Revisit Intention Pelanggan Coffee Shop Lokal: Bagaimana Peran Life Style dan Service Quality?

Authors

  • Nita Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Husnun Azizah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Firdha Azzahra Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Lilis Srirejeki Aruan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Service quality, facility, hospitality, life style, revisit intention, coffe shop lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi revisit intention pada coffee shop lokal. Ada empat variabel yang digunakan untuk mengukur, termasuk service quality, facility, hospitality dan life style. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta pada bulan April-Mei 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 250 yang terdiri dari 89 orang laki-laki dan 161 orang perempuan. Data diolah dengan menggunakan exploratory factor analysis dan structural equation model. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel hospitality dan facility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention. Sedangkan variabel service quality dan life syle tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention.

References

Alegre, J., & Cladera, M. (2009). Analysing the effect of satisfaction and previous visits on tourist intentions to return. European Journal of Marketing.

Ali, F., & Omar, R. (2014). Determinants of customer experience and resulting satisfaction and revisit intentions: PLS-SEM approach towards Malaysian resort hotels. Asia-Pacific Journal of Innovation in Hospitality and Tourism (APJIHT), 3(2), 1–19.

Amaly, N. F., Praptono, B., & Iqbal, M. (2015). Analisis Kelayakan Pembukaan Cabang Coffee Shop Kedai Sabi Di Tamansari, Kota Bandung Ditinjau Dari Aspek Pasar, Aspek Teknis, Dan Aspek Finansial. EProceedings of Engineering, 2(2).

Endah, R. (2008). Analisis kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Gumulya, D., & Helmi, I. S. (2017). Kajian Budaya Minum Kopi Indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 13(2), 153–172.

Hariani, D., Rahmanita, M., & Ingkadijaya, R. (2017). The influence of availability of Muslim friendly facilities towards Indonesian Muslim tourist revisit intention to Japan. TRJ (Tourism Research Journal), 1(1), 133–143.

Hermawan, H. (2016). Pengantar Manajemen Hospitality.

Hosang, N. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado). EFISIENSI, 16(1).

Kim, T. T., Kim, W. G., & Kim, H.-B. (2009). The effects of perceived justice on recovery satisfaction, trust, word-of-mouth, and revisit intention in upscale hotels. Tourism Management, 30(1), 51–62.

Kotler, P. (1992). Marketing’s new paradigms: What’s really happening out there. Planning Review.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Principles of Marketing (16th Global Edition). Harlow: Pearson.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di i Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4).

Lee, J.-H., Han, S.-Y., Choe, Y., & Sim, K.-W. (2016). Influence of visitors’ satisfaction for park facilities on revisiting intentions: The case of mountainous national parks in Korea. 한국산림휴양학회지, 20(2), 115–126.

Leopoldo, Patricia, K., & Ethel, P. (2018). Link Between Customer Loyalty and Customer Service in Tourist Hotels. Revista ESPACIOS, 39, 8–9.

Loi, L. T. I., So, A. S. I., Lo, I. S., & Fong, L. H. N. (2017). Does the quality of tourist shuttles influence revisit intention through destination image and satisfaction? The case of Macao. Journal of Hospitality and Tourism Management, 32, 115–123.

Luo, S. J., & Hsieh, L. Y. (2013). Reconstructing revisit intention scale in tourism. Journal of Applied Sciences, 13(18), 3638–3648.

Mattila, A. S. (2001). Emotional bonding and restaurant loyalty. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 42(6), 73–79.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).

Najah, A. S. (2015). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Minat Kunjungan Ulang. Sumber, 238, 2016.

Ndun, L. A. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Layanan Internet Indihome. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1).

Nouwen, H. J. M. (1998). Reaching out: A Special edition of the spiritual classic including Beyond the Mirror. Zondervan.

Nuraeni, B. S., Ferdinand, A. T., & Sufian, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Diponegoro University.

Nurikhsan, F., Indrianie, W. S., & Safitri, D. (2019). Fenomena Coffee Shop di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika, 9(2), 137–144.

Oktariani, E., & Chan, S. (2019). Pengaruh Service Quality dan Word of Mouth Terhadap Revisit Intention yang Dimediasi Oleh Destination Image Pada Wisata Pantan Terong Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(3), 391–408.

Prayogo, R. R., & Kusumawardhani, A. (2017). Examining relationships of destination image, service quality, e-WOM, and revisit intention to Sabang Island, Indonesia. APMBA (Asia Pacific Management and Business Application), 5(2), 89–102.

Ranitaswari, P. A., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (Studi Kasus Di Geo Coffee). Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 147–157.

Rong-Da Liang, A., Chen, S.-C., Tung, W., & Hu, C.-C. (2013). The influence of food expenditure on tourist response to festival tourism: Expenditure perspective. International Journal of Hospitality & Tourism Administration, 14(4), 377–397.

Rye. (2010). Effects of beauty salon customer’s lifestyle and service attributes upon customer satisfaction and revisit. Kyungsung University Doctorate Thesis, 87.

Soekresno, M. F. (2000). Beverages Service Hotel: Buku Panduan. Jakarta.

Soetjipto, B. W. (1997). Service Quality. Manajemen Usahawan-Lembaga Management FE UI. Jakarta.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sulistiyono, N. Y. (2013). Gambaran Asupan Zat Gizi dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Supitchayangkool, S. (2012). The differences between satisfied/dissatisfied tourists towards service quality and revisiting Pattaya, Thailand. International Journal of Business and Management, 7(6), 30.

Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran (Ketiga). Yogyakarta:Andi.

Wijaya, G. P. (2015). Gaya Hidup Remaja Pengguna Gadget di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130.

Yan, X., Wang, J., & Chau, M. (2015). Customer revisit intention to restaurants: Evidence from online reviews. Information Systems Frontiers, 17(3), 645–657.

Yaurwarin, M. Y. (2018). Perancangan Fasilitas Pelatihan dan Pertunjukan Kesenian Tradisional Di Kabupaten Maluku Tenggara. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

Published

2020-12-20

How to Cite

Nita, Husnun Azizah, Firdha Azzahra, & Lilis Srirejeki Aruan. (2020). Revisit Intention Pelanggan Coffee Shop Lokal: Bagaimana Peran Life Style dan Service Quality?. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 1(2), 226-244. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/70