Peran Merek dalam Bahasa Asing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Lilis Aruan L
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusuf Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Pada penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh merek dalam bahasa asing & citra merek terhadap keputusan pembelian. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada bulan Januari - Juli 2021. Data diperoleh memalui penyebaran kuesioner secara online dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total responden pada penelitian ini adalah 200 orang dan seluruhnya perempuan. Data diolah dengan menggunakan Regresi Linear Sederhana. Hasil pada penelitian kali ini menunjukkan bahwa variabel merek dalam bahasa asing & citra-merek-berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

bbsulut.kemdikbud.go.id (2017, Agustus 5) Bahasa Asing Pada Papan Nama Usaha Hal 1

kemenperin.go.id (2018, Maret 20) Pasar Kecantikan Nasional Tumbuh 20%, Hal 1

kemenperin.go.id (2020, Januari 27) Perubahan Gaya Hidup Dorong Pasar Kecantikan Hal 1

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, cetakan kesepuluh. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Chen, B. (2021). When foreign brands appear local, and local brands appear foreign: The asymmetric effects of foreign branding in developing countries. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(1), 145–161. https://doi.org/10.1108/APJML-06-2019-0396

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jilid.

Musay, F. P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen kfc kawi malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).

Rachmawati, I., Sary, F. P., & Perdani, D. R. (2016). Influence of the use of brands in a foreign language (english) on the purchase decision process of cosmetic products made in Indonesia. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 24(July), 51–62.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi, 1.

Published

2021-11-09

How to Cite

Aruan, L., Corry Yohana, & Muhammad Yusuf. (2021). Peran Merek dalam Bahasa Asing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 430-444. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/255

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>