THE EFFECT OF TAXPAYER AWARENESS, QUALITY OF SERVICE, AND TAX SANCTIONS ON TAXPAYER COMPLIANCE IN THE OFFICE WITH SAMSAT EAST JAKARTA

Authors

  • Nurfathir Rizkiani Mahasiswa

Keywords:

Taxpayer awareness, quality of service, tax penalty, and taxpayer compliance

Abstract

The purpose of this research is to find the effect of taxpayer awareness, quality of service, and tax pinalty on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax at Kantor Bersama SAMSAT Jakarta Timur. The methode used in this research is quantitative method. The data analysis technique used in multiple regression analysis. The sampling technique is convenience sampling. The data was collected by distributing questionnaires.. . The result in this research is: 1) taxpayer awareness has a positive and significant effect on taxpayer compliance. 2) quality of service has a positive and significant effect on taxpayer compliance. 3) tax penalty does not effect on taxpayer compliance. As simultaneously of taxpayer awareness, quality of service, and tax penalty have a positive and significant effect on taxpayer compliance. The value of R square is 0,422, the meaning is taxpayer awareness, quality of service, and tax penalty have a effect of 42,2% on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax. While the remaining 57,8% is influenced by other variables not examined in this research.

References

Alam, S. (2014). Ekonomi Kelas XI. PT.Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

A.S. Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara : Jakarta. Hlm 88

Agus, Jatmiko. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Unisversitas Diponegoro: Tesis Megister Akuntansi.

Aristanti Widyaningsih. 2011. Hukum Pajak dan Perpajakan Dengan Pendekatan Mind Map. Cetakan Pertama, Bandung: CV Alfabeta.

As' ari, N. G. (2018). pengaruh pemahaman peraturan perpajakan, kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(6), 64-76.

Asri, Manik. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Denpasar: Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Dharma, Esa Gede Pani dan Ketut Alit Suardana. 2014. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib”.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 6.1, 340-353.

Erly Suandy. 2011. Perencanaan Pajak, Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat.

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelituan Bidang Ekonomi

dan Sosial (M. Bendatu (ed.)). ANDI OFFSET.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, I. G. (2009). Pengaruh Tanggung Jawab Moral dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Denpasar Barat. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Hardiningsih, Pancawati dan Nila Yulianawati. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol. 3, No. 1. Hal. 126 – 142.

Ilhamsyah, R. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi SAMSAT Kota Malang). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 8(1).

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. “Pengaruh sikap wajib pajak pada pelaksanaan sanksi denda, pelayanan fiskus, dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak”. Tesis. Semarang: Program Studi Magister Akuntansi Pasca Sarjanan Universitas Diponegoro

Kahono, Sulud. 2003. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan : Studi Empiris di Wilayah KP PBB Semarang, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Khorida, A. R., Bakar, A., & Unindra, P. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Balaraja Banten. Balance Vocation Accounting Journal, 4(1), 74-89.

Kotler, Philip (2009), Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.

Kurniawan, A. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah Dengan IBM SPSS. Jakad Publishing.

Mardiasmo,2011,Perpajakan,Edisi Revisi,Andi: Yogyakarta

Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Depansar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 2.

Nurlaela. Lina. (2017). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Wacana Ekonomi. Universitas Garut.

Rahayu. Siti. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal, Yogyakarta : Graha Ilmu

Resmi, Siti. (2008). Perpajakan: Teori dan Kasus. Salemba Empat

Robbbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Sahab, A. (2018). Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik dengan SPSS. Airlangga University Press. https://doi.org/10.33373/mja.v13i1.1833

Siregar, Dian Lestari. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam.Journal of Accounting & Management Innovation. Vol. 1 No. 2

Siti Kurnia Rahayu, (2010), Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Siti Kurnia Rahayu, 2017, Perpajakan Konsep dan Aspek Formal, Bandung: Rekayasa Sains

Subekti, S. I., 2016, Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Badan Hotel Di DIY)

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2009). Service Quality and Satisfaction Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Wahyudi, T., & Rahardjo,P. (2008). Sejarah dan Prospek. In Wahyudi, T., Panggabean. T. R. & Pijiyanto (eds). Panduan Lengkap Kakao: Manajemen Agribisnis dari Hulu Hingga Hilir. Jakarta: Penebar Swadaya

Wahono, Sugeng.(2012). Mengurus Pajak Itu Mudah. PT. Elex Media Komputindo.Jakarta.

Widi Widodo, dkk.2010. Moralitas, Budaya, dan Kepatuhan Pajak. Bandung: Alfabeta.

Yadnyana, I Katut. 2009. “Pengaruh Moral dan Sikap Wajib Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak Koperasi di Kota Denpasar”. Tesis Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana: Denpasar .

Published

2022-07-20

How to Cite

Rizkiani, N. (2022). THE EFFECT OF TAXPAYER AWARENESS, QUALITY OF SERVICE, AND TAX SANCTIONS ON TAXPAYER COMPLIANCE IN THE OFFICE WITH SAMSAT EAST JAKARTA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi - JPEPA, 3(1), 14-27. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/444