Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta

Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta

Authors

  • Siti Ayu Fauziah Fauziah Usep Suhud , Ika Febrilia
  • Usep Suhud
  • Ika Febrilia

Keywords:

Daya Tarik Budaya, Citra Destinasi, Promosi Sosial Media, Kualitas Pelayanan Aksesibilitas Dan Ketertarikan Berkunjung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh factor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap ketertarikan berkunjung ke objek wisata di Yogyakarta. Objek penelitian menggunakan metode survey data statistik yang dimana merupakan tipikal penelitian kuantitatif, dengan instrument berupa kuesioner. Jumlah responden penelitian ini adalah 200 responden yang telah berkunjung ke Kota Yogyakarta. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 dan SEM dengan program AMOS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama menyatakan bahwa variable citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kertertarikan Berkunjung, hipotesis kedua menyatakan bahwa variable Daya Tarik Budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketertarikan Berkunjung hipotesis, ketiga menyatakan bahwa variable Promosi Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketertarikan Berkunjung, hipotesis keempat menyatakan bahwa variable Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketertarikan Berkunjung dan hipotesis kelima variable Aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ketertarikan Berkunjung.

References

Ahsanah U. & Artanti Y. (2015). The Role of Memorable Tourism Experiences in the Relation between City Image and Visitor Engagement Toward Re-Visit Intention to Yogyakarta City. Jurnal Manajemen Bisnis 12(1) 56–70. https://doi.org/10.18196/mabis.v12i1.9138

Ariesta D. Sukotjo E. & Suleman N. R. (2020). The Effect Of Attraction Accessibility And Facilities On Destination Images And It’s Impact On Revisit Intention In The Marine Tourism Of The Wakatobi Regency. International Journal of Scientific and Technology Research 9(3) 6605–6613. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19067.36644

Aulia A. & Yulianti A. (2017). Pengaruh city branding “a land of harmony” terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung ke puncak kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen Ekonomi & Akuntansi) 1,2 3(3) 70. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67

Berezina K. Cobanoglu C. Miller B. L. & Kwansa F. A. (2012). The impact of information security breach on hotel guest perception of service quality satisfaction revisit intentions and word-of-mouth. International Journal of Contemporary Hospitality Management Emerald Article 24(7) 991–1010. https://doi.org/10.1108/09596111211258883

Bimo G. & Putra S. (2015). Keputusan berkunjung (survei pada pengunjung taman rekreasi PT . Selecta Kota Batu Jawa Timur). 26(2) 1–8. file:///C:/Users/HP/AppData/Local/Temp/1063-4238-1-PB.pdf

Echols S. &. (1995). Kajian aksesibilitas pada restoran cimory on the valley. 5(1) 461–470.

Gaffar V. Tjahjono B. Abdullah T. & Sukmayadi V. (2021). Like Tag and Share : Bolstering Social Media Marketing to Improve Intention to Visit a Nature-based Tourism Destination. Tourism Review 3(2) 8–9.

Harahap S. A. & Rahmi D. H. (2020). Pengaruh kualitas daya tarik wisata budaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke Kotagede. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas 4(1) 9. https://doi.org/10.24843/jkh.2020.v04.i01.p02

Ibrahim B. & Aljarah A. (2021). Linking Social Media Marketing Activities to Revisit Intention through Brand Trust and Brand Loyalty on the Coffee Shop Facebook Pages : Exploring Sequential Mediation Mechanism. Sustainability(Switzer) 13(2) 22–77.

Iqbal M. S. Hassan M. U. & Habibah U. (2018). Impact of self-service technology ( SST ) service quality on customer loyalty and behavioral intention : The mediating role of customer satisfaction Impact of self-service technology ( SST ) service quality on customer loyalty and behavioral intention : T. Cogent Business & Management 50(1) 142. https://doi.org/10.1080/23311975.2018.1423770

Kalebos F. (2016). Faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata kepulauan Fatmawati. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen 4(3) 489–502.

Kanwel S. Lingqiang Z. Asif M. Hwang J. Hussain A. & Jameel A. (2019). The influence of destination image on tourist loyalty and intention to visit: Testing a multiple mediation approach. Sustainability(Switzer) 11(22). https://doi.org/10.3390/su11226401

Kotler. (2005). Ii B A B Pelayanan A Kualitas Kualitas Pengertian. In universitas medan area.

