Pengaruh Kepercayaan terhadap Niat Membeli Ulang dengan Kegunaan yang Dirasakan sebagai Variabel Intervening pada E-commerce X

Authors

  • Fira Malinda Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Basrah Saidani Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kepercayaan, Kegunaan Yang Dirasakan, Niat Membeli Ulang

Abstract

Fira Malinda, 2021: Pengaruh Kepercayaan terhadap Niat Membeli Ulang dengan Kegunaan Yang Dirasakan sebagai Variabel Intervening pada E-commerce Shopee. Skripsi, Jakarta: Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Ryna Parlyna, M.B.A dan Dra, Basrah Saidani, M.Si.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kegunaan yang dirasakan, kegunaan yang dirasakan terhadap niat membeli ulang, kepercayaan terhadap niat membeli ulang, kepercayaan terhadap niat membeli ulang melalui kegunaan yang dirasakan sebagai intervening. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Survei dengan kuesioner dilakukan sebagai metode pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang pernah berbelanja minimal satu kali dalam kurun waktu enam bulan terakhir pada aplikasi Shopee dan berdomisili di DKI Jakarta. Total sampel yang digunakan adalah 230 Responden. Dalam mengolah dan menganalisis data untuk mendapatkan hasil penelitian ini digunakan program SPSS versi 25 dan Structural Equation Model (SEM) AMOS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kegunaan Yang Dirasakan, (2) Kegunaan Yang Dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Membeli Ulang, (3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Membeli Ulang, (4) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Membeli Ulang dengan Kegunaan Yang Dirasakan sebagai Intervening.

 

Kata kunci: Kepercayaan, Kegunaan Yang Dirasakan, Niat Membeli Ulang

References

Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administrasi. CV Pustaka Setia.

Basyar, K., & Sanaji, S. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 204–217.

Chiu, C., Chang, C., Cheng, H., & Fang, Y. (2009). Determinants of customer repurchase intention in online shopping. Online Information Review.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340.

Dimoka, A. (2010). What does the brain tell us about trust and distrust? Evidence from a functional neuroimaging study. Mis Quarterly, 373–396.

Dutta, S., Dutton, W. H., & Law, G. (2010). The new Internet world: A global perspective on freedom of expression, privacy, trust and security online. The Gobal Information Technology Report.

Ella, T., Agus, S., & Untrung, K. (2012). Analisis faktor-faktor kunci dari niat pembelian kembali secara online (study kasus pada konsumen fesh shop). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 19(2).

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4.

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An integrated model. MIS Quarterly, 51–90.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunasti, A. (2014). Konsumen Perumahan Kepada Developer (Studi Kasus Perumahan di Kabupaten Jember). Media Teknik Sipil, 12(2).

Hahn, K. H., & Kim, J. (2009). The effect of offline brand trust and perceived internet confidence on online shopping intention in the integrated multi‐channel context. International Journal of Retail & Distribution Management.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis.(Pearson Education Limited).

Hair Jr, J. E., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Eight edition). Cengage Learning EMEA: United Kingdom.

Har, L. C., & Eze, U. C. (2011). FACTORS INFLUENCE CONSUMERS’INTENTIONS TO REPURCHASE ONLINE IN MALAYSIA. “ International Journal of Electronic Commerce Studies,” 2(2), 157–164.

Haryono, S. (2016). METODE SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS (H. Mintardja (ed.)). PT. Intermedia Personalia Utama.

Hasanudin, A. I., Ramdhani, D., & Giyantoro, M. D. B. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak Online Shopping Di Jakarta: Urgensi Antara E-commerce Dan Jumlah Pajak Yang Disetor. Tirtayasa Ekonomika, 15(1), 65–85.

Hassanein, K., & Head, M. (2007). Manipulating perceived social presence through the web interface and its impact on attitude towards online shopping. International Journal of Human-Computer Studies, 65(8), 689–708.

Hutami, L. T. H. (2019). Intensi penggunaan electronic wallet generasi millenial pada tiga startup “unicorn” indonesia berdasarkan modifikasi tam. Jurnal Manajemen, 8(2), 136–145.

Inaba, R. (2012). Peta Pasar e-commerce Mulai Merata di Indonesia. Www.Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-2003661/peta-pasar-e-commerce-mulai-merata-di-indonesia

IPrice. (2019). Shopee Jadi E-commerce Paling Top dari Masa ke Masa. Www.Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa

Jakarta, B. P. S. D. (2013). PDRB Atas Dasar Harga Konstan 2000 Menurut Wilayah Provinsi DKI Jakarta (Juta Rupiah), 2007-2013. Www.Jakarta.Bps.Go.Id. https://jakarta.bps.go.id/statictable/2015/03/31/21/pdrb-atas-dasar-harga-konstan-2000-menurut-wilayah-provinsi-dki-jakarta-juta-rupiah-2007-2013.html

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus pada harapan maulina hijab Jombang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).

Jeko. (2015). Shopee, Aplikasi Belanja Online C2C Meluncur di Indonesia. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/2379136/shopee-aplikasi-belanja-online-c2c-meluncur-di-indonesia

Jöaureskog, K. G., & Söaurbom, D. (1988). LISREL 7: A guide to the program and its application. Chicago: SPSS.

