Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Buatan Indonesia

Authors

  • Alyssa Putri Ahmadi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusuf Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh consumer ethnocentrism, brand image dan product knowledge terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek selama enam bulan terhitung sejak Februari hingga Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode survei. Populasi yang digunakan adalah konsumen produk buatan Indonesia di wilayah Jabodetabek. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 200 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan alat analisis IBM SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Consumer Ethnocentrism berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 3) Product Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata kunci: Consumer Ethnocentrism, Brand Image, Product Knowledge, Keputusan Pembelian

References

Anggadwita, G., Alamanda, D. T., & Ramadani, V. (2019). Halal Label vs Product Quality in Halal Cosmetic Purchasing Decisions. IKONOMIKA, 4(2), 227–242.

Fauzi, F., & Asri, R. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi Pada Konsumen di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86–95.

Foster, B. (2016). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis”(Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11.

Ghazali, E., Soon, P. C., Mutum, D. S., & Nguyen, B. (2017). Health and Cosmetics: Investigating Consumers’ Values for Buying Organic Personal Care Products. Journal of Retailing and Consumer Services, 39, 154–163.

Haikal, D. M. (2018). The Effect of Consumer Ethnocentrism, Brand Image, and Perceived Quality, on Purchase Decisions With Purchase Intention as Intervening Variable. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 20(2), 38–49.

Karimi, S., Holland, C. P., & Papamichail, K. N. (2018). The Impact of Consumer Archetypes on Online Purchase Decision-Making Processes and Outcomes: A Behavioural Process Perspective. Journal of Business Research, 91, 71–82.

Karnawati, T. A., & Cokro, A. Q. (2018). Variabel Brand Image yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Telepon Seluler (Ponsel) Nokia. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 147–157.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Maksan, M. T., Kovačić, D., & Cerjak, M. (2019). The Influence of Consumer Ethnocentrism on Purchase of Domestic Wine: Application of The Extended Theory of Planned Behaviour. Appetite, 142, 104393.

Novita, N. (2017). Pengaruh Etnosentrisme-konsumen Terhadap Sikap Konsumen Indonesia Pada Produk Organik Lokal. Journal of Business & Applied Management, 9(1).

Nurcaya, I. N. (2020). Sikap Etnosentrisme Memoderasi Pengaruh Product Knowledge, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 56–60.

Nurhayati, T., & Hendar, H. (2019). Personal Intrinsic Religiosity and Product Knowledge on Halal Product Purchase Intention: Role of Halal Product Awareness. Journal of Islamic Marketing.

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rachmawati, D., Shukri, S., Azam, S., & Khatibi, A. (2019). Factors Influencing Customers’ Purchase Decision of Residential Property in Selangor, Malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348.

Ridhoi, M. A. (2020). Mengandalkan Konsumsi Produk Lokal untuk Memulihkan Ekonomi. https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/5f9a9931ef083/mengandalkan-konsumsi-produk-lokal-untuk-memulihkan-ekonomi

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect of Product Quality, Perceived Price and Brand Image on Purchase Decision Mediated by Customer Trust (Study on Japanese Brand Electronic Product). Jurnal Manajemen, 21(2), 179–194.

Tifany, T., & Moningka, C. (2017). Hubungan Konsumen Etnosentrisme Dengan Perceived Quality Terhadap Produk Lokal Pada Usia Dewasa Muda di Jakarta. Psibernetika, 8(2).

Waluya, A. I., Iqbal, M. A., & Indradewa, R. (2019). How Product Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction Affect The Purchase Decisions of Indonesian Automotive Customers. International Journal of Services, Economics and Management, 10(2), 177–193.

Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan Dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Yoesmanam, I. C. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Organik. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 134–142.

Yolandha, F. (2020). Kemendag Genjot Ekspor Produk Lokal di Masa Pandemi. https://republika.co.id/berita/qcifgh370/kemendag-genjot-ekspor-produk-lokal-di-masa-pandemi

Zeren, D., Kara, A., & Arango Gil, A. (2020). Consumer Ethnocentrism and Willingness to Buy Foreign Products in Emerging Markets: Evidence From Turkey and Colombia. Latin American Business Review, 21(2), 145–172.

Published

2021-10-31

How to Cite

Alyssa Putri Ahmadi, Ryna Parlyna, & Muhammad Yusuf. (2021). Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Buatan Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 376-391. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/265

Most read articles by the same author(s)