PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGELUARAN PUBLIK DAN KESETARAAN GENDER TERHADAP DIGITAL SKILLS DI OECD

Authors

  • Rizkyana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa adanya pengaruh  tingkat pendidikan, pengeluaran publik dan kesetaraan gender terhadap digital skills di negara OECD. Penelitian ini menggunakan  data panel negara OECD dalam kurung waktu tahun 2017 sampai 2018. Penelitian ini juga menggunakan teori pertumbuhan ekonomi endogen sebagai grand teorinya. Data yang digunakan telah melalui uji normalitas menggunakan metode regresi dan di olah menggunakan  Eviews 11. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap digital skills tenaga kerja dengan nilai probabilitas sebesar 0,0017 < (0,05), pengeluaran publik berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap digital skills
tenaga kerja dengan nilai probabilitas sebesar 0,1746 > (0,05) serta kesetaraan gender juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap digital skills tenaga kerja dengan nilai probabilitas sebesar 0,0001 < (0,05).

References

Arntz, Melanie. 2016. “The Risk of Automation for Jobs in OECD Countries.” (189): 1–34.

Azwar. 2016. “Peran Alokatif Pemerintah Melalui Pengadaan Barang/Jasa Dan

Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Indonesia* Allocative Role of Government

through Procurement of Goods/Services and Its Impact on Indonesian Economy.”

Kajian Ekonomi Keuangan 20(2). http://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal.

Becker, Gary S. 1975. Human Capiol: A Theoritical Apgoach and Eryirial AnalVsis

Witrspechl Refqwce to Educa’abn. New York: Columbia University Pres.

Berta Esteve-Volart. 2004. Gender Discrimination and Growth: Theory and Evidence from

India. http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF.

Boserup Ester. 2013. Woman’s Role in Economic Development.

Chen, Ang, and Paul W. Darst. 2002. “Individual and Situational Interest: The Role of

Gender and Skill.” Contemporary Educational Psychology 27(2): 250–69.

van Deursen, Alexander, and Jan van Dijk. 2011. “Internet Skills and the Digital Divide.”

New Media and Society 13(6): 893–911.* Corresponding Author.

ISSN

Rizkyana219@gmail.com Rizkyana

-2663 (online)

DOI: doi.org/10.21009/JPEPA.007.x.x

Eastin, Joshua, and Aseem Prakash. 2013. 65 World Politics Economic Development and

Gender Equality Is There a Gender Kuznets Curve?

Eynon, Rebecca. 2020. “Becoming Digitally Literate: Reinstating an Educational Lens to

Digital Skills Policies for Adults.” British Educational Research Journal.

International Labour Organization. 2018. “Issue Briefs No.8 Skills Policies and Systems

for a Future Workforce.” : 10. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---dgreports/---

cabinet/documents/publication/wcms_618170.pdf.

Jhingan, M.L. 2003. Ekonomi Pembangunan Dan Perekonomian. Jakarta: PT. Raya

Grafindo Persada.

Knowles, Stephen Lorgelly, Paula K. Owen, and P. Dorian. 2002. “Are Educational Gender

Gaps a Brake on Economic Development? Some Cross-Country Empirical Evidence.”

Oxford Economic Papers 54(1): 118–49.

Mankiw, Gregory N., David Romer, and D. Weil-. 1992. “A Contibution to the Empirie of

Funomic Growth.” In A Contibution to the Empirie of Funomic Growth., Cluarterly

Journal of Ecommics. MaY.

Nurudeen, Abu, and Abdullahi Usman. 2010. “Government Expenditure And Economic

Growth In Nigeria, 1970-2008: A Disaggregated Analysis.” Business and Economics

Journal 1(1): 1–11.

Obi Zita Chika, Obi Cyril Ogugua. 2014. “Impact of Government Expenditure on Education:

The Nigerian Experience.” International Journal of Business and Finance Management

Research (IJBFMR) 2: 42–48.

OECD. 2017. “Skills Future Credit.” http://www.skillsfuture.sg/Credit.

Prijambodo, Bambang. 1995. “Teori Pertumbuhan Endogen: Tinjauan Teoritis Singkat Dan

Implikasi Kebijaksanaannya.” Perencanaan Pembangunan (03): 64–82.

Silalahi, Ulber. 2003. “Relevansi Kebijakan Human-Centered Development Dan Perbaikan

Kualitas Pendidikan Dalam Pengembangan Kualitas Sumberdaya Manusia

Indonesia.” administrasi Negara 2(April 2003): 87–107.

Widarjono, A. 2007a. Ekonometrika: Teori Dan Aplikasi Untuk Ekonomi Dan Bisnis

(Kedua). Yogyakarta: Ekonisia FE Universitas Islam Indonesia.

———. 2007b. Ekonometrika: Teori Dan Aplikasi Untuk Ekonomi Dan Bisnis (Kedua).

Yogyakarta: Ekonisia FE Universitas Islam Indonesia.

Winarno, W. W. 2015. Analisis Ekonometrika Dan Statistika Dengan Eviews. Edisi Ketiga.

UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Published

2020-11-18

How to Cite

Rizkyana. (2020). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGELUARAN PUBLIK DAN KESETARAAN GENDER TERHADAP DIGITAL SKILLS DI OECD. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi - JPEPA, 1(2), 1-10. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/163