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 36–52.

https://doi.org/https://doi.org/10.9744/jak.2.1.pp.36-52

Zhang, K. Z. K., Zhao, S. J., Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2014). Examining the influence of online reviews on consumers’ decision-making: A heuristic– systematic model. Journal Management and Business Review, 67(11), 78–89.

https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dss.2014.08.005

Published

2022-02-01

How to Cite

Azzahra, F. D., Suherman, & Rizan, M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention serta Dampaknya pada Purchase Decision: Studi pada Pengguna Layanan Online Food Delivery di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(3), 874-890. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/523

Most read articles by the same author(s)