Investigasi Peran Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone X. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jabodetabek. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 206 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.
References
Djatmiko, T. (2016). Brand Image adn Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia Social Dan Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009
Firman Fauzi, R. A. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi pada Konsumen di wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2).
Funnisia Lamalewa, S. W. R. and R. N. P. (2018). The Influence Of Lifestyle And Brand Images On Decisions On Samsung Brand Smartphone Purchasing In Students Of Economic And Business, Faculty Of Economics And Business At The University Of Musamus, Merauke. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(10).
Hartati, A. S., Hurriyati, R., & Widjajanta, B. (2016). Gaya Hidup Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Journal of Business Management Education, 3(1).
Keller, K. L. (2001). Building Customer-Based Brand Equity: A Print for Creating Strong Brands. Marketing Science Institute. http://anandahussein.lecture.ub.ac.id/files/2015/09/article-4.pdf
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Manajemen. Pearson Education Limited.
Mao, Y., Lai, Y., Luo, Y., Liu, S., Du, Y., Zhou, J., Ma, J., Bonaiuto, F., & Bonaiuto, M. (2020). Apple or Huawei: Understanding flow, brand image, brand identity, brand personality and purchase intention of smartphone. Sustainability (Switzerland), 12(8), 1–22. https://doi.org/10.3390/SU12083391
Masrin, I., & Yanto, R. P. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol.10(No.2), 1–15.
Sjam, A. R., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi pada Pengguna Smartphone Asus Zenfone 5 di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–7.
Stephanie, C. (2020). Pengiriman Ponsel Murah di Indonesia Terdongkrak PJJ. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2020/10/02/19240037/pengiriman-ponsel-murah-di-indonesia-terdongkrak-pjj
Supriyadi, Wahyu Wiyani, G. I. K. . (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1).
Wahyunanda Kusuma Pertiwi. (2020). Bos Xiaomi Indonesia Tanggapi Keluhan Mi Fans soal Iklan di MIUI. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2020/01/06/09320007/bos-xiaomi-indonesia-tanggapi-keluhan-mi-fans-soal-iklan-di-miui
Waluya, A. I., Iqbal, M. A., & Indradewa, R. (2019). How product quality, brand image, and customer satisfaction affect the purchase decisions of Indonesian automotive customers. International Journal of Services, Economics and Management, 10(2), 177–193. https://doi.org/10.1504/IJSEM.2019.100944
Wijaya, A. G., & Zulfa, M. (2017). The Effect Of Word Of Mouth, Price Perception, Brand Image and Trust On Purchase Decision Using Purchase Intention As An Intervening Variable (Study at Middle Class Housing in Semarang). International Journal of Islamic Business Ethics (IJIBE), 2(3).
Zakiy, A. Z. & M. (2019). The Effect Of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image And Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. JEBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Alifya Yuniar, Corry Yohana, Nadya Fadillah Fidhyallah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.