Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian Langganan Provider Musik

Authors

  • Silvana Athaya Thifany Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Basrah Saidani Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

faktor pribadi, faktor sosial, keputusan pembelian, spotify premium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh signifikan antara faktor pribadi terhadap keputusan pembelian, (2) mengetahui pengaruh signifikan antara faktor sosial terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam  penelitian ini merupakan pengguna Spotify Premium di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 220 orang. Analisis data menggunakan IBM SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) faktor sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abdullah, R., Yulianto, E., & Mawardi, M. (2017). PENGARUH SIKAP, FAKTOR PRIBADI, DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey pada Konsumen Kartu Perdana SimPATI di GraPARI Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 42(1), 110–114.

Bahari, A. F. (2018). PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN EKOWISATA. Jurnal MINDS: Manajemen, Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78.

Boca, G. D. (2021). Factors Influencing Consumer Behavior in Sustainable Fruit and Vegetable Consumption in Maramures County, Romania. Sustainability, 13(4). https://www.mdpi.com/2071-1050/13/4/1812/htm

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Firmansyah, A. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran) (Pertama). DeePublish. books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=XDKaDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=perilaku+konsumen+menurut+para+ahli&ots=jt_S7MskgJ&sig=6jV9wCoEOtawE3Wlb5oZc1ZeX5I&redir_esc=y#v=onepage&q=perilaku konsumen menurut para ahli&f=false

Haase, U. (2012). Thoughts on WFMT’s Definition of Music Therapy. Nordic Journal of Music Therapy, 21(2), 194–195. https://doi.org/10.1080/08098131.2012.678373

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administras, 06(01), 37–43.

Khuong, M. N. (2016). Personal Factors Affecting Consumer Purchase Decision towards Men Skin Care Products — A Study in Ho Chi Minh City, Vietnam. International Journal of Trade, Economics and Finance, 7(2), 44–50. https://doi.org/10.18178/ijtef.2016.7.2.497

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing 17th (17th ed.). Pearson Education Limited.

Lamb, C. (2011). Marketing (J. Rich (ed.); 11th ed.). Cengage Learning. https://fir.bsu.by/images/departments/ee/ee-materials/ee-materials/drozd/drazd_Lamb.Marketing 11 edition.pdf

newsroom.spotify.com. (2021). For the Record Spotify. https://newsroom.spotify.com/2020-10-29/spotify-reports-third-quarter-2020-earnings/

Onggo, R. K. & R. (2018). The Effect of Consumer Behavior on Decision Visit to Seaworld Ancol Jakarta. 52(Ictgtd), 258–273. https://doi.org/10.2991/ictgtd-18.2018.32

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior (11th, glob ed.). In Pearson Australia.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Cetakan ke). PrenadaMedia Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DZLyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=perilaku+konsumen+menurut+para+ahli&ots=12VuJAXOAl&sig=n5Rq0zbOMXrjpxyjGq0Xkyjh5uc&redir_esc=y#v=onepage&q=perilaku konsumen menurut para ahli&f=false

Spotify. (2021). Spotify. https://www.spotify.com/id/about-us/contact/

Suawa, A. J., Tumbel, A. L., Mandagie, Y., Faktor, A., Yang, F., Perilaku, M., & Tumbel, A. L. (2019). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI NEW AYAM BANDUNG RESTO KAWASAN MEGAMAS MANADO. Jurnal EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 7(4), 5195–5204.

Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2), 154–167.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 44–48.

Yuliansyah, A., & Utama, P. (2018). Analisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian polis asuransi. Management & Business Review, 2(1), 50–61.

Published

2021-11-09

How to Cite

Thifany, S. A., Corry Yohana, & Basrah Saidani. (2021). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian Langganan Provider Musik. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 510-523. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/318

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>