Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Marketplace di Bekasi

Authors

  • Nanda Syahtidar
  • Suherman
  • M. Edo Siregar

Keywords:

Citra Merek, Harga, Word of Mouth, Iklan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, word of mouth, dan iklan terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan purposive sampling secara skala likert. Objek penelitian ini adalah 200 responden yang merupakan pengguna Shopee di Bekasi. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 24 dan SEM (Structural Equation Modelling) AMOS versi 24 untuk analisis data. Nilai fitted model dengan probability level sebesar 0,525, nilai CMIN/DF sebesar 0,988, nilai GFI sebesar 0,928, nilai AGFI sebesar 0,907, nilai RMSEA sebesar 0,000, nilai TLI sebesar 1,001, dan nilai CFI sebesar 1.000. Hasil hipotesis menunjukkan: (1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. keputusan pembelian, (4) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Arnanto, H. (2017). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–14.

Ahmad, M., M Tumbel, T., & A F Kalangi, J. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 25–31.

Aries, M., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Makeup Artist yang Membeli dan Menggunakan Produk Kryolan di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 36–44.

Brata, B., Shilvana, H., & Hapzi, A. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(5), 584–590. https://doi.org/10.21276/sjbms

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/978111 9409137.ch4

Hidayati, T. A., Suharyono, & Fanani, D. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 1–116.

Ifur, A., & Budhi, S. (2009). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 15.

Iqbal, M. (2021). Bukan Shopee, Ini Juara Marketplace RI di Kuartal I/2021. Diambil dari cnbcindonesia.com, website: https://www.cnbcindonesia.com /tech/20210421232912-37-239796/bukan-shopee-ini-juara-marketplace-ri-di-kuartal-i-2021

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing 17th Global Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th, Global Edition. Pearson Education Limited.

Lay, R. G. (2019). Harga, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Produk U-Tech. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4(4), 530-537.

Malhotra, N., Nunan, D., & Birks, D. (2017). Marketing Research. Harlow: Pearson Prentice Hall.

Malunsenge, S., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2017). Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Astra International Daihatsu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 5(6), 103–111.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada Pt. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 149–200. https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9

Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 87–97. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net /AMM.496-500.1510

Nuprilianti, N. P., & Khuzaini. (2016). Pengaruh Personal Selling, Brand Image, Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Mobil. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–18.

Pratama, A. M (2021). Pengguna Internet Indonesia Hingga Kuartal II 2020 Capai 1967 Juta Orang. Diambil dari money.kompas.com, website: https://money.kompas.c om/read/2020/11/09/213534626/pengguna-internet-indonesia-hingga-kuartal-ii-2020-capai-1967-juta-orang

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gava Media.

Powa, G. A., Lapian, J., & Wenas, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1188–1197. https://doi.org/10.35794/emba. v6i3.20082

Puspita, R. C., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Iklan, Harga, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 418–425.

Ramli, Y. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Terhadap Kinerja Bisnis Industri Pupuk Organik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 211–222.

Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1026–1037.

Riyadi, H (2019). Apa itu Shopee dan Keunggulan Apa Saja yang Dimiliki oleh Shopee. Diambil dari nesabamedia.com, website: https://www.nesabamedia .com/apa-itu-shopee/

Saidani, B., & Ramadhan, D. R. (2013). Jurnal riset manajemen sains Indonesia. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 53–73. http://journal.unj.ac.id/unj /index.php/jrmsi/article/view/778

Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Harga Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php /jirm/article/view/746/756

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.35212/277621

Solihin, D., Ahyani, & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables (Study on Samsung Experience Store Karawaci Customers). International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262–270.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 13(2), 140–146.

Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek. Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(21), 113–123.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 44–48.

Vilda, G. W., Hufron, M., & Hatneny, A. I. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Daya Tarik Wisata, dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Riset Manajemen, 184–202.

Yanti, M. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, IX(IV), 582–589.

Yunita, A., & Haryanto, J. O. (2012). Pengaruh Word of Mouth, Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen. Journal of Technology Management, 11(1), 75–95.

Published

2022-04-21

How to Cite

Syahtidar, N., Suherman, & Siregar, M. E. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Marketplace di Bekasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 3(1), 44-59. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/585