Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta

Authors

  • Anastasia Agnes Pricilia Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the positive and significant influence of entrepreneurship education, self efficacy and family environment on entrepreneurial interest in State University of Jakarta students. The research method used is a survey method with the population in this study is the students of the State University of Jakarta. The sampling technique used is purposive sampling where the sample used is 200 respondents. The data analysis technique used is simple linear regression analysis using IBM SPSS version 22 software. The result of hypothesis testing indicate that: (1) there is a positive and significant effect of entrepreneurship education on entrepreneurial interest, this is evidenced by tcount 5,073 > ttable 1,652 with the significant value 0,000 < 0,05. (2) there is a positive and significant effect of self efficacy on entrepreneurial interest, this is evidenced by tcount 5,058 > ttable 1,652 with the significant value 0,000 < 0,05. (3) there is a positive and significant effect of family environment on entrepreneurial interest, this is evidenced by tcount 5,858 > ttable 1,652 with the significant value 0,000 < 0,05.

Keyword: Entrepreneurship Education, Self Efficacy, Family Environment, Entrepreneurial Interest

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, hasil ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,073 > ttabel 1,652 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap minat berwirausaha, hasil ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,058 > ttabel 1,652 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, hasil ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,858 > ttabel 1,652 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha

References

Agustina, T. S. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Mitra Wacana Media.

Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845

Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pengendalian Diri, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1594. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p18

Anwar, M. (2014). Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. Kencana.

Astungkara, A., & Widayanti, R. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Love Of Money Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 257–265. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.725

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.

Doan, X. T., & Phan, T. T. H. (2020). The impact of entrepreneurial education on entrepreneurial intention: The case of Vietnamese. Management Science Letters, 10(8), 1787–1796. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.12.040

Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2019). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1, 70.

Farrukh, M., Khan, A. A., Khan, M. S., Ramzani, S. R., & Soladoye, B. S. A. (2017). Entrepreneurial Intetions: The role of familial factors, personality traits and self efficacy. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 1–27.

Garaika, & Margahana, H. (2019). Self efficacy, self personality and self confidence on entrepreneurial intention: Study on young enterprises. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1).

Hair, J. F., Black, B., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: Global Edition, 7th Edition. Pearson Education.

Hapsah, R., & Savira, S. I. (2015). Hubungan antara Self Efficacy dan Kreativitas dengan Minat Berwirausaha. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 5(2), 81–90.

Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194

Hasan, M. (2020). Literasi dan Perilaku Ekonomi. Media Sains Indonesia.

Herlina. (2018). Kewirausahaan: Berwirausaha Sejak Belia dalam Perspektif Ilmu Sosial. Penerbit Alfabeta.

Isdarmanto. (2018). Entrepreneurship for Tourism. Gerbang Media Aksara.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenadamedia Group.

Jinying, W., & Nina Pelagie, P. Z. (2014). Determinants of Entrepreneurial Intention among African Students in China. International Journal of Higher Education, 3(4), 106–119. https://doi.org/10.5430/ijhe.v3n4p106

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

King, L. A. (2017). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Salemba Humanika.

Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Kurniawan, S. (2019). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media.

Kusmintarti, A., Riwajanti, N. I., & Asdani, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Kewirausahaan dengan Sikap Kewirausahaan sebagai Mediasi. Journal of Research and Applications: Accounting and Management, 2(2), 119. https://doi.org/10.18382/jraam.v2i2.160

Ladd, T., Hind, P., & Lawrence, J. (2019). Entrepreneurial orientation, Waynesian self-efficacy for searching and marshaling, and intention across gender and region of origin. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 31(5), 391–411. https://doi.org/10.1080/08276331.2018.1459016

Liu, X., Lin, C., Zhao, G., & Zhao, D. (2019). Research on the effects of entrepreneurial education and entrepreneurial self-efficacy on college students’ entrepreneurial intention. Frontiers in Psychology, 10(APR). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00869

Maftuhah, R., & Suratman, B. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 121–131. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/749

Mardia, Hasibuan, A., Simarmata, J., Kuswanto, Lifchatullaillah, E., Saragih, L., Purba, D. S., Anggusti, M., Purba, B., Noviastuti, N., Dewi, I. K., Gemilang, F. A., Purba, S., & Tanjung, R. (2021). Kewirausahaan (Abdul Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2545

Pambudy, R., Priatna, W. B., & Burhanuddin. (2017). Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil (A. Karyadi & W. Wijayanto (eds.)). Idemedia Pustaka Utama.

Prasetyo, Y. (2016). Efikasi Diri, Kematangan Emosi dan Problem Focus Coping. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 181–186. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.736

Pusat, [BPS] Badan. (2020). Berita resmi statistik. Bps.Go.Id, 27, 1–52. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html

Rusdiana, H. A. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia.

Rustika, I. M. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945

Santi, N., Hamzah, A., & Rahmawati, T. (2017). Pengaruh Efikasi Diri , Norma Subjektif , Sikap Berperilaku , dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 63–74.

Shalahuddin, I., Maulana, I., & Eriyani, T. (2018). Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan (T. Dwijayanti (ed.)). Deepublish.

Suarjana, A. A. G. M., & Wahyuni, L. M. (2017). Faktor Penentu Minat Berwirausaha Mahasiswa (Suatu Evaluasi Pembelajaran). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.31940/jbk.v13i1.687

Suarningsih, N. L. A., & Rasmini, N. K. (2021). Pendidikan, Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Instagram terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi, 31(2), 438. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i02.p14

Suharyati, Hidayati, S., & Handayani, T. (2020). Aspek Kewirausahaan Wanita Dalam Pengembangan UMKM Kota Depok. Deepublish.

Suryana, Y., & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Prenadamedia Group.

Susilaningsih. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran (Y. Umaya (ed.)). Ahlimedia Press.

Tontowi. (2016). Membangun Jiwa Entrepreneur Sukses. UB Press.

Wahyuningsih, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 512. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2874

Yohana, C. (2020). Factors influencing the development of entrepreneurship competency in vocational high school students: A case study. International Journal of Education and Practice, 8(4), 804–819. https://doi.org/10.18488/journal.61.2020.84.804.819

Published

2021-11-09

How to Cite

Pricilia, A. A., Yohana, C., & Fidhyallah, N. F. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 541-561. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/326

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>