Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri di Jakarta

Authors

  • Aulia Almaida State University of Jakarta College Student
  • Nuryetty Zain
  • Munawaroh

Keywords:

Achievement Motivation, Learning Achievement, Parenting Styles, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar, Pola asuh Orang Tua

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine whether there is an influence of parenting styles and achievement motivation on students grade X department learning achievement at SMK Negeri 50 Jakarta. This research was conducted for 6 months from January to Juny 2018. The research method is survey method with correlational approach. The population is students grade X which amounts to 214 students. The sample used 130 students and using the proportional random sampling technique. Variable Y (Learning Achievement) data is secondary, while variable X1 (Parenting Styles) and X2 (Achievement Motivation) data is primary using Likert scale. The data is tested for validity and reliability, and then analysis with multiple regression technique and classical assumption test. The data were analyzed using SPSS 22.0 version. The results showed there is a significant influence between Parenting Styles and Achievement motivation on students learning achievement with a regression equation Ŷ = 11,065 + 0,211X1 + 0,735X2 . The results of F test in ANOVA table produces Fhitung 106,976 > Ftabel 3,07, this means parenting styles and achievement motivation simultaneously positively influence the learning achievement. The t test produces thitung X1 2,117 > ttabel 1,656, because thitung > ttabel that means there is a positive influence between parenting styles and learning achievement. And then thitung X2 8,863 > ttabel 1,656, because thitung > ttabel that means there is a positive influence between achievement motivation and learning achievement. And then from the coefficient
determination was obtained 0,628, which means there is an influence of independent variable on dependent variable in the amount of 62,8% and the remaining of 37,2% was influenced by the other variable who not be examined.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 (enam) bulan terhitung mulai bulan Januari sampai Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 214 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Prestasi Belajar) merupakan data sekunder, sedangkan data variabel X1 (Pola Asuh Orang Tua) dan X2 (Motivasi Berprestasi) merupakan data primer dengan menggunakan model skala Likert. Data kemudian di uji validitas dan reliabilitas, lalu di analisis menggunakan teknik regresi berganda dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 11,065 + 0,211X1 + 0,735X2. Dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 106,976 > Ftabel 3,07 artinya pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi secara simultan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Uji t mengasilkan thitung X1 2,117 > ttabel 1,656, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar. Selanjutnya thitung X2 8, 863 > ttabel 1,656, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,628 artinya pengaruh variabel independent (pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi) terhadap variabel dependent (prestasi belajar) sebesar 62,8% dan sisanya sebesar 37,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Agency Beranda dan Al Tridhonanto .2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta : Gramedia.

Casmini.2007. Emotional Parenting (Yogyakarta: P_Idea.

Desmita.2013. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.

Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2007.

Djamrah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rieneka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Gojali, Imam, Umiarso. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta : IRCiSoD.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Jhon W. Santrock. 2003. Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Leavitt H.J. 2006. Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Lestari. S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Prenada Media Group.

Muallifah. 2009. Psycho Islamic smart parenting. Jogjakarta : Diva Press.

Musaheri, 2007. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Nasution. 2009. Asas-asas Kurikulm. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmojo, Soekidjo. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Minat Belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Shochib, Mohammad. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak

Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi yang Berkarakter. Jakarta : Rieneka Cipta.

Soedirja, Nahdarinda.2007. Teori Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, Anas. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahab, Rohmalina. 2005. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Perss.

Wahyuni, Esa Nur dan Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi. Offset.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Press. Winkel W.S. .2004. Psikologi.Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Astuti, Siwi Puji dan Santy Handayani, Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Fisika, Jurnal SAP Vol. 2, No. 1, 2017, h.1

Hedayanti, Widya Novia, Sudarmiatin, dan Sugeng Utaya, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar (Studi pada Siswa Kelas IV, V, VI, gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang), Jurnal Pendidikan Vol 1, no. 5, 2016, h. 865.

Irwansyah dan Andry Mukti Lubis, Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa T.P. 2015/2016, Jurnal Niagawan Vol 6, No. 1, 2017, h.1.

Massang, Berdinata dan Andi Saparuddin Nur. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Merauke, Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No. 2, 2o16, h. 89-96.

Ningrum, Retno Diah Kusuma, Supri Wahyudi Utomo, dan Nur Wahyuning Sulistyowati, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntans Kelas IX, Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Vol. 5, No. 1, 2016, h. 419.

Permatasari, Besse Intan. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTS N Se-Makassar, Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 3, No. 1, 2015.

Published

2020-06-23

How to Cite

Almaida, A., Zain, N., & Munawaroh. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri di Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi - JPEPA, 1(1), 44 - 52. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/44