Katadata. (2019). Shopee Kuasai Pasar Perempuan. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/timpublikasikatadata/berita/5e9a4e55a5ef3/shopee-kuasai-pasar-perempuan

Kumparan. (2019). 6 Masalah Umum yang Terjadi Ketika Belanja Online Beserta Solusinya. Kumparan.Com. https://kumparan.com/iprice-group/6-masalah-umum-yang-terjadi-ketika-belanja-online-beserta-solusinya-1rZcjy9FlEL/full

Kurniadi, D., & Islami, A. F. (2018). Perancangan Aplikasi Survei Kepuasan Mahasiswa Berbasis Kuesioner Online. Jurnal Algoritma, 15(2), 43–50.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Lui, H. K., & Jamieson, R. (2003). TriTAM: a model for integrating trust and risk perceptions in business-to-consumer electronic commerce. 16th Bled Electronic Commerce Conference, Slovenia, 349–364.

Lukito, S., & Ikhsan, R. (2020). Repurchase intention in e-commerce merchants: Practical evidence from college students. Management Science Letters, 10(13), 3089–3096.

Machmud, S., & Sidharta, I. (2013). Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM Di Kota Bandung (Model Study of Strategic Management Approach In SMEs Sector Improvement In Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 56–66.

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Sunaryo, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online Tokopedia. Jurnal Manajemen, 8(1).

Matute, J., Polo-Redondo, Y., & Utrillas, A. (2016). The influence of EWOM characteristics on online repurchase intention: Mediating roles of trust and perceived usefulness. Online Information Review.

Mendoza, E. C. (2021). A Study of Online Customers Repurchase Intention Using the 4Rs of Marketing Framework. International Review of Management and Marketing, 11(2), 1.

Mukherjee, A., & Nath, P. (2003). A model of trust in online relationship banking. International Journal of Bank Marketing.

Musianto, L. S. (2004). Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), pp-123.

Ndubisi, N. O., Lee, C. H., & Eze, U. C. (2011). Analyzing key determinants of online repurchase intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Okefinance. (2015). Untung Rugi Belanja Online dan Offline. Economy.Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2015/10/14/320/1231766/untung-rugi-belanja-online-dan-offline

Prayugo, D. W. (2018). Pengaruh komunitas virtual terhadap minat beli online pada grup Facebook Bubuhan Samarinda. Jurnal E-Komunikasi, 6, 26.

Riyadi, H. (2019). Apa itu Shopee? Keunggulan Apa Saja yang Dimiliki oleh Shopee? Www.Nesabamedia.Com. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/#:~:text=Shopee adalah sebuah aplikasi yang,harus ribet menggunakan perangkat komputer.

Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan perceived usefulness pada kepuasan pengguna akhir software akuntansi (studi empiris pada hotel berbintang di provinsi bali). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 115–142.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.

Santoso, S. (2018). Konsep dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. Elex Media Komputindo.

Santy, N., Rahmawati, T., & Hamzah, A. (2017). Pengaruh efikasi diri, norma subjektif, sikap berperilaku dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 63–74.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Saraswati, I. G. A. A. P., & Rahyuda, I. K. (2021). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS DAN TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 61–72.

Sari, N. P., & Widowati, R. (2014). Hubungan Antara Kesadaran Merek, Kualitas Persepsian, Kepercayaan Merek dan Minat Beli Produk Hijau. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(1), 59–79.

Setyorini, R., & Nugraha, R. P. (2017). The Effect of Trust Towards Online Repurchase Intention with Perceived Usefulness As An Intervening Variable: A Study on KASKUS Marketplace Customers. JURNAL INTERNASIONAL, 9(1), 1–7.

Simamora. (2008). Analisis Multivariat Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Umum.

Su, K.-W., Hsu, M.-H., & Wang, J.-W. (2009). Exploring the online shopping–the role of prior experience. Proceedings of the International Multi Conference of Engineers and Computer Scientists–IMECS.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

Suhartini, Y. (2015). Pengaruh pengetahuan, keterampilan dan kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan (Studi pada industri kerajinan kulit di manding, Bantul, Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 12(2).

Sullivan, Y. W., & Kim, D. J. (2018). Assessing the effects of consumers’ product evaluations and trust on repurchase intention in e-commerce environments. International Journal of Information Management, 39, 199–219.

Tatang, M., & Mudiantono, M. (2017). The Impact of Website Design Quality, Service Quality, and Enjoyment on Repurchase Intention Through Satisfaction and Trust at Zalora. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 549–559.

Topreneur. (2018). Inilah 5 Kota di Indonesia dengan Jumlah Pembeli Online Terbanyak dalam 3 Tahun Terakhir. Www.Topreneur.Id. https://www.topreneur.id/inilah-5-kota-di-indonesia-dengan-jumlah-pembeli-online-terbanyak-dalam-3-tahun-terakhir/

Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology acceptance model 3 and a research agenda on interventions. Decision Sciences, 39(2), 273–315.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204.

Wagiran, W. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: Teori dan imlementasi. Budi Utama.

Wen, C., Prybutok, V. R., & Xu, C. (2011). An integrated model for customer online repurchase intention. Journal of Computer Information Systems, 52(1), 14–23.

Wilson, N. (2019). The impact of perceived usefulness and perceived ease-of-use toward repurchase intention in the indonesian e-commerce industry. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 241–249.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Zaenudin, A. (2017). Profil Konsumen Belanja Online di Indonesia. Www.Tirto.Id. https://tirto.id/profil-konsumen-belanja-online-di-indonesia-cuEG

Zeng, F., Hu, Z., Chen, R., & Yang, Z. (2009). Determinants of online service satisfaction and their impacts on behavioural intentions. Total Quality Management, 20(9), 953–969.

Zuriah, N. (2002). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Bumi Aksara.

Published

2021-10-31

How to Cite

Fira Malinda, Ryna Parlyna, & Basrah Saidani. (2021). Pengaruh Kepercayaan terhadap Niat Membeli Ulang dengan Kegunaan yang Dirasakan sebagai Variabel Intervening pada E-commerce X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 417-429. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/277

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>