The Effect Of Adversity Quotient, Self-Efficiency And Social Family Support On Student Achievement Motivation (Case Study Of Distance Learning At Sman 67 Jakarta)

Authors

  • Khoirunnisa Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adversity quotient, efikasi diri dan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi berprestasi selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh di SMAN 67 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 11 di SMAN 67 Jakarta yaitu sebanyak 287 siswa. Teknik pengambilan sampel secara Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google formulir kepada 143 siswa kelas 11 di SMAN 67 Jakarta. Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) adversity quotient berpengaruh positif dan signifikan sebesar 36,2% terhadap motivasi berprestasi, 2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan sebesar 30,3% terhadap motivasi berprestasi, 3) dukungan sosial keluarga berpengaruh positif dan siginifikan sebesar 23,9% terhadap motivasi berprestasi, 4) adversity quotient, efikasi diri dan dukungan sosial keluarga secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan sebesar 68,4% dan sisa lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci : adversity quotient, efikasi diri, dukungan sosial keluarga, motivasi berprestasi, uji regresi linear berganda

References

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). UMM Press.

Ardhana, W. (1992). Atribusi Terhadap Sebab-Sebab Keberhasilan dan Kegagalan Serta Kaitannya Dengan Motivasi Untuk Berprestasi - Prof. Dr. Wayan Ardhana.pdf. Jurnal Forum Penelitian IKIP Malang, No. 1, 79–98.

Indah S.R & Sugijanto. (2016). Hubungan antara Motivasi Berprestasi. PENDIDIKAN Ke-SD-An, 2(3), 387–391.

Mangkunegara, A. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Nashori. (2007). Adversity Quotient: Hambatan Menjadi Peluang. PT. Grasindo.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang Edisi Keenam. Erlangga.

Patulak, D. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMK Imanuel Smart Rantepao Kabupaten. Jurnal Ekonomika, 3(2), 1–14.

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Puspitasari, Y. P., Abidin, Z., & Sawitri, D. R. (2010). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Keemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) Pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 1(1), 1–21.

Sancahya, A. A. G. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Self-Esteem pada Remaja Akhir di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 52–62.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. (edisi keen). Erlangga.

Sarbani, Y. A. dan, & Subandoro, P. S. (2014). Memahami Motivasi Berprestasi dan Manfaat Penggunaan Gawai bagi Genereal Digital Native.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotoient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. (diterjemahkan oleh T Hermaya). Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabetta.

Sujarwo. (2011). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif. Alfabetta.

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan, Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Pendidikan, 64–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148

Veithzal, R. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Raja Grafindo Persada.

Published

2022-01-10

How to Cite

Khoirunnisa. (2022). The Effect Of Adversity Quotient, Self-Efficiency And Social Family Support On Student Achievement Motivation (Case Study Of Distance Learning At Sman 67 Jakarta). Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi - JPEPA, 2(3), 367-378. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/306