Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Pembayaran X di Jakarta

Authors

  • Sucika Putri Zalma Universitas Negeri Jakarta
  • Nurdin Hidayat Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusuf Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Experience, Trust, Intention to Reuse, Pengalaman, Kepercayaan, Niat Menggunakan Kembali

Abstract

This study aims to explain the effect of user experience and trust on ShopeePay's re-use intention, and the role of trust in mediating the effect of experience on ShopeePay's re-use intention. This research was conducted in Jakarta. For a period of five months starting from February 2021 to June 2021. The research method used is a survey method with the population set as ShopeePay users who are domiciled in Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling as many as 200 respondents. While the data analysis technique in this study uses path analysis. The results of this study indicate that experience has a positive and significant effect on the intention to reuse ShopeePay. Experience has a positive and significant influence on trust. Trust has a positive and significant influence on the intention to reuse ShopeePay. In addition, this study also shows that trust is positively and significantly able to mediate the effect of experience on the intention to reuse ShopeePay.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengalaman dan kepercayaan pengguna terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay, serta peran kepercayaan memediasi pengaruh pengalaman terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay. Penelitian ini dilakukan di Jakarta. Selama kurun waktu lima bulan terhitung sejak bulan Februari 2021 sampai dengan Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan populasi yang telah ditetapkan adalah pengguna ShopeePay yang berdomisili di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 200 responden. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay. Pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepercayaan secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh pengalaman terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay.

References

Adji, J., & Semuel, H. (2014). Pengaruh satisfaction dan trust terhadap minat pembelian di starbucks the square surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran Petra, 2(1), 1–10.

Astarina, I. G. A., Giantari, I. G. A. K., & Nyoman, N. K. Y. (2017). Peran kepercayaan memediasi pengaruh pengalaman terhadap niat menggunakan kembali go-jek di kota denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2308–2334.

Chen, Y. S., Lin, C. Y., & Weng, C. S. (2015). The influence of environmental friendliness on green trust: the mediation effects of green satisfaction and green perceived quality. Sustainability (Switzerland), 7(8), 10135–10152. https://doi.org/10.3390/su70810135

Jamshidi, D., Keshavarz, Y., Kazemi, F., & Mohammadian, M. (2018). Mobile banking behavior and flow experience: An integration of utilitarian features, hedonic features and trust. International Journal of Social Economics, 45(1), 57–81. https://doi.org/10.1108/IJSE-10-2016-0283

Kumar, A., Adlakaha, A., & Mukherjee, K. (2018). The effect of perceived security and grievance redressal on continuance intention to use M-wallets in a developing country. International Journal of Bank Marketing, 36(7), 1170–1189. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2017-0077

Lestari, I., & Hamid, R. S. (2020). Analisis tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap niat Untuk menggunakan kembali layanan transportasi online di era pandemi covid-19. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35906/je001.v9i1.482

Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.

Liempepas, I., & Sihombing, S. O. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan berkelanjutan : studi empiris pada mobile banking bca. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10(2), 306–336. https://doi.org/10.21009/JRMSI.010.2.05

Mantala, R., & Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh customer experience terhadap customer satisfaction pada pengguna smartphone android (studi pada mahasiswa politeknik negeri banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(2), 153–164.

Masitoh, M. R., & Widikusyanto, M. J. (2017). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan pada niat beli ulang secara online. Jurnal Sains Manajemen, 3(1), 50–68. https://doi.org/10.30656/sm.v3i1.293

Prakosa, A., & Wintaka, D. J. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan ulang e-wallet pada generasi milenial di daerah istimewa yogyakarta. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 3(1), 72–85. https://doi.org/10.37112/bisman.v3i1.623

Pramudita, Y. A., & Japarianto, E. (2013). Analisa pengaruh customer value dan customer experience terhadap customer satisfaction di de kasteel resto surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/140540-ID-none.pdf

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik go-pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

Putri Narahdita, A., Aisjah, S., & Kusniyah, N. (2020). Trust and perceived benefit as antecedents of reuse intention in mobile payment service. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(4), 682–691. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.04.07

Suandana, N., Rahyuda, K., & Yasa, N. (2016). Pengaruh pengalaman membeli produk fashion terhadap niat membeli kembali melalui kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Matrik:Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(1), 85–97.

Wongso, D. A. (2020). Analisa user experience terhadap customer loyalty dengan trust sebagai variabel intervening pada aplikasi ovo digital payment. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–11.

Yundari, N. P. S., & Wardana, I. M. (2019). Pengaruh brand image, consumer satisfaction, electronic word of mouth terhadap niat menggunakan kembali. E-Jurnal Manajemen, 8(7), 4647. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i07.p23

Zhou, T. (2013). An empirical examination of continuance intention of mobile payment services. Decision Support Systems, 54(2), 1085–1091. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.10.034

Published

2021-10-31

How to Cite

Zalma, S. P., Nurdin Hidayat, & Muhammad Yusuf. (2021). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Pembayaran X di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 364-375. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/262

Most read articles by the same author(s)