Kurniawan. (2014). Pengaruh Destination Image Travel Motivation Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Pantai Carita Pandeglang Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 1(2) 63–73.

Lehman H. & B. (2006). Merancang Buku Komik Budaya. Business. Commllnications 11thed,1996 7(1) 5–65.

Man A. Leong W. Yeh S. Hsiao Y. & Huan T. T. C. (2014). Nostalgia as travel motivation and its impact on tourists ’ loyalty. Journal of Business Research 2(16) 52–61. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.05.003

Oktaria E. R. (2018). Pengaruh Nation Branding “Pesona Indonesia” Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Nusantara (Survei Pada Pengikut Instagram @pesonaid_travel). Manajemen Bisnis Kompetensi 13(1) 13. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/MB/article/view/1613/1718

Ortegón-Cortázar L. & Royo-Vela M. (2017). Attraction factors of shopping centers: Effects of design and eco-natural environment on intention to visit. European Journal of Management and Business Economics 26(2) 199–219. https://doi.org/10.1108/EJMBE-07-2017-012

Parasuraman. (2005). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kota Banjar. Jurnal Ekonomi Bisnis & Entrepreneurship 5(1) 28–44. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/3

Pratt S. Sum W. Chan A. Pratt S. Sum W. & Chan A. (2020). Destination Image and Intention to Visit the Tokyo 2020 Olympics among Hong Kong Generation Y Destination Image and Intention to Visit the Tokyo 2020 Olympics among Hong Kong Generation Y. Journal of China Tourism Research 00(00) 1–19. https://doi.org/10.1080/19388160.2016.1246272

Raditya T. Suardana I. W. & A W. S. & P. (2020). Pengaruh promosi facebook twitter dan instagram terhadap keputusan wisatawan ke pantai Pandawa Bali. Jurnal IPTA 8(1) 143. https://doi.org/10.24843/ipta.2020.v08.i01.p17

Sari F. & Pangestuti E. (2018). Pengaruh electronic word of mouth (E-Wom) terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung (studi pada wisata coban rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 54(1) 189–196. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2231

Sazali W. dan. (2016). Analisis dampak citra destinasi pengalaman wisatawan dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung kembali pada wisata kebun teh kertowono kecamatan gucialit lumajang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gamalumajang 53(9) 1689–1699.

Sirimongkol T. (2021). The effects of restaurant service quality on revisit intention in pandemic conditions: an empirical study from Khonkaen Thailand. Journal of Foodservice Business Research 00(00) 1–19. https://doi.org/10.1080/15378020.2021.1941560

Suhud U. Jakarta U. N. & Wibowo S. F. (2014). Three Modified Models to Predict Intention of Indonesian Tourists to Revisit Three Modified Models to Predict Intention of Indonesian Tourists to Revisit Sydney. European Journal of Business and Managemen Economic 6 (February 2016) 186–188.

Sunaryo. (2013). Strategi pengembangan destinasi pariwisata budaya (studi kasus pada kawasan situs trowulan sebagai pariwisata budaya unggulan di kabupaten mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 26(1) 56–65.

Suprayoga G. B. (2015). Kajian Aksesibilitas Kawasan Perbatasan Darat Antarnegara Paloh – Sajingan ( Palsa ) [ The Accessibility Study. Accelerating the World’s Research 2(1) 5.

Unisma F. E. Khoiro O. F. Rachma N. Hufron M. & Manajemen P. (2014). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketting Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House and Resto Malang ). E – Jurnal Riset Manajemen 3(2) 147.

Wibowo S. F. (2016). The influence of destination image and tourist satisfaction toward revisit intention of Setu Babakan Betawi cultural village. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) 7(1) 136–156.

Wyckof. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Charly VHT Family Karaoke Cabang Garut). Jurnal Manajemen Maranatha 14(2) 115003.

Published

2022-04-25

How to Cite

Fauziah, S. A. F., Suhud, U., & Febrilia, I. (2022). Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta: Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 3(1), 114-127. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/639

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>