Pengaruh Pemasaran pada Media Sosial dan Ulasan Pelanggan Online Terhadap Niat Beli Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan: Studi Pada Pengikut Media Sosial Produk Kosmetik di Wilayah Jakarta

Authors

  • Vannisa Fahrani Vannisa Universitas Negeri Jakarta
  • Osly Usman
  • Shandy Aditya

Keywords:

Social Media Marketing, Online Customer Review, Customer Trust, Purchase Intention

Abstract

The purpose of this research is to investigate the effect of social media marketing on customer
trust, online customer review on customer trust, social media marketing on purchase intention,
online customer review on purchase intention and customer trust on purchase intention of
Scarlett Whitening's social media followers in the Jakarta area. The research data was
collected by distributing questionnaires to Scarlett Whitening's social media followers and the
sample of this study was 245 respondents. Researchers used Lisrel version 8.8 as a SEM
application to process and analyze research data. The results of the study show a positive and
significant influence between Social Media Marketing on Customer Trust, Online Customer
Reviews have a significant effect on Customer Trust, Social Media Marketing has a significant
effect on Purchase Intention, Online Customer Reviews have a significant influence on
Purchase Intention, and Customer Trust has a significant effect on Purchase Intention to
Scarlett Whitening online store.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh social media marketing terhadap
customer trust, online customer review terhadap customer trust, social media marketing
terhadap purchase intention, online customer review terhadap purchase intention serta
customer trust terhadap purchase intention pada pengikut sosial media Scarlett Whitening di
wilayah Jakarta. Data penelitian dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner kepada pengikut
sosial media Scarlett Whitening dan sampel penelitian ini ialah sebanyak 245 responden.
Peneliti menggunakan Lisrel versi 8.8 sebagai aplikasi SEM untuk mengolah dan menganalisis
data penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara
Social Media Marketing terhadap Customer Trust, Online Customer Review berpengaruh
signifikan terhadap Customer Trust, Social Media Marketing berpengaruh signifikan pada
Purchase Intention, Online Review Customer memiliki pengaruh signifikan pada Purchase
Intention, serta Customer Trust berpengaruh signifikan pada Purchase Intention terhadap toko
online Scarlett Whitening.

References

Afrianto, A. P., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih

Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal

Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 10-29.

Ambarwati et al. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Bonding dan

Purchase to Intention. Cakrawala, 18(2), 235–242. doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online costumer reviews (OTRs) dan

rating: Kekuatan baru pada pemasaran online di Indonesia. Ebbank, 8(1), 89-98.

Chen, S. C., & Lin, C. P. (2019). Understanding the effect of social media marketing activities:

The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction. Technological

Forecasting and Social Change, 140, 22-32.

Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh online customer review and rating, e-service quality dan

price terhadap minat beli pada online marketplace shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa

Universitas Muhammadyah Magelang). UMMagelang Conference Series (pp. 684-693).

Elwalda, A., Lü, K., & Ali, M. (2016). Perceived derived attributes of online customer reviews.

Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.051

Felix, R., Rauschnabel, P. A., & Hinsch, C. (2017). Elements of strategic social media

marketing: A holistic framework. Journal of Business Research, 70, 118-126.

Fuadiah, A. N., & Asteria, B. (2021). Analisis Penentu Niat Beli Online Slashfootwear. Kajian

Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 29(2), 71-80.

Helianthusonfri, J. (2018). Tools for Social Media Marketing. Elex Media Komputindo.

Kanitra, J. J., Hardaway, J. C., Soleimani, T., Koehler, T. J., McLeod, M. K., & Kavuturu, S.

(2018). Adrenocortical oncocytic neoplasm: A systematic review. Surgery (United

States). https://doi.org/10.1016/j.surg.2018.04.044

Khotimah, K., Pasolo, F., & Wati, F. R. (2018). Kualitas Layanan Dan Pengalaman Pelanggan

Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Food Point Mall Jayapura. Future: Jurnal Manajemen

dan Akuntansi, 5(2), 210-213.

Ling et al. (2020). Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Pengaruh Sosial Media Marketing

terhadap Loyalitas Konsumen E- Commerce melalui Brand Image dan Relationship

Marketing Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 16 Nomor 1. 16, 125–140.

Mahendra, K. P. (2019). Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan CV

Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1).

Mahendrayasa, A. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya

Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM IM3

Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1).

Manzoor, U., Baig, S. A., Hashim, M., & Sami, A. (2020). Impact of Social Media Marketing

on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International

Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41-48.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh online customer review terhadap purchase

intention dengan trust sebagai intervening pada toko online Bukalapak di Kota Padang.

Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 173-194.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia)(Cet. 2). Jakarta:

Prenadamedia Group.

Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan

Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online

di Kota Denpasar) (Doctoral dissertation, Udayana University).

Panggalih, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna

Shoppe Secara Online Pada Anggota Pemuda Gmim Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA:

Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2028–2037.

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20932

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap niat pembelian gadget di

shopee indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31-40.

Rohmatulloh, C., & Sari, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli

Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee. eProceedings of

Management, 8(3).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2010). Research Methods for Business: A Skill Building Approach.

John Wiley & Sons.

Yasmin. (2015). Customer review or influencer endorsement: which one influences purchase

intention more? Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543

Published

2022-05-20

How to Cite

Vannisa, V. F., Usman, O., & Aditya, S. (2022). Pengaruh Pemasaran pada Media Sosial dan Ulasan Pelanggan Online Terhadap Niat Beli Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan: Studi Pada Pengikut Media Sosial Produk Kosmetik di Wilayah Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 3(1), 198 - 214. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/640