Pengaruh Self Efficacy dan Norma Subjektif terhadap Minat Berwirausaha pada Masyarakat Jabodetabek

Authors

  • Nazar Muhammad Fadlullah Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy dan Norma Subjektif terhadap Minat Berwirausaha pada masyarakat jabodetabek. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner survei dengan populasi yang digunakan adalah masyarakat jabodetabek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dengan software IBM SPSS 22.0. Hasil hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self efficacy dan norma subjektif terhadap minat berwirausaha.

References

Annur, C. M. (2020, December 15). Indonesia Peringkat ke-4 Negara Berpenduduk Terbanyak Dunia. Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/15/indonesia-peringkat-ke-4-negara-berpenduduk-terbanyak-dunia

BPS. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

djkn.kemenkeu. (2020, August 24). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kemenkeu RI. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Ferreira, J., Raposo, L., & Rodrigues, R. G. (2012). A model of entrepreneurial intention An application of the psychological and behavioral approaches. https://doi.org/10.1108/14626001211250144

Handaru, A. W., Parimita, W., Achmad, A., & Nandiswara, C. (2014). Pengaruh Sikap, Norma subjektif dan Efikasi diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Magister Management ( Kajian Empiris Pada Sebuah Universitas Negeri Di Jakarta). Jurnal Universitas Paramadina, 11(2), 1046–1061.

Ika Indriyani, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. 8(2), 470–484. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493

Irfan, M. (2019, May 27). Pentingnya Kewirausahaan untuk Membuka Lapangan Kerja Baru. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/irfanbenusu/5ceb6c97aa3ccd1788756878/pentingnya-kewurausahaan-untuk-membuka-lapangan-kerja-baru

Jaya, I., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Norma Subjektif, Efikasi Diri, Dan Sikap Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Smkn Di Denpasar. E-Jurnal Management Unud, 5(3), 1713–1741.

Jiang, H., Xiong, W., & Cao, Y. (2017). Research on the mechanism of entrepreneurial education quality, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention in social sciences, engineering and science education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3709–3721. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00754a

Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109. https://bit.ly/36BxWvm

Lee-ross, D. (2017). An examination of the entrepreneurial intent of MBA students in Australia using the entrepreneurial intention questionnaire. Journal of Management Development, 36(9), 1180–1190. https://doi.org/10.1108/JMD-10-2016-0200

Liñán, F., & Rodríguez-Cohard, J. C. (2015). Assessing the stability of graduates’ entrepreneurial intention and exploring its predictive capacity. Academia Revista Latinoamericana de Administracion, 28(1), 77–98. https://doi.org/10.1108/ARLA-06-2013-0071

Maftuah, R., & Bambang, S. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 121–131. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/749

Mei, H., Zhan, Z., Fong, P. S. W., Liang, T., & Ma, Z. (2015). Planned behaviour of tourism students ’ entrepreneurial intentions in China. Applied Economics, 48(13), 1240–1254. https://doi.org/10.1080/00036846.2015.1096006

MK Bajuri. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Di Indonesia. Phys. Rev. E, 5(1993), 24. http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Muñoz_Zapata_Adriana_Patricia_Artículo_2011.pdf

Nurmayanti. (2020, October 22). Rasio Kewirausahaan Indonesia Baru 3,47 Persen, Tertinggal dari Malaysia dan Thailand. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4388954/rasio-kewirausahaan-indonesia-baru-347-persen-tertinggal-dari-malaysia-dan-thailand

Panjawa, J., & Soebagiyo, D. (2014). Efek Peningkatan Upah Minimum Terhadap Tingkat Pengangguran. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 15(1), 48–54. https://doi.org/10.18196/jesp.15.1.1283

Purwanto, A. (2020, September 16). Potret dan Tantangan UMKM di Indonesia. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/potret-dan-tantangan-umkm-di-indonesia

Santi, N., Hamzah, A., & Rahmawati, T. (2017). Pengaruh Efikasi Diri , Norma Subjektif , Sikap Berperilaku , dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 63–74.

Shah, I. A., Amjed, S., & Jaboob, S. (2020). The moderating role of entrepreneurship education in shaping entrepreneurial intentions. Journal of Economic Structures, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s40008-020-00195-4

Sitoyo, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134

Walker, J. K. (2013). The Role of Perceived Abilities , Subjective Norm and Intentions in Entrepreneurial Activity. 22(2), 181–202. https://doi.org/10.1177/0971355713490621

Yohana, C., & Fatun Salsabila, A. (2019). Relationship Between Self-Efficacy and the Need for Achievement With Entrepreneurship Among Students of Jakarta State University, Faculty of Economics. KnE Social Sciences, 3(11), 528. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4032

Published

2021-11-09

How to Cite

Nazar Muhammad Fadlullah, Corry Yohana, & Nadya Fadillah Fidhyallah. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Norma Subjektif terhadap Minat Berwirausaha pada Masyarakat Jabodetabek. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(2), 497-509. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/283

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>