Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan E-Commerce dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas di Jakarta

Authors

  • Kristanti Veronika Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Pengetahuan Kewirausahaan, E-Commerce, Minat Berwirausaha

Abstract

ABSTRACT

This study aims to gain knowledge about the effect of entrepreneurial knowledge and E-Commerce on entrepreneurial interest in students of State University Of Jakarta. This research was conducted at the State University of Jakarta for six months starting from January 2020 to June 2021. This study use a questionnaire survey method with the population used is students of State University Of Jakarta. The sampling technique used is the purposive sampling technique, totaling 200 respondents. The analysis technique in this study uses simple linear regression. The hypotheses of this study indicate that there is a positive and significant influence between entrepreneurial knowledge and entrepreneurial interest. And there is a positive and significant influence between E-Commerce on entrepreneurial interest.

Keyword: Entrepreneurial Knowledge, E-Commerce, Entrepreneurial Interest.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan tentang pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan E-Commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2020 sampai dengan Juni 2021. Penelitian ini menggunakan metode survei kuesioner dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling yang berjumlah 200 responden. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan E-Commerce terhadap minat berwirausaha.

Kata kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, E-Commerce, Minat Berwirausaha.

References

Anggraeni, B., & Harnanik, H. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas xi smk islam nusantara comal kabupaten pemalang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52.

Arta, F., & Sudibia, I. ketut. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terdidik kabupaten/kota Bali. E-Jurnal EP Unud, 7(10), 2190–2218.

Atmaja, A. T., & Margunani, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Aktivitas Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 774.

Crittenden, V. L., Crittenden, W. F., & Ajjan, H. (2019). Empowering women micro-entrepreneurs in emerging economies: The role of information communications technology. Journal of Business Research, 98, 191–203. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.01.045

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.

Handayani, T. (2016). Evaluasi Tentang Pengetahuan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Intensi Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 89–98.

Helmi, A. F. (2009). Kewirausahaan di perguruan tinggi dalam perspektif psikologi. Buletin Psikologi, 17(2), 57–65.

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1–9.

Panjawa, J., & Soebagiyo, D. (2014). Efek Peningkatan Upah Minimum Terhadap Tingkat Pengangguran. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 15(1), 48–54. https://doi.org/10.18196/jesp.15.1.1283

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Deepublish.

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 20(1), 261–289.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV. WADE GROUP bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2018). Metode penelitian kuantitatif: Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial.

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica, 1(1), 89–97.

Retno, K. (2013). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jupe UNS, 2(1), 95–106.

Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Roxas, B. (2014). Effects of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial intentions: a longitudinal study of selected South-east Asian business students. Journal of Education and Work, 27(4), 432–453.

Roy, R., Akhtar, F., & Das, N. (2017). Entrepreneurial intention among science & technology students in India: extending the theory of planned behavior. International Entrepreneurship and Management Journal, 13(4), 1013–1041.

Sitinjak, T., Durianto, D., & YUNARTO, H. I. (2004). Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Customer Value. PT Gramedia.

Suhendra, I., & Wicaksono, B. H. (2020). Tingkat Pendidikan, Upah, Inflasi, Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Qu, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.35448/jequ.v6i1.4143

Trisnawati, N. (2014). Pengetahuan Kewirausahandan Dukungan Sosial Keluarga. 2(1), 57–71.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika terapan. Elex Media Komputindo.

Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia

Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66–72.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69.

Yasmin, P. (2020). Populasi Indonesia 2020 Lengkap Data per Provinsi. https://news.detik.com/. https://news.detik.com/berita/d-5284032/populasi-indonesia-2020-lengkap-data-per-provinsi

Yohana, C. (2021). Determinants of Students’ Entrepreneurial Intention: A Perspective of Tertiary Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 9(1), 54–63.

Yuandari, E., & Rahman, R. T. A. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. IN MEDIA.

Published

2021-08-25

How to Cite

Veronika, K., Yohana, C., & Fidhyallah, N. F. (2021). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan E-Commerce dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 309-324. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/243

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>